Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Could Not Find This Item Saat Menghapus File di Windows 10/11


Setiap kali anda menggunakan PC anda, anda juga mungkin menghapus beberapa file yang tidak anda perlukan. Namun suatu saat ketika anda kembali menghapus file, folder atau ikon di Windows 10 atau Windows 11, anda menemukan pesan error Could not find this item.

Pesan error lengkapnya akan telihat seperti dibawah ini.
Could not find this item.
This is no longer located in : C:/Folder_Name/File_Name.
Verify the item’s location and try again.


Ini tentu sangat menjengkelkan karena anda tahu file tersebut tidak sedang digunakan oleh program lain. Objek masalah pun tidak akan pindah ke Recycle Bin, tidak peduli berapa kali anda menekan tombol Delete.

Alasan paling umum untuk pesan error ini adalah bahwa file tersebut rusak, menggunakan nama yang tidak valid, atau tidak dapat berhasil ditutup setelah dibuka. Jadi artikel ini khusus untuk masalah tersebut, jika file ingin anda hapus adalah file yang mempunyai hak istimewa dalam mengaksesnya maka ada harus mengikuti metode di artikel saya lainnya tentang cara cepat menghapus file yang tidak dapat dihapus di Windows.

Khusus artikel kali ini, ikuti panduan sederhana dibawah ini untuk menghapus file yang tidak dapat dihapus dengan mudah saat anda mendapatkan pesan error seperti yang disebutkan pada judul artikel.


Hal Pertama Yang Harus Dilakukan

Sebelum mengikuti solusi yang lebih mendalam pada tutorial ini, anda harus terlebih dahulu mencoba beberapa perbaikan yang mudah. Langkah umum yang harus dilakukan untuk masalah file yang tidak dapat di hapus adalah dengan merestart PC. Setelah merestart, cobalah kembali untuk menghapus file tersebut.

Jika file gagal terhapus berarti file tidak dapat diperbaiki pada saat restart. Langkah selanjutnya, buka Settings dan periksa update Windows anda. Jika ada, silahkan update system settings anda dan reboot PC akan memperbaiki masalah yang ada.

Terkadang permasalahnya adalah karena Windows Explorer yang merupakan aplikasi utama mengakses semua file system anda. Buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc dan cari Windows Explorer di tab Processes. Klik kanan padanya dan pilih End task. Setelah itu Restart sekali lagi untuk melihat apakah masalah masih berlanjut.



Memperbaiki Could Not Find this Item Menggunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt Windows untuk memperbaiki pesan error adalah metode yang paling mudah. Pastikan system Windows 10 anda telah diupdate untuk menghindari error Command Prompt.

Seperti yang ditunjukkan di gambar dibawah, anda dapat dengan mudah menemukan Command Prompt dari Search Windows dengan mengetik cmd dan pilih opsi  Run as administrator untuk membuka jendela.


Buka file/folder/ikon masalah dan copy path-nya. Anda harus menggunakan ini di command prompt Windows. Pastikan anda telah mengaktifkan copy-paste di aplikasi Command Prompt jika tidak anda harus mengetikkan seluruh path tersebut ke jendela Command Prompt.

Masukkan format perintah berikut dibawah ini ke jendela command prompt dan tekan Enter. Jangan lupa menggati dengan path file bermasalah anda.

cd file path-of-problem-file


Selanjutnya, masukkan perintah berikut dan tekan Enter. Ini akan memberi anda semua rincian file yang tersisa.

dir/A/X/P


Periksa path file kembali, dan anda dapat melihat bagian awalan yang ditampilkan secara jelas sebelum nama file/folder. Copy bagian yang dipilih. Untuk ini, gunakan Ctrl + A di seluruh jendela dan cukup lepaskan klik mouse untuk memilih hanya bagian yang diberikan. Anda juga dapat mengetiknya jika itu yang anda inginkan.


Pada baris berikutnya, paste path yang dicopy setelah perintah berikut dibawah ini yang menunjukkan file/folder yang harus diganti namanya. Beri nama file atau folder baru. Jangan biarkan nama baru kosong atau itu akan mengembalikan error syntax.

ren old-file-name new-file-name


File atau folder yang bermasalah telah berhasil diganti namanya lewat command prompt seperti yang ditunjukkan disini. Anda dapat dengan mudah memodifikasi propertiesnya setelah ini, dan bahkan menghapusnya secara permanen.


Menghapus File dari Safe Mode

Dalam kasus terburuk, jika file atau folder tidak dapat dihapus bahkan itu menggunakan metode Command prompt, maka anda selalu dapat menghapusnya dalam Safe Mode Windows 10. Ketik Advanced startup options di Search Windows dan klik pada hasil yang muncul. Dijendela Settings, klik opsi Restart now pada bagian Advanced Startup. Langkah ini akan meluncurkan safe mode dimana untuk menghapus file yang bermasalah menjadi lebih mudah. Saya memiliki artikel terperinci tentang Safe Mode Windows 10/11, jadi anda patut untuk membacanya.



Pada artikel ini, anda telah belajar cara memperbaiki masalah file/folder yang tidak dapat dihapus pada Windows 10 atau Windows 11 karena pesan error Could not find this item. Semoga menambah wawasan dan mengatasi permasalahan anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini jika metode ini memperbaiki masalah anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Could Not Find This Item Saat Menghapus File di Windows 10/11"