Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Menggunakan Remote Desktop Windows dengan Baik


Kemampuan untuk mengontrol komputer anda di rumah dari system lain dapat membantu anda untuk mengakses resource system anda, file dan masih banyak lagi. Remote Desktop Protocol (RDP) Microsoft digunakan untuk koneksi ini dan merupakan cara paling aman untuk terhubung ke PC Windows jarak jauh.

Disini saya memberikan cara teratas dan tentunya yang terbaik untuk menggunakan Windows Remote Desktop anda dengan baik.


1. Hubungkan Remote Windows PC

Penggunaan Microsoft Remote Desktop terbesar dan paling umum adalah untuk mengakses PC atau laptop Windows dari jarak jauh dengan menggunakan system Windows lain. Anda harus memiliki minimum Windows 7 SP1, 8.1, 10, atau Windows Server, dan versi 64-bit Windows yang diinstal pada keduanya. Anda juga memerlukan Windows 10 versi Professional atau Enterprise untuk dapat mengakses system.

Ada dua cara untuk memulai: Anda dapat membuat koneksi melalui aplikasi Remote Desktop untuk Windows 10 atau menjalankan aplikasi dari Microsoft Store.

Sebelum menggunakan Remote Dekstop, anda terlebih dahulu harus mengaktifkannya. Untuk mengakfikannya, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara mengaktifkan dan menggunakan Remote Desktop.


Cara Pertama

Anda dapat membuka Remote Desktop Connection dari Start menu dengan hak admin (Run as administrator).


Buka pengaturan System komputer tujuan anda dengan mengklik Show Options dan verifikasi nama dan user name yang anda gunakan untuk login. Lebih baik menyimpan kredensial.


Segera setelah anda menekan Connect, remote connection akan dimulai, dan kedua komputer saling bergabung. Anda harus mengizinkan remote connections to this computer dari Start menu.



Cara Kedua

Untuk pengguna Windows 10 Professional dan Enterprise, anda juga dapat terhubung dari Microsoft Store, yang menawarkan antarmuka pengguna yang lebih menarik. Buka Microsoft Store dan cari aplikasi Microsoft Remote Desktop kemudian instal di PC Windows 10 anda.


Buka aplikasi kemudian + Add dibagian kanan atas diikuti Desktop untuk menambahkan komputer baru untuk remote access. Dapatkan rincian nama dan user name PC target anda, dan simpan di aplikasi.


Geser kebawah untuk mengaktifkan opsi tambahan termasuk apakah anda harus terhubung ke sesi admin (yang tanpanya remote connection tidak akan terjadi), resolusi layar, dan pengaturan sesi lainnya seperti memulai koneksi di layar penuh. Anda juga dapat memulai setiap koneksi di jendela baru jika ada lebih dari satu remote PC yang terlibat.


Kredensial pengguna yang disimpan untuk remote PC telah disimpan. Sekarang anda hanya perlu mengklik pengguna untuk mendapatkan akses ke remote PC.


Anda dapat mengaktifkan opsi tambahan untuk mencegah batas waktu, menampilkan pratinjau desktop, dan mengirim data anonim ke Microsoft.


Setelah remote connections dibuat, anda bisa mendapatkan gambaran umum semua PC jarak jauh melalui pratinjau desktop dan anda siap memulai koneksi.



2. Menghubungkan dari Android/iOS

Selain mengakses remote Windows PC pada perangkat Windows lain, anda juga dapat mengaksesnya menggunakan aplikasi iOS dan Android.

Sebelum mendownload aplikasi di ponsel anda, pastikan anda telah mengaktifkan remote connections to the target computer dari Settings Windows. Anda juga dapat melakukannya dari Remote Desktop Settings.

Biarkan slider Enable Remote Desktop diaktifkan untuk akses dari komputer atau ponsel lain.


Kembali ke aplikasi yang terinstal di ponsel anda dan klik + diikuti Desktop untuk menambahkan remote computer baru.


Berikan nama ke remote PC berdasarkan pengaturan About System settings, berikan nama yang mudah, dan pastikan anda dapat terhubung ke sesi Admin di ponsel anda dengan mengaktifkan Connect to admin session.


Remote Desktop telah ditambahkan ke telepon anda sekarang. Sekarang anda hanya perlu mengkliknya untuk membuat akses.


Koneksi untuk remote PC dengan telepon sedang dibuat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.



3. Mengkonfigurasi Remote Desktop (RD) Gateway

Layanan Windows Remote Desktop dapat digunakan untuk mengkonfigurasi Remote Desktop (RD) Gateway. Ini memungkinkan orang untuk masuk dengan aman ke komputer Windows perusahaan mereka dari perangkat berkemampuan Internet apapun yang menjalankan aplikasi klien Remote Desktop.

Untuk mengonfigurasi Remote Desktop Gateway seperti itu pada mesin klien, klik Settings untuk membuka pengaturan server RD Gateway.


Pilih Automatically detect RD Gateway server settings untuk membuat koneksi. Jika tidak dan admin jaringan anda memberi anda nama server atau kredensial masuk lainnya, masukkan detail itu. Dalam hal itu, pilih Use my RD Gateway credentials for the remote computer.


Jika anda memiliki Remote Desktop yang diinstal pada perangkat seluler anda seperti yang ditunjukkan di atas, anda dapat mengakses Gateway di panel samping.

Tambahkan gateway IP address yang diperlukan dan detail lainnya untuk membuat koneksi.



4. Menghubungkan Local Devices and Resources

Anda mungkin ingin mengakses resource lokal tertentu pada remote komputer. Ini dapat dilakukan dari tab Local Resources dan mengklik More pada bagian Local devices and resources di aplikasi Microsoft Remote Desktop (juga aplikasi dari Microsoft Store).


Pilihan yang anda miliki meliputi hardware tertentu, printer, smart card, webcam, drive, dan banyak lagi.



Apakah anda tidak puas dengan Microsoft Remote Desktop? Anda dapat menggunakan aplikasi remote access lainnya seperti TeamViewer, Chrome Remote Desktop, atau AnyDesk. Apa cara lain anda menggunakan Microsoft Remote Desktop? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakash dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "4 Cara Menggunakan Remote Desktop Windows dengan Baik"