Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Headphone Tidak Berfungsi di Windows 10


Menyiapkan sound device di Windows bisa menjadi pekerjaan yang berantakan. Driver dapat saling berbenturan, Windows mungkin salah membaca satu jenis output suara sebagai yang lain, dan anda mungkin harus mendalami pengaturan suara anda untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Tentu saja, semua berjalan dengan baik, anda harus dapat menyambungkan sound device dan membuatnya berfungsi, tetapi jika itu tidak terjadi, panduannya ada disini untuk masuk dan menyelamatkan anda dari keheningan yang anda alami.


Pastikan Headphone di Atur Sebagai Perangkat Enabled dan Default

Tempat penting lainnya dimana anda mungkin perlu melakukan beberapa perubahan agar headphone anda berfungsi adalah jendela Sound. Cara terbaik untuk sampai kesana adalah klik kanan ikon speaker di area notifikasi di sudut Windows, lalu klik Open Sound settings.

Di jendela Sound setting, klik Manage sound devices dan lihat apakah Speakers atau Headphones anda berada di bawah daftar Disabled. Jika ya, klik dan klik Enabled.


Untuk mengatur headphone anda sebagai default audio device anda, beralih ke Speaker atau headphone secara otomatis segera setelah mereka terhubung, kembali ke menu Sound settings.

Disini, klik drop-down Choose your output device, dan pilih Speakers atau Headphone anda dari daftar.


Di masa mendatang, anda juga akan dapat mengubah default sound device dengan cukup mengeklik ikon speaker di area notifikasi taskbar dan memilih audio device pilihan anda dari sana.



Update, Reinstall  atau Ganti Sound Driver

Jika anda mencolokkan headphone ke PC Windows 10 dan mendapatkan suara "Ding" yang meyakinkan, kabar baiknya adalah bahwa headphone tersebut terdeteksi pada tingkat hardware. Namun, berita buruknya adalah bahwa ada sesuatu yang salah pada software yang pada akhirnya dalam mengirimkan suara dari PC ke headphone.

Untuk mengatasinya, buka Device Manager - Audio inputs and outputs, lalu pilih driver audio anda.

Mulailah dengan mengklik kanan driver, pilih Update driver, lalu pilih Search automatically for updated driver software. (Langkah ini membutuhkan jaringan internet).


Jika hal ini gagal, maka klik kanan driver kembali, lalu Disable device, sebelum mengaktifkannya kembali. Terakhir, anda juga dapat mencoba memutar kembali driver dengan memilih Properties dari menu klik kanan driver, lalu mengklik tab Driver dan Roll Back Driver.


Beberapa pengguna juga melaporkan yang berikut ini sebagai perbaikan. Pada jendela Update driver, klik Browse my computer for driver software, lalu Let me pick from a list.... dan pilih High Definition Audio Device. Anda mungkin mendapatkan pesan peringatan bahwa driver mungkin tidak kompatibel. Abaikan pesan, lalu lanjutkan dan install driver.


Ubah Format Default dari Headphone Anda

Di jendela Sound, klik tab Playback. Klik kanan headphone anda (headphone tersebut mungkin muncul sebagai Speakers jika dicolokkan atau sebagai 2nd Audio output atau serupa), lalu klik Properties dan tab Advanced.


Cobalah bermain-main dengan Format Default headphone, klik Test setiap kali anda mengubahnya, untuk melihat apakah anda mulai mendengar audio.


Pilih HD Audio Over AC97

AC97 HD Audio adalah dua standar audio yang umumnya terhubung ke port jack 3.5 mm depan pada banyak komputer desktop. Apakah PC anda menggunakan satu atau yang lain pada akhirnya akan tergantung pada header mana yang menghubungkan motherboard anda ke port suara depan anda.

Dengan asumsi semuanya terhubung dengan benar di bagian dalam (mis. Menggunakan header Audio HD yang lebih baru, yang mendeteksi perangkat secara otomatis), anda harus masuk ke tools driver audio anda dan memastikan bahwa Connector Settings anda sudah benar.......

Tools driver audio saya adalah Realtek HD Audio Manager (ditemukan di Control Panel). Buka Setting di sudut kanan atas, dan pastikan di bawah Connector Settings bahwa HD Audio Front Panel dipilih.


Saat berada disini, anda juga dapat menggunakan headphone sebagai perangkat audio kedua daripada mengganti speaker dengan memberi ceklist pada kotak yang disorot dengan warna merah di bawah ini.



Sound dapat menjadi masalah yang membingungkan untuk dipecahkan, dimana dengan banyak masalah yang berbeda melahirkan banyak solusi yang berbeda pula. Semoga, anda akan menemukan apa yang anda butuhkan di atas. Jika tidak, tinggalkan komentar di bawah ini dan saya akan mencoba membantu anda. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Memperbaiki Headphone Tidak Berfungsi di Windows 10"