Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Features on Demand Windows 10/11 dan Cara Menginstallnya

 


Dalam artikel ini, saya akan membahas apa itu Features On Demand (FOD) Windows 10 atau Windows 11 dan mengapa beberapa pengguna (khususnya system Windows 10 atau Windows 11 yang dikelola melalui WSUS) mungkin tidak dapat mendownload dan menginstal FOD.



Apa itu Features On Demand Windows 10/11


Features On Demand Windows 10 atau Windows 11 adalah opsi fitur tambahan yang tersedia melalui Windows Update. Dowload ini memungkinkan organisasi untuk melakukan pra-konfigurasi software penginstalan Windows 10 dengan fitur-fitur ini sebelum penerapan. Download ini juga dapat digunakan untuk menginstal fitur dari media lokal.


Features on Demand (FOD) adalah feature package Windows yang dapat ditambahkan kapan saja. Fitur umum termasuk language resource seperti handwriting recognition atau pengenalan tulisan tangan atau fitur lain seperti .NET Framework (.NetFx3). Ketika Windows 10/11 atau Windows Server membutuhkan fitur baru, itu dapat meminta feature package dari Windows Update.


Tidak seperti Feature Pack sebelumnya, Features on Demand v2 dapat diterapkan ke beberapa build Windows dan dapat ditambahkan menggunakan DISM tanpa mengetahui nomor build. Selalu gunakan Features on Demand yang sesuai dengan arsitektur system operasi. Menambahkan Features on Demand pada arsitektur yang salah mungkin tidak langsung mengembalikan error, tetapi kemungkinan besar akan menyebabkan masalah fungsionalitas di system operasi.


Windows memiliki dua jenis Features on Demand:

  • FOD tanpa satellite package: FOD dengan semua language resource yang dikemas ke dalam package yang sama. FOD ini didistribusikan sebagai file .cab tunggal dan dapat ditambahkan menggunakan DISM /Add-Capability atau /Add-Package.
  • FOD dengan satellite package: Saat anda menginstal jenis FOD ini, hanya package yang berlaku untuk image Windows yang diinstal, yang mengurangi jejak disk. FOD ini didistribusikan sebagai kumpulan beberapa file .cab, tetapi diinstal dengan menentukan sebuah /capabilityname. Mereka hanya dapat ditambahkan menggunakan DISM /Add-Capability (dan bukan /Add-Package).



Features on Demand Windows Tidak Diinstal


Dimulai dengan Windows 10 versi 1809, Features on Demand dan language pack hanya dapat diinstal dari Windows Update dan tidak melalui WSUS.


Jika anda tidak dapat menginstal Features on Demand Windows 10 atau Windows 11, anda perlu mengonfigurasi Group Policy untuk langsung membuka Windows Update guna mendownload dan menginstall FOD.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk meluncurkan Group Policy Editor.


  • Di jendela Group Policy Editor, arahkan ke jalur berikut dibawah ini.


Computer Configuration - Administrative Templates - System

  • Gulir ke bawah pada panel kanan, kemudian temukan dan klik dobel pada Specify settings for optional component installation and component repair.


  • Kemudian klik tombol Enabled. (Baca penjelasan dan pengaturan lain dibawah sebelum mengklik OK).


Pengaturan kebijakan ini menentukan lokasi jaringan yang akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan system operasi dan untuk mengaktifkan fitur opsional yang file payloadnya telah dihapus.
 
Jika anda mengaktifkan pengaturan kebijakan ini dan menentukan lokasi baru, file di lokasi tersebut akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan system operasi dan untuk mengaktifkan fitur opsional yang file payloadnya telah dihapus. Anda harus memasukkan jalur yang sepenuhnya memenuhi syarat ke lokasi baru di kotak teks "Alternate source file path." Beberapa lokasi dapat ditentukan ketika setiap jalur dipisahkan oleh titik koma.
 
Lokasi jaringan dapat berupa folder atau file WIM. Jika ini adalah file WIM, lokasinya harus ditentukan dengan mengawali jalur dengan "wim:" dan menyertakan indeks image yang akan digunakan dalam file WIM. Misalnya "wim:\\server\share\install.wim:3."
 
Jika anda menonaktifkan atau tidak mengkonfigurasi pengaturan kebijakan ini, atau jika file yang diperlukan tidak dapat ditemukan di lokasi yang ditentukan dalam pengaturan kebijakan ini, file akan didownload dari Windows Update, jika itu diizinkan oleh pengaturan kebijakan untuk komputer.


Juga, atur seperti yang berikut ini pada bagian Options:

  • Alternate source file path: <biarkan kosong>
  • Never attempt to download payload from Windows Update: Hapus ceklist.
  • Download repair content and optional features directly from Windows Update instead of Windows Server Update Services (WSUS): Beri ceklist


  • Kemudian klik Apply dan OK.


Pengguna Windows 10 v1809 dan yang lebih baru sekarang harus dapat mendownload dan menginstall Features on Demand ini.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Features on Demand Windows 10/11 dan Cara Menginstallnya"