Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Histori di Address Bar Windows Explorer di Windows



Seperti yang diketahui sebagian besar dari anda, browser kita selalu melacak riwayat penelusuran kita dan membantu kita mengisi URL website yang sering kita kunjungi saat kita mengetik di address bar. Sama seperti di browser web, Windows Explorer juga melacak folder yang sering dibuka sehingga anda dapat dengan mudah berpindah antar folder.


Faktanya, jika anda membuka File Explorer dan mengeklik ikon panah kecil ke bawah di address bar, ini akan menampilkan semua folder yang sering anda kunjungi. Dengan menggunakan menu drop-down itu, anda dapat dengan mudah menavigasi ke folder favorit anda. Jika anda tidak menyukai ini atau ingin menghapus histori di address bar File Explorer, berikut beberapa cara untuk melakukannya.


Catatan: Meskipun saya menunjukkan ini di Windows 10, metode yang dibahas di bawah ini juga akan berfungsi di Windows 7 dan 8.



1. Hapus Langsung dari File Explorer


Cara termudah untuk menghapus histori di Windows Explorer adalah langsung dari File Explorer itu sendiri. Untuk melakukannya, buka File Explorer menggunakan tombol Win + E. Setelah File Explorer dibuka, klik kanan pada address bar dan pilih opsi Delete History.



Anda tidak akan menerima perintah apapun, tetapi histori di File Explorer anda akan dihapus di latar belakang. Anda dapat mengonfirmasi itu dengan mengklik ikon drop-down kecil di address bar.



2. Hapus dari Folder Options


Cara termudah kedua adalah menggunakan Folder Options. Untuk memulai, buka File Explorer menggunakan tombol Win + E, kemudian klik View dan pilih Options.



Setelah jendela Folder Options dibuka, klik tombol Clear untuk menghapus semua histori di File Explorer. Tindakan ini membersihkan histori di address bar File Explorer serta file dan folder dalam Quick access.



Jika anda tidak ingin File Explorer menyimpan file terbaru dan histori folder anda, hapus ceklist pada kedua kotak ceklist di bawah bagian Privacy dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.



3. Hapus Menggunakan Windows Registry Editor


Ini bukan cara yang paling elegan atau termudah, tetapi anda juga dapat menghapus histori di address bar File Explorer menggunakan Windows Registry Editor.


  • Untuk melakukan itu, tekan Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Setelah membuka Windows Registry Editor, navigasikan ke key berikut dibawah ini.


HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\TypedPaths

  • Registry Editor akan menampilkan histori di address bar File Explorer sebagai daftar URL. Karena setiap URL ditampilkan secara terpisah, anda sebenarnya dapat menghapusnya satu per satu. Untuk melakukannya, klik kanan pada string value URL, kemudian pilih opsi Delete.


  • Tindakan di atas akan menampilkan pesan peringatan. Cukup klik tombol Yes untuk menghapus string value.



Jika anda ingin menghapus seluruh histori address bar di File Explorer, pilih semua URL kecuali (Default) menggunakan tombol Ctrl pada keyboard anda; klik kanan padanya, dan pilih opsi Delete.


Hanya itu yang dapat anda lakukan. Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara memperbaiki Windows Explorer yang error atau cara memperbaiki error ''Could Not Find This Item'' saat menghapus file di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menghapus histori di address bar File Explorer di Windows. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Hapus Histori di Address Bar Windows Explorer di Windows"