Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan dan Update Windows Subsystem for Linux di Windows 10/11

 


Windows Subsystem for Linux (WSL) memungkinkan pengembang menjalankan GNU/Linux environment, termasuk sebagian besar tools command line, utilitas, dan aplikasi langsung di Windows, tidak dimodifikasi, tanpa overhead virtual machine tradisional atau pengaturan dual boot.


Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana anda dapat menginstall Linux di Windows 10/11 dengan Windows Subsystem for Linux. Dan pada tutorial ini saya akan khususkan pada cara mengaktifkan atau menonaktifkan dan juga mengupdate fitur Windows Subsystem for Linux di Windows 10 atau Windows 11.


Pada tutorial ini saya akan menggunakan dua metode yaitu dengan menggunakan Windows Features dan juga menggunakan Windows PowerShell. Kedua metode dapat berjalan dengan baik, namun sangat disarankan untuk menggunakan metode PowerShell.



1. Aktifkan Windows Subsystem for Linux (WSL)


Menggunakan Windows Features

  • Buka Windows Features. Anda dapat mencarinya lewat Search Windows.


  • Dijendela Windows Features, temukan dan beri ceklist pada Windows Subsystem for Linux. Setelah itu klik OK. Anda mungkin membutuhkan waktu yang lama, jadi harap bersabar.


  • Jendela baru akan muncul. Klik Restart untuk menerapkan pengaturan.


  • Jika anda ingin mengupdate ke WSL 2, skrol kebawah untuk menemukan langkah-langkahnya.
  • Jika anda hanya ingin menggunakan WSL 1 (bukan WSL 2), maka langkahnya sudah selesai. Anda sekarang dapat menginstal dan mengatur aplikasi Linux distro dari Microsoft Store. Buka link di bagian awal artikel untuk cara install.



Menggunakan Windows PowerShell

  • Buka PowerShell dengan hak admin. Tekan Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) dari daftar.


  • Setelah powershell terbuka, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.
dism.exe /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Windows-Subsystem-Linux /all /norestart


  • Jika anda ingin mengupdate ke WSL 2, skrol kebawah untuk menemukan langkah-langkahnya.
  • Jika anda hanya ingin menggunakan WSL 1 (bukan WSL 2), maka Restart komputer anda untuk menerapkan,  menginstal serta setup aplikasi Linux distro dari Microsoft Store.


2. Nonaktifkan Windows Subsystem for Linux (WSL)


Menggunakan Windows Features
  • Buka Windows Features dengan mencarinya lewat Search Windows.
  • Di jendela Windows Features, hapus ceklist pada Windows Subsystem for Linux dan klik OK.


  • Seperti halnya mengaktifkan, menonaktifkannya juga membutuhkan waktu yang lama, jadi harap bersabar.
  • Setelah itu klik Restart untuk menyelesaikan perubahan yang diminta. Proses restart ini juga membutuhkan waktu.


Menggunakan Windows PowerShell
  • Buka PowerShell dengan hak admin. Tekan Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin).
  • Di jendela powershell, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.
Disable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux


  • Saat diminta untuk merestart komputer, ketik Y dan tekan Enter. Anda harus bersabar karena proses ini membutuhkan waktu.


3. Update Windows Subsystem for Linux (WSL) ke WSL 2

Windows Subsystem for Linux 2 (WSL 2) adalah versi baru arsitektur di WSL yang mengubah cara distribusi Linux berinteraksi dengan Windows. WSL 2 menggunakan teknologi virtualisasi terbaru dan terbaik untuk menjalankan kernel Linux di dalam virtual machine (VM). WSL 2 memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kinerja file system dan menambahkan kompatibilitas system secara penuh. Setiap Linux distribution dapat dijalankan sebagai WSL 1 atau WSL 2, dan dapat dialihkan kapan saja. WSL 2 adalah perombakan besar-besaran dari arsitektur yang mendasarinya dan menggunakan teknologi virtualisasi dan kernel Linux untuk mengaktifkan fitur-fitur barunya.

WSL 2 hanya tersedia di Windows 10 64-bit versi 1903 build 18362.1049 atau yang lebih tinggi, dan juga tersedia di Windows 10 versi 2004 build 19041 atau lebih tinggi untuk sistem ARM64.

Untuk melakukan update WSL ke WSL 2, kita akan menggunakan PowerShell.
  • Buka PowerShell dengan hak admin. Tekan Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin).
  • Jalankan perintah untuk mengaktifkan WSL. (Lihat cara mengaktifkan WSL dengan PowerShell).
  • Setelah menjalankan perintah untuk mengaktifkan WSL, masukan perintah berikut di bawah ini ke PowerShell dan tekan Enter untuk mengaktifkan fitur opsional Virtual Machine Platform.
dism.exe /online /enable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /all /norestart


  • Setelah itu Restart komputer anda untuk mendaftar.
  • Setelah restart, buka kembali PowerShell dengan hak admin.
  • Kemudian masukan perintah berikut di bawah ini ke PowerShell dan tekan Enter. Perintah ini akan mengatur WSL 2 sebagai versi default yang digunakan saat menginstal Linux distributions baru.
wsl --set-default-version 2
  • Anda kemudian mungkin melihat pesan "WSL 2 requires an update to its kernel component. For information please visit https://aka.ms/wsl2kernel" setelah menjalankan perintah di atas.


  • Jika demikian, silakan lihat link ini dan instal MSI dari link ini di dokumentasi Microsoft untuk menginstal kernel Linux di komputer anda agar WSL 2 dapat digunakan.
  • Setelah anda menginstal kernel, jalankan kembali perintah wsl --set-default-version 2 dan seharusnya berhasil diselesaikan tanpa menampilkan pesan tersebut lagi.



Update dari WSL ke WSL 2 mungkin memerlukan beberapa menit untuk menyelesaikannya tergantung pada ukuran distribusi yang anda targetkan. Jika anda menjalankan instalasi WSL yang lebih lama dari Windows 10 Anniversary Update atau Creators Update, maka anda mungkin mengalami error update. Hentikan prosesnya dan ikuti petunjuk di link ini untuk uninstall dan menghapus legacy distro apapun.

Setelah itu, anda sekarang dapat menginstal dan mengatur aplikasi Linux distro dari Microsoft Store yang akan menggunakan WSL 2 secara default.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan dan Update Windows Subsystem for Linux di Windows 10/11"