Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalankan VLC Melalui Command Prompt


Ada banyak hal yang dapat anda capai di VLC dengan menjalankannya melalui command prompt Windows 10 atau Windows 11. Dengan cara ini anda dapat menemukan kemampuan yang lebih yang tidak anda temukan di graphical user interface (GUI) VLC.

Panduan ini akan mendemonstrasikan cara menjalankan VLC dari command prompt Windows 10 atau Windows 11. Hal yang sama telah mencakup untuk Linux.

Contoh sederhana dan berguna tentang cara menjalankan VLC dalam headless mode ini akan dibahas disini. Ini berarti anda dapat dengan mudah mengoperasikan program tanpa GUI. Dengan mempelajari peretasan pintar ini, akan memungkinkan anda untuk dapat memutar video dari Internet seperti YouTube di VLC tanpa iklan atau interupsi.


Membuat VLC Bekerja dari Command Prompt Windows 10/11

Buka command prompt dengan hak admin. Ketik cmd di Search Windows dan klik kanan atau pilih Run as Administrator.

Agar VLC berfungsi dari command prompt Windows 10 atau Windows 11, anda perlu mengetahui lokasi tepatnya di komputer Windows. Anda biasanya akan menemukan jalurnya di Program Files, yang dapat dicopy dari klik kanan pada Properties.

Selanjutnya, masukkan kode berikut dibawah ini untuk mengubah direktori ke jalur folder VLC anda. Pastikan anda telah mengaktifkan copy-paste di Command prompt, jika tidak, anda perlu mengetikkan seluruh jalur folder.

cd C:\Program Files\VideoLAN\VLC

Kemudian masukkan juga kode berikut dibawah ini untuk mengambil daftar lengkap perintah VLC yang berlaku untuk pengguna Windows 10 atau Windows 11.

vlc --help


Perintah di atas akan menyimpan file notepad, vlc-help, di folder instalasi VLC.



Memainkan VLC dalam Headless Mode (Tanpa Antarmuka)

Saat anda membuka file notepad, anda akan dapat melihat daftar yang sangat panjang dari perintah VLC yang berguna. Mulai dari opsi pemutaran video hingga perekaman layar, menyimpan wallpaper video, mengelola tombol pintas, menambahkan plug-in, bookmark, dan masih banyak lagi.

Opsi pertama untuk melakukan streaming file di Windows 10 atau Windows 11 anda berdasarkan jalur file di baris perintah dipilih disini. Ini akan memutar video VLC anda dalam headless mode tanpa GUI. Sintaksnya seperti yang ditunjukkan dibawah ini.

file://path/file


Buka video target anda yang ingin anda streaming dalam headless mode. Copy jalurnya dari klik kanan pada Properties.


Copy-paste seluruh jalur sesuai sintaks di atas yang dicatat di menu bantuan VLC dan tekan Enter. Anda dapat menggunakan CLS terlebih dahulu untuk menghapus seluruh layar. Jangan lupa untuk memasukan ekstensi file di akhir sintaks.

Video sekarang akan diputar secara otomatis dalam headless mode tanpa aplikasi VLC menempati ruang ekstra di layar anda.


Headless mode dari command line adalah cara terbaik untuk memutar video di VLC anda dalam full-screen mode tanpa ada teks atau grafik yang mengganggu.



Memutar Video YouTube di VLC dalam Full-Screen Mode

Anda selanjutnya dapat memanfaatkan kemampuan headless mode untuk memutar video YouTube (atau video online lainnya) langsung dari VLC. Untuk ini, buka video online dan copy URL-nya, lalu paste seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

vlc https://online-video-url

Jika muncul jendela error maka tekan Clear dan tutup jendela tersebut. Anda kemudian dapat menekan tombol Play dibawah gambar thumbnail video di kiri bawah VLC. 

Video YouTube sekarang akan mulai diputar di aplikasi VLC anda, tetapi anda tidak ingin widget tersebut mengganggu pengalaman menonton anda. Jadi kita akan menggunakan perintah lain yang disebutkan dalam file notepad bantuan VLC sebelumnya untuk menghapus gangguan ini.


Lihat kode berikut dibawah ini untuk mengubah video YouTube VLC ke fulls-creen mode.

vlc https://online-video-url --fullscreen


Video YouTube sekarang dapat dilihat di VLC tanpa iklan, interupsi, atau aplikasi VLC yang mengganggu.



Headless mode di VLC dapat dihidupkan dan dimatikan sesuka hati. Anda juga dapat menyembunyikan kursor mouse dan pengontrol fulls-creen mode. Dengan kontrol pemutaran yang efektif, anda bertanggung jawab atas pengalaman VLC anda. Anda juga dapat mengkonvert file video dengan VLC atau bahkan menggunakannya untuk merekam layar Windows 10/11 anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menjalankan VLC Melalui Command Prompt"