Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konvert File Audio Menggunakan VLC Player


VLC adalah pemutar video paling populer di sebagian besar platform komputasi. Gratis, open source, dan terus diupdate untuk menawarkan salah satu pengalaman menonton video yang paling nyaman dan dapat disesuaikan. Itu juga dikemas dengan lusinan fitur yang jarang dikenal, salah satunya adalah kemampuan untuk mengonversi file audio dengan berbagai format.

Meskipun ini adalah pemutar video, orang-orang baik di VLC masih memikirkan audiophiles. Jadi saya akan menunjukkan kepada anda cara mengonversi file audio di VLC.


Konvert File Audio di VLC

Pertama, update terlebih dahulu ke versi terbaru VLC (Anda dapat melakukannya dari dalam aplikasi dengan membuka Help - Check for Updates, kemudian jalankan.


Setelah itu saatnya konvert file. Klik Media - Convert/Save.


Di jendela Open Media yang terbuka, di bawah tab File, klik Add.


Pilih file atau beberapa file yang ingin anda konvert. Anda dapat memilih file sebanyak yang anda suka dari satu folder dengan menahan tombol Ctrl atau Shift saat anda mengklik file. Setelah anda memilih semua file, klik Open, dan semuanya akan muncul di jendela Open Media.


Anda dapat terus menambahkan lebih banyak file untuk dikonvert dari folder yang berbeda dengan mengklik tombol Add.

Setelah anda mengumpulkan semua file yang ingin anda konvert, klik Convert/Save untuk dibawa ke jendela Convert.

Disini, anda dapat mengabaikan dua kotak ceklist untuk Display the output dan Deinterlace (yang berhubungan dengan file video). Yang paling penting adalah mengklik tombol drop-down dari Profile dan pergi ke bagian Audio untuk memilih format audio yang akan diubah, kemudian klik Start.



Buat Profil Konvert Anda Sendiri

Jika anda tidak menemukan format audio yang anda cari di menu drop-down atau ingin membuat file dengan parameter berbeda dengan preset, klik ikon paling kanan di sebelah menu drop-down Profile (Create a new profile).


Selanjutnya klik tab Audio codec. Beri nama profil baru di bagian atas, kemudian beri ceklist pada kotak Audio.


Sekarang anda dapat menentukan codec mana yang ingin anda ubah file audio anda (Saya memilih AAC untuk didemonstrasikan), bitrate yang ingin anda ubah, dan jumlah saluran output yang akan anda putar (2 untuk Stereo, 5 untuk 5.1 surround, dan lainnya). Sebaiknya atur Sample Rate ke 44100 Hz atau 48000 Hz untuk kualitas tingkat CD, tetapi tentu saja anda dapat menurunkannya jika anda mencari ukuran file yang lebih kecil.

Setelah selesai membuat profil anda sendiri, klik Create.

Ini akan membawa anda kembali ke jendela Convert dimana file anda yang belum dikonvert masih menunggu anda. Klik tombol drop-down dari Profile, pilih profil yang Aanda buat, kemudian klik Start.


VLC sekarang akan mengonvert file audio anda, dan menyimpannya di folder yang sama di sebelah file asli.


Jika anda ingin mengedit atau mengubah profil yang anda buat, cukup klik ikon kunci di sebelah tombol drop-down Profile di jendela Convert. Anda juga dapat menghapus profil dengan mengklik ikon delete.


Dan begitulah cara anda mengonvert file audio di VLC media player! Metode untuk mengonversi file video di VLC hampir sama, kecuali menggunakan file video tentunya, dan anda bahkan dapat mengkonversi video dan audio dari Internet dengan menggunakan tab Network di jendela Open Media.

VLC sekali lagi membuktikan bahwa ia berhak menjadi pemutar multimedia favorit untuk semua orang. Sekian artikel kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk membagikan pemikiran anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Konvert File Audio Menggunakan VLC Player"