Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Suara di Ponsel Android Anda



Meskipun akhir-akhir ini semakin banyak orang yang beralih ke smartphone untuk mendengarkan musik, namun sebagian besar ponsel Android masih memiliki speaker yang kurang baik untuk memberikan audio yang berkualitas. Sebagai pengguna, anda dapat melakukan beberapa hal untuk memastikan handset anda mendapatkan kualitas suara dan volume yang lebih baik. Dan berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas suara di ponsel Android anda.



1. Waspadai Penempatan Speaker Ponsel Anda


Tergantung pada model ponsel anda, penempatan speaker bisa sangat berbeda. Sejumlah besar handset memiliki speaker di bagian bawah, tetapi ada Android di luar sana dengan speaker menghadap ke depan, sementara yang lain menampilkannya di bagian belakang ponsel di dekat bagian bawah.




Penting untuk mengetahui dimana letak speaker ponsel anda, jadi periksalah ponsel anda dengan cermat sampai anda dapat menemukan posisinya. Setelah anda menemukannya, posisikan telepon dengan cara yang tidak menghalangi lubang speaker sehingga memungkinkan suara mengalir tanpa batas dan dengan kualitas setinggi mungkin.


Selain itu, sebaiknya lepas casing pelindung apapun sebelum memutar musik anda. Ini akan memastikan bahwa suara yang keluar dari ponsel tidak terhalang.



2. Bersihkan Speaker


Membersihkan speaker ponsel anda adalah metode lain untuk menghindari penurunan kualitas suara. Yang paling efektif adalah menggunakan penyemprot udara untuk meniup partikel debu keluar dari lubang speaker. Sebagai alternatif yang lebih murah, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan noda yang mungkin masuk ke dalam lubang kecil.


Pembersihan speaker harus dilakukan secara teratur untuk memastikan speaker tetap dalam kondisi bersih.



3. Jelajahi Pengaturan Suara Ponsel Anda Lebih Mendalam


Tergantung pada ponsel anda, pabrikan anda mungkin telah memasukkan beberapa fitur kontrol audio tambahan.


Misalnya, pada Samsung Galaxy A50, beberapa opsi suara tingkat lanjut disertakan. Pengguna dapat mengaksesnya dengan membuka Settings - Sound and vibration - Sound quality and effects.




Disini anda akan menemukan fitur Equalizer dengan beberapa preset serta opsi untuk membuat preset kustom.




Selain itu, beberapa ponsel memiliki fitur Dolby Atmos yang dapat dihidupkan dan dimatikan. Perlu diingat bahwa opsi ini mungkin tidak ada di perangkat lain yang ditawarkan oleh produsen yang berbeda.



4. Dapatkan Aplikasi Volume Booster untuk Ponsel Anda


Masih belum puas dengan seberapa keras ponsel anda? Anda dapat memasang aplikasi penguat volume dari Google Play Store.


Salah satunya adalah Super Volume Booster. Ini adalah aplikasi sederhana namun efektif yang memberikan hasil yang jelas. Ini gratis untuk didownload dan digunakan, tetapi anda harus membayar biaya untuk menghapus iklan yang muncul di sana-sini.




Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa penggunaan aplikasi semacam ini dalam waktu lama mungkin memiliki efek berbahaya pada speaker anda, jadi sebaiknya anda menggunakan metode ini dengan sewajarnya.



5. Beralih ke Aplikasi Pemutaran Musik Lebih Baik dengan Equalizer Tertanam


Apakah anda menggunakan pemutar musik default ponsel anda saat memainkan playlist? Jika jawabannya ya, maka anda harus mencari aplikasi musik yang lebih baik, terutama yang memiliki fungsi equalizer yang disematkan.


Poweramp, misalnya, hadir dengan equalizer tertanamnya sendiri dan menawarkan fitur peningkatan suara yang cukup. Aplikasi ini menawarkan banyak hal lain, termasuk opsi pemutaran seperti pemutaran tanpa celah atau crossfade. Ini juga menghadirkan widget, tag pengeditan, dan banyak opsi penyesuaian lainnya.




Atau, anda dapat menginstal aplikasi equalizer mandiri. Misalnya, Music Volume EQ menawarkan equalizer musik lima band dan sembilan preset EQ untuk dipilih, serta efek bassbooster. Pengembang berjanji bahwa aplikasi akan berfungsi dengan baik dengan sebagian besar pemutar audio, jadi anda patut untuk mencobanya.





6. Mengutak-atik Pengaturan Aplikasi Streaming Musik Anda


Jika anda bukan tipe orang yang menyimpan perpustakaan musik di ponsel, ada cara untuk meningkatkan kualitas suara dengan aplikasi streaming musik anda.


Catatan: Saya menggunakan Spotify (Premium) untuk streaming musik, tetapi pengaturan serupa seharusnya tersedia di aplikasi alternatif seperti Apple Music atau YouTube Music Premium.


Di Spotify, buka Settings dan gulir ke bawah hingga anda menemukan opsi Volume level. Dari sana, anda dapat meningkatkan suara dari Normal ke Loud (Keras). Lanjutkan menggulir ke bawah hingga anda mencapai opsi Equalizer (di bagian Music Quality). Mulailah mengutak-atik slider untuk membuat konfigurasi yang menurut anda terdengar paling baik. Atau, anda dapat memilih dari salah satu preset.




Di bagian yang sama, anda juga dapat mengubah kualitas Streaming, yang diatur ke Otomatis. Aplikasi streaming musik seperti Spotify biasanya mengalirkan audio dengan kualitas paling rendah untuk melindungi pengguna yang memiliki paket data yang kecil. Namun, anda memiliki opsi untuk mengatur kualitas streaming ke Normal, High, atau Very High. Pastikan saja smartphone anda terhubung ke Wi-Fi sebelum anda mencoba mengubah pengaturan ini.



7. Gunakan Headphone


Cara mudah dan nyaman untuk meningkatkan suara di ponsel anda adalah dengan mencolokkan headphone anda. Headphone akan melakukan keajaiban untuk meningkatkan suara perangkat anda, sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh speaker saja bahkan dengan equalizer ekstra dan aplikasi penguat volume yang terpasang.




Untuk pengguna Samsung, anda kemudian dapat masuk kembali Settings - Sound and vibration - Sound quality and effects. Anda kemudian dapat mengaktifkan Dolby Atmos dan juga UHQ upscaler  untuk mengubah kualitas standart audio. Sementara anda juga dapat dapat menggunakan Adapt Sound untuk secara otomatis menyesuaikan volume suara dengan pendengaran anda.



8. Gunakan Speaker Eksternal


Jika anda tidak ingin memakai headphone, maka menghubungkan ponsel Android anda ke speaker Bluetooth atau menggunakan kabel jack audio adalah hal terbaik berikutnya yang dapat anda lakukan untuk memperkuat kemampuan audio smartphone anda.




Sekarang setelah anda mengetahui cara meningkatkan suara di Android anda, dan sekarang mungkin anda juga ingin mempelajari cara menampilkan kontrol musik di Quick Settings Android anda untuk mempermudah anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Suara di Ponsel Android Anda"