Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tetap Aman di Windows 10/11 Tanpa Menggunakan Antivirus


Ketika memiliki komputer baru, anda harus bertanya apakah itu dilindungi oleh antivirus atau jenis antivirus apa yang terbaik untuk melindunginya. Bahkan, sering ada dorongan halus dari produsen untuk mendapatkan antivirus tertentu. Ini bisa datang dalam bentuk versi uji coba yang sudah diinstal. Setelah mencapai titik kadaluwarsa, kita cenderung panik dan mencari versi antivirus premium lain untuk melindungi komputer kita dari infeksi virus dan menjadikannya rusak.

Mungkinkah hal ini menjadi kurang dalam kasus dengan OS Windows modern? Seberapa parahkah kita membutuhkan antivirus pihak ketiga? Saya rasa saya tidak akan sepenuhnya menyarankan anda agar tidak mendapatkan antivirus untuk komputer anda, tetapi dalam kasus ini untuk Windows 10 dan Windows 11, anda tetap dapat menjaga kesehatan sistem anda dengan baik tanpa menggunakan antivirus pihak ketiga.

Ini adalah langkah-langkah dan tindakan pencegahan yang harus anda gunakan jika anda memilih untuk tidak menggunakan perangkat lunak antivirus dari pihak ketiga.


Gunakan Windows Security Sebagai Sumber Perlindungan Utama Anda

Windows Security adalah default dan sumber utama perlindungan pada Windows 10 atau Windows 11. Memaksimalkan penggunaannya dapat menjadi perbedaan antara komputer yang terlindungi dengan baik dan rentan. Dari pertama kali anda menyalakan Windows 10 atau Windows 11, Windows Security aktif dan secara aktif membantu melindungi PC anda dengan menscan malware (software berbahaya), virus, dan ancaman keamanan. Perlindungan malware ini menggunakan perlindungan real-time untuk menscan semua yang anda download atau jalankan di PC anda.

Anda dapat mengetahui kapan PC anda sudah diperbarui saat anda memiliki semua poin aksi di jendela Windows Security anda yang ditandai dengan warna hijau seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.


Windows Security perlu diperbarui secara berkala untuk memastikan PC anda tetap aman. Anda harus selalu memeriksa pembaruan perlindungan untuk Windows Security anda. Mengeklik ikon "Show hidden icons" di taskbar anda dan klik ikon Windows Defender, pilih Virus & threat protection, kemudian klik Virus & threat protection updates dan Check for updates untuk memeriksa pembaruan keamanan.



Pemantauan Dengan Security and Maintenance Windows

Security and Maintenance Windows di Windows 10 atau Windows 11 digunakan untuk memberitahu anda tentang masalah-masalah kesehatan dan pemeliharaan. Sesering waktu memungkinkan, saya memeriksa untuk melihat seberapa baik komputer saya lakukan. Dengan masalah yang dibagi menjadi keamanan dan pemeliharaan, itu dapat membantu anda mendeteksi masalah dengan hardware dan software.
  • Buka Sistem windows anda dengan klik kanan pada This PC dan klik Properties.
  • Di jendela Sistem klik Security and Maintenance di sudut kiri bawah jendela.
  • Ini menunjukkan bagian Security and Maintenance seperti yang ditunjukkan pada gambar bawah ini.


Memperluas kedua bagian ini memberikan beberapa rincian tentang pengaturan keamanan yang saat ini beroperasi di komputer. Pengaturan ini dapat diubah dengan mengklik Change Security and Maintenance settings di sebelah kiri jendela. Untuk perlindungan maksimum mereka harus ditetapkan sebagai berikut seperti pada gambar di bawah ini:
  • Network Firewall – On
  • Virus Protection – On
  • Internet security setting – OK
  • User Account Control – On



Periksa Uninstall Program Secara Teratur

Ini adalah tindakan pencegahan untuk memastikan tidak ada yang tergelincir. Menjelajahi internet, terkadang kita mengunduh atau memasang aplikasi tanpa sepenuhnya menyadarinya. Kadang-kadang beberapa diantaranya mungkin berbahaya atau mungkin secara umum mengurangi keamanan dan kesehatan komputer. Menggunakan fitur uninstall pada Windows sangat berguna.

Penting untuk secara berkala memeriksa daftar program yang diinstal pada komputer anda melalui Control Panel.

Fitur uninstall ini terletak di Control Panel dan dapat ditemukan dengan mengetik control panel di kotak pencarian pada taskbar atau klik Desktop - Control Panel.


Setelah jendela Control Panel terbuka, navigasikan ke Programs - Programs and Features. Ini akan membuka jendela yang menampilkan program yang diinstal pada komputer anda. Dan dengan mengklik kanan pada program apa saja dan memilih Uninstall, programnya akan dihapus.



Instal Dan Jalankan Aplikasi Yang Anda Percayai

Ini harus dikatakan: "Instal hanya apa yang anda percaya." Karena sebagian besar dari apa yang anda lakukan di komputer anda akan tergantung pada Internet, anda harus menginstal hanya perangkat lunak yang anda percayai dan dengan sengaja bersentuhan dengannya, bukan secara otomatis.

Hal yang sama berlaku untuk menjalankan aplikasi, atau file yang dapat dieksekusi. Jika anda menerima file lampiran dari sumber tidak dikenal atau mengunduh file dari Web, jangan jalankan jika anda tidak memercayainya. Dengan cara ini anda mengurangi risiko mengundang perangkat lunak berbahaya ke komputer anda.

Dan pada akhirnya dapat disimpulkan dengan mengatakan bahwa langkah terakhir dalam menjaga kesehatan komputer yang baik dan tetap aman adalah mengulangi semua proses berulang kali. Tidak ada satupun yang anda lakukan dan lepas tangan begitu saja. Pemeriksaan dan pembaruan rutin untuk sistem komputer anda adalah perlindungan terakhir yang anda butuhkan. Sekian dan GBU.

Post a Comment for "Cara Tetap Aman di Windows 10/11 Tanpa Menggunakan Antivirus"