Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konvert File DMG ke ISO

 


Format file ISO cukup banyak bercokol di dunia PC sebagai format yang digunakan untuk image disk CD/DVD. File ISO merupakan file dengan format standar dan tools untuk bekerja dengannya sudah tersedia untuk semua system operasi seperti Windows, Unix/Linux dan OS X.


Meskipun pengguna Mac dapat menggunakan format ISO di komputer mereka, namun sebagian besar software di OS X di distribusikan sebagai file DMG. Format file DMG memiliki beberapa keunggulan yang dapat diperdebatkan dibandingkan format ISO seperti enkripsi, kompresi, dan lainnya. Tetapi kenyataannya adalah bahwa seluruh dunia menggunakan ISO dan tidak ada cara mudah untuk menggunakan file DMG di dunia PC.


Anda kemungkinan akan menghadapi dilema ini anda memiliki file DMG namun harus burning ke DVD. Anda kemudian mencoba mencari solusi online untuk burning file DMG di Windows tetapi anda tidak dapat menemukan utilitas gratis apapun seperti AnyToISO atau Power ISO.



1. Convert dari Mac


Jadi, kali ini saya akan memberikan solusi logis untuk anda bagaimana mengkonversi file DMG ke ISO. Tools yang akan kita gunakan untuk konversi ini dilengkapi dengan Mac OS X dan merupakan utilitas command line sederhana.


Metode ini hanya berfungsi di Mac, jadi anda harus mengonversi file DMG ke ISO di Mac itu sendiri dan kemudian mentransfer dan menggunakan ISO yang dihasilkan di PC anda. Utilitas yang akan digunakan untuk tujuan tersebut adalah hdiutil dan perintah lengkapnya seperti dibawah ini.


hdiutil convert dmgfilename.dmg -format UDTO -o converted_iso

Di bawah ini adalah screenshot dari perintah yang saya gunakan untuk mengonversi file DMG ke ISO.



Perintah di atas akan membuat file dengan ekstensi .cdr yang merupakan singkatan dari master CD/DVD. Jika mau, anda dapat mengganti namanya dengan ekstensi .ISO dan seharusnya masih berfungsi dengan baik. Anda kemudian dapat mengcopy file tersebut ke komputer Windows atau Linux/Unix anda.

Anda sekarang dapat menggunakan Nero, cdrecord/wodim atau tools burning ISO bawaan OS untuk burning file ISO ini ke media apapun.


2. Convert dengan AnyToISO

Jika anda memiliki aplikasi AnyToISO maka anda dapat dengan mudah mengkonversi file DMG ke ISO dengan mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa klik dan menunggu hingga proses selesai. Harus anda ketahui bahwa, jika anda menggunakan aplikasi ini dengan versi gratis, maka anda tidak akan bisa mengkonversi file DMG ke ISO. Anda harus membelinya dengan harga $22.95 untuk dapat menggunakan semua fitur yang ada. 
  • Pertama, buka aplikasi AnyToISO dan klik Open image pada bagian Source image.


  • Setelah membuka file DMG, klik Convert! dan proses konversi akan berjalan. 


  • Tunggu proses konversi selesai dan tutup aplikasinya.



Anda kemudian dapat menggunakannya untuk menginstalnya di virtual machine anda atau menggunakannya untuk kepentingan lainnya. 


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara konvert file IMG ke ISO di Windows 10/11 atau cara konversi file ESD ke ISO di Windows.

Sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Konvert File DMG ke ISO"