Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Android Terbaik yang Dapat Anda Gunakan Saat Offline

 


Sebagian besar aplikasi populer yang kita gunakan di smartphone memerlukan koneksi Internet yang stabil, tetapi tergantung pada lokasi anda, anda mungkin tidak selalu memiliki akses ke Internet. Karena itu, bantulah diri anda sendiri dan download beberapa aplikasi Android offline yang berguna saat internet berhenti mengalir.


Ada banyak aplikasi Android yang bekerja sepenuhnya offline atau hanya memerlukan koneksi secara berkala untuk menyinkronkan data. Pada artikel ini saya memperkenalkan beberapa aplikasi Android yang pasti akan menghibur anda selama masa sulit ketika koneksi Internet anda tidak berfungsi.



1. HERE WeGo - Peta dan Navigasi Offline


Harga: Gratis


HERE WeGo adalah salah satu alternatif Google Maps terbaik yang menghadirkan fitur-fitur canggih, seperti akses offline lengkap. Jika anda menuju ke lokasi yang tidak memiliki jangkauan data yang baik atau hanya khawatir tentang biaya roaming, aplikasi HERE WeGo mungkin adalah hal yang perlu anda download ke ponsel anda sebelum pergi.




Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendownload peta lengkap dari seluruh negara (100 didukung di seluruh dunia) dan menyediakan layanan navigasi offline belokan demi belokan dan tampilan antarmuka yang bersih.


Selain komponen offline yang sangat baik, aplikasi ini juga menyediakan laporan kondisi jalan dan lalu lintas waktu nyata untuk memungkinkan anda memilih cara tercepat ke tujuan, serta berbagi lokasi.



2. Pocket - Simpan Konten untuk Melihat Offline


Harga: Gratis/Berbayar


Pocket mungkin adalah aplikasi terbaik di luar sana yang membuatnya mudah untuk menyimpan artikel dan video untuk dilihat secara offline nanti. Simpan saja konten ke Pocket menggunakan tombol share dari dalam browser atau aplikasi, dan itu akan disinkronkan ke semua perangkat anda yang telah menginstal Pocket.




Aplikasi ini mendukung konten di halaman website dan aplikasi populer seperti Twitter, Facebook, Feedly, an lainnya. Aplikasi ini juga membersihkan halaman dan membuatnya lebih mudah dibaca tanpa gangguan tambahan. Ada juga opsi read-aloud (baca dengan keras) yang berfungsi bahkan saat offline. Tidak mengherankan, Pocket memiliki beberapa opsi yang memerlukan koneksi Internet. Misalnya, tab Discover, yang memungkinkan pengguna menemukan konten baru tentang topik yang mereka minati.


Pocket memiliki tingkat premium yang menawarkan fitur tambahan dan penyimpanan konten tidak terbatas. Pengalaman yang ditingkatkan mencakup lingkungan membaca yang tenang dan bebas iklan, kemampuan untuk mencari artikel menurut kata kunci, topik, penulis atau tag dan opsi untuk menyesuaikan pengalaman membaca anda.



3. Spotify - Ubah Ponsel Anda Menjadi Pemutar Musik Offline


Harga: Gratis/Berbayar


Spotify adalah layanan streaming musik digital populer yang memberi anda akses ke jutaan lagu, podcast dan video dari artis di seluruh dunia. Meskipun anda memerlukan sambungan ke Internet untuk dapat mengalirkan musik, anda juga dapat mendownload semua lagu favorit anda dan menyimpannya di perpustakaan aplikasi untuk didengarkan nanti secara offline.




Opsi ini membuat aplikasi ini menjadi sangat praktis saat anda inginkan, misalnya anda sedang berjalan-jalan atau berlari sambil mendengarkan musik. Jika anda ingin mengakses perpustakaan musik anda dimana saja dan tanpa membuang data berharga, ingatlah untuk selalu mendownload lagu dan album favorit anda di Spotify sehingga anda dapat memilikinya bahkan saat anda jauh dari koneksi Wi-Fi yang stabil.


Sebenarnya, sebagian besar aplikasi streaming termasuk Netflix, YouTube Premium, Amazon Prime dan lainnya memiliki opsi yang memungkinkan pengguna mendownload konten untuk penggunaan offline.



4. PlayerFM - Dengarkan Podcast Secara Offline


Harga: Gratis/Berbayar


Jika anda menyukai podcast, aplikasi ini akan memberikan banyak gangguan setiap kali tidak ada internet untuk menghibur anda. Yang harus anda lakukan adalah memberitahu PlayerFM topik mana yang anda minati dan aplikasi akan membuat daftar podcast yang dapat anda langgan.




Anda dapat memilih untuk diupdate ketika episode baru ditambahkan dan yang paling penting, membuat daftar putar untuk didengarkan secara offline. Biasanya, anda harus mendownload podcast ini terlebih dahulu agar dapat mendengarkannya nanti saat internet tidak tersedia. PlayerFM juga menyinkronkan preferensi dan daftar putar offline antara PC dan ponsel Android anda untuk mempermudah mendengarkan podcast di kedua perangkat. Selain itu, layanan ini sangat dapat disesuaikan, memungkinkan anda untuk mengubah tema, meskipun untuk membuka semuanya, anda memerlukan langganan Premium.


Harus dicatat disini bahwa PlayerFM bukan satu-satunya aplikasi podcast dengan opsi offline. Aplikasi lain seperti Castbox dan Podcast Addict juga menyertakan opsi ini.



5. Amazon Kindle - Perpustakaan Anda Dapat Diakses Dimana Saja, Kapan Saja


Harga: Gratis


Pindah ke lokasi terpencil untuk menghindari pandemi? Untungnya, anda tidak perlu membawa banyak buku. Cukup download aplikasi Amazon Kindle dan nikmati koleksi lengkap buku anda dimanapun anda berada, tanpa perlu internet.




Buku membutuhkan biaya untuk membeli, tetapi setelah anda melakukan transaksi, aplikasi akan mendownload judul di perangkat anda untuk anda akses nanti. Buku lama yang anda miliki dan rencanakan untuk dibawa juga harus didownload (tanpa biaya tambahan) di ponsel atau tablet yang sedang anda gunakan.


Aplikasi Kindle menawarkan fitur kustomisasi yang bagus, termasuk dark mode, kemampuan untuk mengubah font dan background, dan menyediakan akses mudah ke kamus saat membaca (bahkan saat offline).



6. Google Translate - Menerjemahkan Apapun


Harga: Gratis


Aplikasi Google Translate adalah alat yang sangat berguna untuk dimiliki saat anda bepergian ke luar negeri. Meskipun pandemi menunda sebagian besar perjalanan, aplikasi ini tetap berguna di ponsel anda jika terjadi keadaan darurat yang berhubungan dengan pemahaman bahasa asing.




Untuk memastikan hasil yang optimal saat offline, pengguna harus mendownload database dari bahasa yang mereka inginkan terjemahannya terlebih dahulu dan ini membutuhkan koneksi internet aktif. Setelah melewati langkah ini, anda akan dapat mengetik teks ke dalam aplikasi dan mendapatkan terjemahan instan dan sebagian besar benar dalam bahasa yang anda pilih.


Google juga telah menyediakan camera mode sehingga anda dapat mengarahkan kamera ke teks asing untuk mendapatkan terjemahan. Itu juga berfungsi secara offline, asalkan anda sebelumnya telah mendownload paket bahasa yang tepat.



7. Kiwix - Wikipedia di saku Anda


Harga: Gratis


Kiwix adalah pembaca offline yang mendownload seluruh database Wikipedia untuk penggunaan offline. Ia juga mendukung Wiki lain, termasuk Wikitionary, Wikiquote, Wikibooks, Wikinews, Wikisource dan Wikivoyage, serta Ted Talks dan Project Gutenberg. Semua data ini bisa di tangan anda dengan bantuan aplikasi Kiwix.




Tentu saja, kumpulan data cukup besar untuk didownload dan memerlukan koneksi Internet yang berfungsi, tetapi Kiwix memungkinkan anda menyimpan file di penyimpanan eksternal (SD card), sehingga memori ponsel anda tidak akan habis. Terlebih lagi, karena data sudah ada di ponsel anda, penelusuran dan navigasi menjadi sangat lancar dan cepat. Namun, satu hal yang perlu dipertimbangkan, saat menggunakan aplikasi ini adalah fungsi pencarian tidak berfungsi dengan baik, jadi menemukan data dan informasi tertentu cukup menantang.


Sebagai alternatif, anda dapat mencoba metode lain untuk mengakses artikel Wikipedia secara offline. Instal aplikasi Pocket yang dibahas di atas dan simpan artikel Wikipedia yang anda minati disana untuk dibaca nanti.



Aplikasi Android ini membuktikan bahwa menjadi offline tidak harus membatasi atau membosankan, tetapi jika anda duduk disana bertanya-tanya apa yang harus dilakukan agar semuanya berjalan kembali, maka mungkin anda harus membaca tentang cara memperbaiki mobile data tidak dapat digunakan di Android atau fitur luar biasa Google Lens yang patut anda gunakan.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Aplikasi offline mana yang anda inginkan? Tinggalkan komentar anda dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID19.


Post a Comment for "Aplikasi Android Terbaik yang Dapat Anda Gunakan Saat Offline"