Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghentikan Gangguan Bunyi Lain USB di PC Anda

 


Kita semua terbiasa dengan suara connect maupun disconnect Windows saat anda menghubungkan dan memutuskan perangkat USB dari PC. Tetapi itu menjadi sedikit menyeramkan ketika anda mendengar suara USB lain tanpa alasan. Anda baru saja bekerja dengan komputer anda ketika tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan, ada suara lain selama beberapa detik seperti  suara menghubungkan dan menyambungkan kembali, sementara anda bertanya-tanya apa yang menybabkan komputer anda mengeluarkan suara seperti itu.


Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda mengusir suara USB lain ini.



1. Menggunakan Device Manager


Ini adalah metode cepat dan mudah (meskipun tidak sekuat tools lain yang disebutkan dibawah). Jika berhasil, maka itu akan menghemat kerumitan software pihak ketiga.


Saat anda mulai mendengar suara lain dari USB, segera tekan Win + X dan pilih Device Manager dari daftar untuk membuka jendela Device Manager.




Atur ke tampilan full screen. Kemudian perluas opsi untuk semua hal yang terpasang ke port USB anda (keyboard, mouse, USB drive, hard disk eksternal, Bluetooth dan lainnya). Dengan semua daftar perangkat yang diperlukan diperluas, awasi dan lihat apakah ada perangkat yang terus menghilang dan muncul kembali dari daftar saat PC anda mengeluarkan suara USB lain tersebut.


Jika anda berhasil menemukan perangkat yang berperilaku tidak semestinya, klik kanan (anda mungkin perlu membuka View - Show hidden devices terlebih dahulu jika perangkat terus menghilang karena terputus), kemudian klik Update driver software.


Jika gagal, anda mungkin perlu untuk menguninstallnya (klik kanan perangkat - Uninstall device), kemudian hubungkan kembali perangkat tersebut ke PC anda agar dapat menginstal ulang sendiri.




Atau, jika anda ingin menginstal ulang semua controller USB anda, di Device Manager perluas Universal Serial Bus controllers, kemudian klik kanan semua opsi yang memiliki "Host Controller" di dalamnya dan pilih Uninstall device.


Restart PC anda, dan controller USB anda akan diinstall ulang pada PC anda secara otomatis.


Bahkan jika semuanya tampak berfungsi dengan baik, update Windows baru juga dapat menyebabkan masalah driver. Jika suara USB lain dimulai setelah update Windows, maka mengupdate driver atau menguninstall dan menginstal ulang biasanya merupakan pilihan terbaik.



2. Menggunakan USBDeview


Jika suara USB lain terlalu tidak dapat diprediksi untuk dilacak di Device Manager, atau jika kebisingan telah berhenti saat anda membuka Device Manager, maka inilah saatnya untuk mencoba tools kecil yang hebat ini.


USBDeview dari Nirsoft yang luar biasa ini dapat melacak perangkat USB anda dengan lebih akurat. Melihat apakah mereka terhubung atau tidak, ketika driver mereka dibuat dan yang terpenting, terakhir kali mereka dihubungkkan atau dikeluarkan dari PC anda.


Idealnya, anda harus membukanya segera setelah mendengar suara USB misterius karena ketika anda mengklik kolom Last Plug/Unplug Date, perangkat pelakunya (yaitu perangkat terbaru yang telah dicolokkan/dicabut dari PC anda) akan muncul di puncak.




Anda kemudian dapat menguninstall perangkat secara langsung melalui USBDeview dengan mengklik kanan dan memilih Uninstall Selected Devices. Setelah itu, cabut perangkat anda, colokkan kembali, dan mudah-mudahan akan diinstall ulang tanpa menghantui anda dengan suara connect/disconnect tanpa henti.


Anda juga dapat menggunakan tools ini untuk memeriksa power output. Ini membantu untuk melihat apakah port USB anda berfungsi.



3. Matikan Suara Notifikasi USB


Seringkali suara USB lain ini bisa mengganggu, namun ini bukanlah pertanda dari sesuatu yang parah dan mungkin hanya bentrokan driver sesaat atau kehilangan daya perangkat yang tidak akan berpengaruh pada penggunaan sebenarnya oleh anda. Jika perangkat yang bertanggung jawab atas suara tersebut tampaknya berfungsi dengan baik tetapi terus mengeluarkan suara setelah anda menginstalnya kembali, dari pada menggantinya, anda dapat mematikan suara notifikasi untuk perangkat USB.


  • Untuk melakukannya, klik kanan pada ikon speaker di menu notifikasi di ujung kanan taskbar dan pilih Sounds.



  • Kemudian di daftar Program Events, klik Device Connect. Dan di bagian Sounds, pilih (None) dari menu dropdown.

  • Lakukan hal yang sama untuk Device Disconnect dan klik OK.




Mulai sekarang anda tidak akan mendengar lagi suara connect maupun disconnect saat anda menghubungkan atau melepaskan perangkat dari port USB. Nikmati suara hening di PC anda!



4. Coba Port USB Baru


Terkadang suara USB lain bisa menjadi tanda port USB yang gagal atau perangkat yang gagal. Misalnya, USB drive yang rusak dapat terhubung dan terhubung kembali secara acak. Ketahui juga apakah melepas drive USB saat sedang digunakan dapat merusaknya. Jika port gagal, masalah akan terjadi apapun perangkat yang anda hubungkan.


Singkirkan port dengan menghubungkannya ke perangkat lain untuk melihat apakah masalah berlanjut. Jika tidak, port tersebut kemungkinan besar baik-baik saja.


Uji perangkat individu dengan menghubungkannya ke port USB lain. Jika suara USB lain terus berlanjut, itu mungkin perangkat atau drivernya. Jika memungkinkan, coba perangkat anda di PC lain untuk menguji lebih lanjut apakah perangkat tersebut gagal.



Salah satu hal yang saya pelajari dari ini adalah bahwa tidak setiap suara yang tidak dapat dijelaskan di Windows merupakan tanda bahwa sesuatu yang buruk sedang terjadi. Tentu, ini layak untuk dilihat, tetapi dalam skenario ini biasanya tidak ada yang dipertaruhkan selain kenyamanan anda.


Jika, setelah melakukan semua hal di atas, anda tidak ingin mematikan suara notifikasi USB dan tidak menyukai gagasan perangkat anda yang terus-menerus tersambung dan menyambungkan kembali, anda selalu dapat keluar dan membeli perangkat baru.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara mengenkripsi USB Drive di Windows 10 atau cara memperbaiki headphone tidak berfungsi di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghentikan Gangguan Bunyi Lain USB di PC Anda"