Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Waktu Booting dan Melacak Jejak Booting di Windows 10/11

 


Windows Assessment and Deployment Kit (Windows ADK) atau sebelumnya bernama Windows Automated Installation Kit (Windows AIK atau WAIK) menawarkan tools untuk menganalisis kinerja (xbootmgr) yang dapat membantu anda mengatur waktu booting dan juga melacak jejak booting di Windows 10. Tools ini juga digunakan untuk mengukur kualitas dan kinerja system atau komponen. Dengan tools ini tentunya anda juga dapat mengetahui jika seseorang telah menggunakan PC Windows anda.



Melacak Jejak Booting di Windows


Windows Assessment and Deployment Kit mencakup tools seperti Windows Configuration Designer, Windows Pre-installation Environment (WinPE), Deployment Image Servicing and Management (DISM), Windows System Image Manager (WSIM), Windows Assessment Toolkit, Windows Performance Toolkit, User State Migration Toolkit (USMT), Volume Activation Management Tool (VAMT), User Experience Virtualization (UE-V) dan Application Virtualization (App-V).



xbootmgr


Perintah ini dapat digunakan untuk melacak jejak booting atau melakukan pelacakan terjadwal. Anda dapat melacak booting normal atau standby atau reboot dan bahkan fast startup. Jika anda menghadapi masalah apapun dengan semua ini, ini adalah tools yang baik untuk menyelesaikannya. Namun, anda juga perlu memahami aspek teknis saat melihat log pelacakan.


Untuk memulai pelacakan, gunakan perintah dibawah ini pada command prompt dengan hak admin (Run as administrator).


xbootmgr -trace boot|hibernate|standby|shutdown|rebootCycle|fastStartup [options]



Untuk membatalkan pelacakan, gunakan perintah dibawah ini.

xbootmgr -remove

Berikut ini adalah bagaimana anda dapat menggunakan berbagai opsi dan menyimpan hasilnya ke dalam folder. Perhatikan bahwa segera setelah anda menjalankan perintah, itu akan merestart system anda. Jadi pastikan anda telah menyimpan semua pekerjaan anda.

Untuk melacak jejak booting gunakan perintah dibawah ini.

xbootmgr -trace boot -traceFlags BASE+CSWITCH+DRIVERS+POWER -resultPath C:\TEMP

Untuk melacak shutdown gunakan perintah dibawah ini.

xbootmgr -trace shutdown -noPrepReboot -traceFlags BASE+CSWITCH+DRIVERS+POWER -resultPath C:\TEMP

Untuk Standby + Resume gunakan perintah dibawah ini.

xbootmgr -trace standby -traceFlags BASE+CSWITCH+DRIVERS+POWER -resultPath C:\TEMP

Untuk Hibernate + Resume gunakan perintah dibawah ini.


Ganti C:\TEMP dengan direktori temp apapun di komputer anda jika perlu untuk menyimpan file output yang dihasilkan.

Semua ini akan membuat komputer shut down, hibernate, standby dan kemudian reboot untuk menyelesaikan pelacakan. Setelah Windows melakukan reboot, masuk kembali seperlunya dan setelah penghitung waktu mundur selesai, anda sekarang harus memiliki beberapa file pelacakan di C:\TEMP. Jika diminta, upload atau berikan file yang dihasilkan di C:\TEMP (atau direktori yang anda pilih) pada berbagi download untuk analisis.

Tools ADK digunakan oleh OEM dan ODM untuk menyesuaikan image Windows 10 atau Windows 11, mengakses kualitas dan kinerja system atau komponen saat menyiapkan komputer baru.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengatur Waktu Booting dan Melacak Jejak Booting di Windows 10/11"