Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Convert File Video dan Media Menggunakan VLC


VLC Media Player telah melakukan perubahan secara konsisten dan cukup baik untuk dirinya sendiri selama bertahun-tahun hingga menjadi salah satu media player pilihan utama di Windows, OS X dan Linux. Kunci dari kesuksesannya ini bukan hanya kesederhanaan dan kompatibilitasnya yang luas dengan format video tetapi juga kekayaan fitur-fiturnya yang kuat, seperti kemampuan untuk mentranskode (atau mengkonversi) video dari satu format ke format lainnya.

Disini saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara mengkonversi file video menggunakan VLC Media Player.

Catatan: Saya akan melalui proses ini pada system operasi Windows 10, tetapi sebagian besar langkah dibawah ini sama untuk Mac dan Linux.


Cara Convert Video dengan VLC

1. Langkah pertama adalah mendownload versi terbaru VLC Media Player atau jika sudah terinstall di komputer anda silahkan update ke versi terbaru.


2. Buka VLC jika anda sudah selesai menginstallnya. Setelah itu klik Media di kiri atas, lalu pilih  Convert/Save.


3. Di jendela Open Media di bawah tab File klik Add, lalu navigasikan ke video yang ingin anda konversi. Pilih file dan klik Open. Anda juga dapat menambahkan file subtitle di jendela ini jika anda suka atau menambahkan lebih banyak video ke daftar konversi dengan mengklik Add sekali lagi.


4. Saat anda telah memilih file, klik Convert/Save di bagian bawah.

5. Di jendela baru yang muncul pilih Convert dari menu Settings.


6. Jika anda mengonversi video yang direkam menggunakan kamera analog atau dalam format interlace seperti 720i atau 1080i, maka anda harus mememberi ceklist pada kotak Deinterlace jika anda ingin menontonnya di PC atau perangkat modern lain.

7. Jika video anda sudah dalam format deinterlace, atau dalam kasus yang tidak mungkin bahwa anda mengkonversi video anda untuk digunakan dengan TV CRT lama, maka anda tidak perlu deinterlace.

8. Selanjutnya, saatnya untuk memilih format convert video yang anda inginkan dengan menggunakan tombol dropdown Profil. VLC menyederhanakan segala sesuatunya dengan memberitahu anda format mana yang terbaik untuk iPhone, Android, TV, dan sebagainya.


9. Jika anda tidak yakin format mana yang akan dikonversi, opsi pertama, H.264 + MP3 (MP4), adalah opsi yang baik karena merupakan format yang paling universal untuk video anda. Jika anda ingin video anda dapat diputar melalui hard drive, stik USB yang terhubung ke TV dan sebagainya, maka ini adalah taruhan terbaik anda.

10. Jika anda tahu persis codec video dan audio mana yang ingin anda gunakan untuk video anda dan mereka tidak tercantum dalam opsi dropdown, anda dapat mengklik tombol Create a new profile di sebelah menu dropdown.


11. Di jendela Profil baru, anda dapat mengubah segalanya dari codec yang akan digunakan video, untuk bitrate, frame rate dan resolusi. Anda bahkan dapat menambahkan semua jenis filter ke codec video dan audio di bawah tab masing-masing. (Anda dapat melihat bagaimana ini terlihat sebelum mengubahnya dengan membuka video dan pergi ke Tools - Effects and Filters - Video Effects - Advanced).


12. Ketika anda selesai melakukan semua pengaturannya, klik Create untuk membuat profil baru anda, yang kemudian akan ditambahkan ke menu dropdown Profil.

13. Hal terakhir yang harus dilakukan di jendela Convert adalah memberi nama file output dalam kotak Destination file. Cukup klik Browse di sebelah kotak, navigasikan ke tempat anda ingin menyimpan video yang dikonversi, dan masukkan nama ke dalam kotak File name.


14. Terakhir, klik Start dan tunggu dengan sabar saat video anda dikonversi. Anda dapat memantau progresnya dengan melihat bar waktu warna biru di bagian bawah jendela VLC.



VLC benar-benar adalah sumur tanpa dasar dari software video. Fitur-fitur seperti di artikel ini sepenuhnya akan membenarkan tempatnya di bagian teratas dari berbagai tumpukan media player yang bertebaran. Anda dapat melihat DISINI fitur-fitur lainnya di VLC.

Sekian tutorial kali ini. Apakah anda memiliki fitur VLC teratas yang ingin anda bagikan dengan saya dan lainnya? Tinggalkan komentar anda dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Convert File Video dan Media Menggunakan VLC"