Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Windows Security 0x80004004 di Windows 10/11

 


Saat memperbarui Windows Security atau Microsoft Defender Antivirus (sebelumnya bernama Windows Defender), anda mungkin menemukan error dengan kode 0x80004004. Itu terjadi ketika Windows Security gagal mendownload definisi yang diupdate dari website Microsoft. Dalam artikel kali ini, saya akan mengidentifikasi penyebab potensial dan juga memberikan solusi yang dapat anda coba untuk menyelesaikan masalah ini.


Error ini dapat muncul di layar komputer anda dengan pesan yang menyatakan.


Error 0x80004004: This app couldnt check for virus and spyware definition updates. The definition updates couldn’t be installed




Error ini dapat terjadi karena program antivirus lain yang diinstal pada system yang sama. Ini dapat membuat konflik dengan mencegah program Windows Security untuk mengupdate. Alasan lain di balik error ini mungkin karena beberapa file system yang hilang. Koneksi internet yang buruk juga dapat menyebabkan munculnya error ini.



Error Windows Securityr 0x80004004


Jika anda dihadapkan pada masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu untuk menyelesaikan masalah.



1. Atur Service Windows Security ke Otomatis


Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk mengubah servicenya.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Service.
  • Di jendela Service, temukan Microsoft Defender Antivirus Service dan klik dobel padanya.


  • Pastikan bahwa opsi di bagian Startup type di jendela properties service di atur ke Automatic.


  • Konfirmasikan kotak dialog apapun yang mungkin muncul saat mengubah Startup type.
  • Kemudian klik Apply dan OK.


Catatan : Jika opsi pada Startup type tidak dapat di ubah, maka klik Start terlebih dahulu. Atau jika tidak anda harus menonaktifkan Anti Virus pihak ketiga terlebih dahulu jika anda menginstallnya.


Setelah mengaturnya, update kembali dan lihat apakah selesai dengan sukses. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Nonaktifkan Program Antivirus Pihak Ketiga untuk Sementara


Program keamanan pihak ketiga yang diinstal pada PC Windows 10 anda juga dapat membuat konflik yang menyebabkan error 0x80004004 selama proses update definition virus dari Windows Security. Jadi, menonaktifkan antivirus sebelum mengupdate Windows Security juga bisa menjadi solusi.


Anda dapat menonaktifkan sementara antivirus pihak ketiga di PC anda dari halaman Settings program. Setelah proses update selesai, anda dapat mengaktifkannya kembali untuk full protection.



3. Update Windows Security Secara Manual Melalui Command Prompt


Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt. Anda juga dapat membukanya dari Start menu atau lewat Search Windows.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter setelah setiap command line anda masukan.


cd /d "\Program Files\Windows Defender"
mpcmdrun.exe -signatureupdate



Setelah menjalankan perintah jika anda masih mengalami error ini, maka anda dapat mencoba solusi berikutnya.


4. Download dan Install Secara Manual

Anda juga dapat mencoba mendownload definition package Windows Security terbaru dan kemudian anda dapat mengupdatenya secara manual.

Anda dapat memeriksa kode update yang mengalami error untuk definition package Windows Security di Settings - Update & Security - View update history - Definition Updates. Kemudian copy kode update dan cari di Microsoft Update Catalog untuk mendownloadnya.



Ini adalah silent install. Tidak akan terjadi apa-apa saat anda mengklik dobel file yang didownload, tetapi akan diinstall di background.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Windows Security 0x80004004 di Windows 10/11"