Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konvert Google Docs ke Microsoft Word

 


Penyimpanan cloud telah memberi kita kemampuan untuk mengakses file dan dokumen dari mana saja. Bahkan lebih nyaman, beberapa layanan memungkinkan kita untuk menambah, mengedit dan berbagi file dimana saja di dunia. Meskipun Google Docs selalu menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin mengakses dan berbagi dokumen dengan mudah, ada kalanya anda membutuhkan dokumen anda dalam format yang telah dicoba dan benar, seperti DOCX. Jika anda memiliki dokumen yang disimpan di Google Docs dan ingin mendownload salinan offline, anda dapat dengan mudah mengonversi Google Docs ke format Microsoft Word.


Catatan: Meskipun anda dapat mengonversi dokumen dari Google Docs ke Word, tidak ada jaminan bahwa pemformatan dalam dokumen anda akan dipertahankan selama konversi.



Cara Konvert Dokumen Tunggal


Karena Google Docs dalam format online, kita tidak dapat mengimpornya begitu saja ke Word! Untuk menggunakannya dalam Microsoft Word, kita perlu mengkonvert Google Docs ke format DOCX Microsoft Word, kemudian mendownloadnya sesudahnya. Anda dapat dengan mudah melakukan konvert ini dari Google Docs dan Google Drive.


Jika anda ingin mengonvert ke format DOC, anda harus membuka file DOCX yang dikonvert di Word dan kemudian menyimpannya sebagai format DOC. Jika anda belum menginstal Word, anda juga dapat melakukannya secara online.



Mengkonvert Dalam Google Docs


Pertama, buka file yang ingin anda ubah ke format Word. Klik File di bagian atas dokumen, kemudian arahkan ke Download.


Anda akan melihat daftar opsi yang muncul dalam menu ini. Seperti yang anda lihat, konversi ke dokumen Word bukanlah satu-satunya hal yang dapat dilakukan oleh Google Docs. Jika anda perlu mendownload Google Doc sebagai PDF atau bahkan mengkonvertnya menjadi format eBook EPUB, anda dapat kembali ke menu ini dan melakukannya. Untuk saat ini, bagaimanapun, kita akan mengklik opsi Microsoft Word.




Jika anda menggunakan  Firefox maka ketika mengklik Microsoft Word maka Google Docs akan membuka jendela Save As… dimana anda dapat memilih dimana anda ingin menyimpan dokumen tersebut. Jika menggunakan Chrome maka akan terdownload otomatis ketika mengklik Microsoft Word. Setelah tersimpan, anda akan dapat membuka file tersebut di Microsoft Word.





Konvert Dalam Google Drive


Untuk Google Drive, lebih mudah melakukan konvert ini. Anda tidak akan dapat melakukan konversi ke format lain (seperti PDF dan EPUB) di Drive, tetapi jika anda hanya menginginkan dokumen Word, metode ini berfungsi dengan baik.


Untuk melakukan ini, cari dokumen yang ingin anda konversi di Google Drive anda, kemudian klik kanan padanya dan klik Download.




Seperti diatas, jika anda menggunakan Firefox maka Google Drive akan secara otomatis mengkonvertnya ke format Word dan membuka jendela Save As... untuk menyimpannya. Jika menggunakan Chrome, maka secara otomatis terdownload.



Cara Konvert Banyak Dokumen Sekaligus


Terkadang anda tidak ingin menyimpan hanya satu dokumen sebagai file DOCX dan anda ingin mengkonvert beberapa Google Docs menjadi dokumen Word secara bersamaan. Sayangnya, karena metode Google Docs bergantung pada anda memasukkan setiap dokumen untuk mendownloadnya, maka akan memakan sedikit waktu untuk mendownload semuanya. Namun, karena Drive melakukan konvertnya melalui menu klik kanan di halaman utama, kita dapat melakukannya di sana untuk pengalaman yang lebih cepat dan lebih mudah.



Konvert Banyak Dokumen Dalam Google Drive


Metode download batch Google Drive bekerja hampir sama dengan mendownload satu dokumen. Namun, jika anda menahan tombol Ctrl saat mengklik file, anda dapat memilih beberapa file sekaligus. File yang dipilih dalam kelompok akan diblok dengan warna biru saat anda mengkliknya.


Kemudian, klik kanan salah satu file yang disorot dan klik Download seperti biasa.




Saat anda mengklik ini, Google Drive akan mengonvert semua dokumen yang dipilih, kemudian mengemasnya menjadi file ZIP. Setelah selesai, anda akan mendapatkan file ZIP untuk didownload. Simpan saja ini di tempat yang mudah diingat dan unzip untuk mengakses semua file anda.



Mendownload Dokumen


Terlepas dari semua manfaat penyimpanan cloud, terkadang anda hanya memerlukan salinan offline dokumen anda. Dengan beberapa klik, anda dapat mengkonvert file Google Docs ke Microsoft Word dengan sangat mudah.


Jika anda mencoba untuk mempertahankan semua pemformatan anda, cobalah mengonversinya menjadi PDF untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara copy dan paste banyak pilihan teks di Microsoft Word atau cara mencari definisi berdasarkan kata di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Konvert Google Docs ke Microsoft Word"