Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Kontrol Musik di Quick Settings Android


Android 11 Google yang akan datang akan menghadirkan serangkaian fitur baru yang menarik, diantaranya balon chat, notifikasi percakapan, Screen recorder, Akses Cepat Google Home, Kontrol permission/izin yang lebih baik, Select, Share dan Screenshot, termasuk memindahkan kontrol musik ke Quick Settings atau Pengaturan Cepat. Sejauh ini, tambahan baru hanya tersedia untuk pemilik perangkat tertentu yang sebelumnya terdaftar dalam program beta.

Kabar baik untuk fitur baru kontrol musik adalah anda tidak perlu menunggu hingga update Android 11 menghampiri ponsel anda, namun anda dapat memanfaatkan kontrol musik baru sekarang juga di ponsel Android anda dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.


Apa Itu Kontrol Media Baru di Android 11?

Android 11 mengubah cara kontrol media yang ditampilkan. Sampai sekarang, ini selalu muncul di tray notifikasi. Android 11 sekarang menawarkan opsi untuk memindahkan kontrol ke Quick Settings, sebagai cara untuk memberi ruang pada bagian notifikasi percakapan khusus yang baru.

Selain itu, kontrol baru memungkinkan pengguna melakukan transisi dari speaker ponsel ke speaker Bluetooth hanya dengan beberapa ketukan. Fitur ini sangat berguna dan sekarang anda dapat mencobanya sendiri, asalkan anda memiliki ponsel yang menjalankan Android 5.0 Lollipop atau yang lebih tinggi.


Cara Mendapatkan Kontrol Musik Baru Android 11 di Ponsel Anda

Download aplikasi Power Shade dari Google Play Store dan instal di perangkat anda. Luncurkan aplikasi dan pastikan untuk memberikan izin yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi. Ini termasuk Aksesibilitas dan Pemberitahuan. Abaikan opsi dual SIM jika anda tidak memiliki smartphone dengan dual SIM.


Segera setelah anda melakukannya, anda akan melihat bahwa Quick Settings anda memiliki tampilan baru. Sebagai permulaan, perubahan visual telah berubah dan tombol slider untuk kecerahan sekarang berada di bagian atas tampilan.

Sekarang kembali ke aplikasi dan periksa menu utama. Ketuk tab Extras di bagian bawah, gulir ke bawah dan periksa untuk melihat apakah tombol Integrate media players in quick settings telah aktif. Jika tidak, aktifkan kemudian kembali.



Memanfaatkan Kontrol Musik Baru

Buka aplikasi musik anda yang biasa (misalnya Spotify) dan putar sebuah lagu. Anda akan melihat bahwa kontrol media tidak lagi muncul di panel samping notifikasi. Sebaliknya, panel Quick Settings dengan skala kecil sekarang menampungnya. Seperti sebelumnya, anda akan dapat play, pause atau skip trek, sama seperti yang anda lakukan di format lama.


Kontrol media baru juga memungkinkan pengguna beralih dengan cepat antara speaker ponsel dan speaker Bluetooth lainnya. Untuk melakukannya, cukup geser ke bawah satu kali pada status bar anda untuk menampilkan Quick Settings baru anda.

Ada tombol tambahan di pojok kanan atas jendela berlabel Phone speaker. Ketuk di atasnya dan anda akan dapat memilih opsi untuk menghubungkan musik melalui perangkat lain. Ingatlah bahwa anda perlu menghubungkan speaker Bluetooth (atau perangkat output media lainnya) ke Android anda sebelum mencoba tindakan ini.


Bagi mereka yang menggunakan beberapa layanan streaming, kontrol baru ini memungkinkan anda untuk men-swipe ke kiri atau kanan untuk beralih.

Jika, karena alasan apapun, anda merasa ingin kembali ke cara lama dalam menampilkan kontrol media, anda dapat melakukannya dengan mudah. Matikan saja tombol Running di area menu utama aplikasi ke Not running.


Aplikasi Power Shade juga sangat berguna di area kustomisasi lainnya. Misalnya, anda dapat mengubah warna background di Quick settings atau memilih bentuk ikon yang berbeda untuk matikan. Sangat berharga untuk menggali lebih dalam.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menampilkan Kontrol Musik di Quick Settings Android"