Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenkripsi USB Drive di Windows 10/11


USB Drive adalah perangkat portabel yang menawarkan cara mudah untuk menyimpan dan/atau mentransfer data anda dan mudah untuk dibawa kemana saja. Namun perlu anda ketahui bahwa menggunakan USB Drive dapat menimbulkan beberapa risiko keamanan.  Untungnya, anda dapat mengenkripsi USB Drive dan melindungi file dan data sensitif anda setiap kali anda mentransfer file di perangkat yang berbeda.

Perlu dicatat bahwa dengan mengenkripsi USB Drive anda, itu tidak selamanya melindungi data dan file anda dari malware dalam mengumpulkan password dan usaha penguraian password. Ini hanyalah cara untuk mencegah file dan data sensitif dan rahasia anda diakses oleh orang yang tidak berwenang.

Baiklah, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengenkripsi USB drive di Windows 10 atau Windows 11 sehingga tidak ada yang bisa membaca atau mengakses data yang tersimpan di dalamnya tanpa memasukkan kata sandi yang tepat. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


Enkripsi USB Drive di Windows 10/11 Menggunakan BitLocker

Windows 10dan Windows 11 hadir dengan BitLocker. Tools ini memudahkan kita untuk mengenkripsi USB drive, tetapi ini hanya tersedia di versi Windows 10 atau Windows 11 Pro.

Untuk mengenkripsi USB Drive anda menggunakan BitLocker, lakukan langkah-langkah berikut dibawah ini.

1. Hubungkan USB drive anda ke PC Windows dan biarkan komputer mengenali drive. Jika anda melihat AutoPlay di layar anda, klik opsi Open folder to view files. Jika itu tidak muncul, biarkan saja.

2. Sekarang pilih USB drive anda yang ingin anda enkripsi dan selanjutnya klik tab Manage.

3. Selanjutnya klik BitLocker diikuti dengan mengklik Turn on BitLocker dari menu yang muncul.


Catatan: Anda juga dapat mengklik This PC, klik kanan USB Drive yang ingin anda enkripsi, dan pilih Turn on BitLocker.


4. Tunggu beberapa detik hingga BitLocker melakukan setup.

5. Selanjutnya, beri ceklist pada kotak Use a password to unlock the drive dan masukan password anda di kotak Enter your password, kemudian lakukan lagi di kotak Reenter your password. Klik Next jika sudah memasukannya.


6. Di halaman selanjutnya anda akan diminta untuk membackup recovery key. Key ini memungkinkan anda untuk mengakses USB drive jika anda kehilangan password enkripsi yang anda masukkan pada langkah sebelumnya. Anda dapat menyimpan key ini atau mencetaknya dan menyimpannya di tempat yang aman dari pada menyimpannya di cloud.


7. Selanjutnya, pilih seberapa besar ruang di USB drive yang ingin anda enkripsi. Disini, anda memiliki dua opsi: pilih seluruh drive atau hanya ruang yang digunakan. Pilih metode enkripsi yang ingin anda gunakan.


BitLocker memiliki mode enkripsi XTS-AES 256-bit baru di Windows 10 versi 1511, dan dengan algoritma yang ditingkatkan, ia juga menawarkan dukungan integritas. Versi Windows yang lebih lama tidak memiliki mode enkripsi baru ini, itulah sebabnya anda perlu memilih metode enkripsi.

Jika anda akan menggunakan USB drive yang dienkripsi pada komputer dengan versi Windows yang sama dengan yang anda gunakan untuk mengenkripsi, pilih New encryption mode. Namun, jika anda ingin menggunakannya di komputer lain yang menjalankan versi Windows yang lebih lama, anda masih dapat melakukannya dengan memilih Compatible mode. Mode ini masih menggunakan standar enkripsi AES 128-bit.


8. Langkah selanjutnya adalah mengklik Start encrypting untuk mulai mengenkripsi USB drive anda. Kecepatan mengenkripsi drive anda dapat bergerak cepat atau lambat tergantung pada ukuran USB drive anda, jumlah data yang anda simpan di dalamnya, dan spesifikasi PC anda.


Jika anda membuka This PC dengan simbol kunci, anda akan tahu USB drive anda dienkripsi dengan aman. Anda juga akan diminta untuk memasukkan password yang anda buat pada tadi setiap kali anda mencolokkan USB drive yang dienkripsi. Ada juga opsi lain yang dapat anda pilih untuk membuka key drive secara otomatis di komputer anda, atau jika anda lupa password, anda dapat memasukkan recovery key.

Jika suatu saat anda berubah pikiran dan ingin membatalkan enkripsi pada USB drive anda, anda dapat mengklik kanan pada USB drive anda, kemudian pilih Manage BitLocker. Di jendela BitLocker Drive Encryption pilih Turn off BitLocker. Klik Turn off BitLocker sekali lagi dan proses menonaktifkan enkripsi dimulai. Setelah itu anda bebas menggunakan USB drive anda di PC mana saja tanpa menggunakan password.



Sekarang anda tahu cara mengenkripsi USB drive anda di Windows 10 atau Windows 11 untuk menjaga keamanannya. Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau anda tidak dapat mengenkripsi USB drive tersebut, beritahu saya di kolom komentar di bawah ini. Anda juga dapat membaca artikel saya tentang cara aktifkan atau nonaktifkan penggunaan BitLocker untuk hard drive eksternal di Windows 10/11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengenkripsi USB Drive di Windows 10/11"