Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy dan Paste Banyak Pilihan Teks di Microsoft Word


Terkadang anda mungkin memiliki beberapa blok teks di lokasi berbeda yang ingin anda copy dan pastekan ke Word. Sayangnya, Word tidak menawarkan opsi untuk menyalin teks dari lebih dari satu pilihan sekaligus. Biasanya, anda beralih bolak-balik antar lokasi, mengcopy dan mempastekan blok satu persatu ke dalam dokumen Word terpisah. Tentu berhasil, tetapi metode ini sangat sibuk dan menghabiskan banyak waktu.

Yang lebih menyebalkan adalah jika anda mengcopy teks dari beberapa lokasi, saat mempastekan, Word hanya akan mempastekan konten dari pilihan terakhir secara default. Namun, ada cara anda dapat menyalin dan menempelkan teks dari banyak lokasi sekaligus. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada anda dua metode mudah yang dapat anda gunakan untuk mengcopy dan mempastekan teks dari beberapa pilihan teks di Microsoft Word.


Metode 1: Gunakan Spike

Di Microsoft Word, Clipboard memiliki fitur tambahan yang disebut Spike. Fitur yang kurang dikenal ini memungkinkan anda menyalin teks dari beberapa pilihan ke Clipboard, lalu menempelkannya sebagai grup ke lokasi baru. Spike mudah digunakan dan berfungsi baik dengan teks maupun grafik.

Untuk menggunakan Spike, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Catatan : Semua gambar di artikel ini menggunakan Microsoft Word 2016.
  • Pilih blok teks yang ingin anda copy.
  • Tekan Ctrl + F3 untuk mengcopy teks ke Spike.
  • Sorot blok teks berikutnya yang ingin anda copy di dokumen yang sama atau lainnya, dan tekan Ctrl + F3 untuk menambahkannya ke Clipboard. Ulangi proses ini sampai anda mengcopy semua blok teks yang anda inginkan dari dokumen sumber.
  • Gunakan Ctrl + Shift + F3 untuk mempastekan semua blok yang dicopy ke dalam dokumen kosong.


Bahkan jika anda mengcopy teks dari dua puluh lokasi yang berbeda, Spike akan mempastekannya sekaligus dalam dokumen baru anda, dengan yang anda copy pertama kali muncul di bagian atas, dan dalam urutan itu.

Teknik ini paling mudah, tetapi memang memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, ketika anda menekan tombol Ctrl + F3, lebih tepatnya Spike akan mengcut konten dari dokumen sumber. Namun, setiap kali anda menekan Ctrl + F3 untuk menempatkan blok konten ke Spike, anda dapat membiasakan untuk menekan Ctrl + Z atau klik Undo untuk membatalkan aksi cut, dan ini tidak akan menghapus konten dari Spike.


Metode 2: Gunakan Text Highlighter Tool

Anda mungkin menggunakan pena stabilo untuk menyorot frasa favorit anda atau beberapa bagian yang perlu perhatian khusus dalam dokumen Word. Tetapi tahukah anda bahwa anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menyalin dan menempelkan teks dari beberapa pilihan teks di Word?

Saya akan menunjukkan cara melakukannya. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Buka dokumen sumber, dan sorot teks yang ingin anda copy di seluruh dokumen. Secara default, pena stabilo diatur untuk menyorot teks dalam warna Kuning saat anda mengkliknya.


2. Jika anda ingin menggunakan warna yang berbeda, anda dapat memilih salah satu dari warna yang tersedia dengan mengkliknya. Sorot semua blok teks yang ingin anda copy di seluruh artikel.

3. Langkah selanjutnya adalah menemukan dan memilih semua teks yang disorot. Untuk melakukannya, klik Ctrl + H. Find and Replace kotak dialog akan muncul. Klik tab Find, diikuti oleh opsi More.

4. Melakukan hal itu akan memperluas kotak dialog dan membuka lebih banyak opsi. Klik tombol drop-down Format, lalu pilih Highlight dari opsi menu.


5. Format highlight sekarang akan muncul di bawah kotak edit Find what. Klik drop-down Find in, lalu pilih Main Document dari menu yang akan muncul.


6. Microsoft Word sekarang akan memindai dokumen untuk semua blok teks yang disorot. Kemudian akan memilih semua blok teks yang disorot dan memberi tahu anda tentang item yang dipilih. Dalam kasus saya, Word menemukan empat item yang cocok dengan kriteria pencarian saya.


7. Tutup kotak dialog, lalu klik Ctrl + C untuk mengcopy semua blok teks yang disorot.

8. Buka dokumen Word kosong. Tekan Ctrl + V untuk mempastekan teks yang disorot dan dipilih ke dalam dokumen baru. Setiap blok teks terpisah akan dipastekan sebagai paragraf baru. Anda akan melihat bahwa konten yang dipaste akan datang dengan format yang anda terapkan, termasuk warna yang anda gunakan untuk menyorot teks.


Jika anda ingin mempaste konten tanpa pemformatan, anda dapat melakukannya dengan menyesuaikan pengaturan dalam dokumen kosong. Daripada menggunakan tombol pintas Ctrl + V, bukalah ke pengaturan paste di bawah tab File dan pilih Keep text only. Atau klik kanan pada dokumen baru dan pilih Keep text only pada Paste Options.


Sekarang teks anda akan dipaste tanpa warna penyorotan atau pemformatan khusus.


Mengcopy dan mempastekan banyak blok teks sekaligus dapat sangat berguna di banyak skenario. Misalnya, anda mungkin memiliki dokumen sumber yang panjang yang ingin anda copy beberapa kutipan teks darinya. Daripada mengcopy dan mempastekan setiap blok teks satu per satu, yang agak melelahkan, anda dapat dengan mudah melakukannya sekaligus, jika anda tahu trik ini.

Selain itu, mempaste tidak hanya terbatas pada dokumen Microsoft Word. Anda dapat mempaste konten ke dalam program apapun yang menerima teks, termasuk program email seperti Outlook.

Beritahu saya jika anda mengalami masalah apapun dengan solusi di atas, dan saya akan dengan senang hati membantu. Terimakasih atas kunjungannya. GBU

Post a Comment for "Cara Copy dan Paste Banyak Pilihan Teks di Microsoft Word"