Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Konversi File ESD ke ISO di Windows


Microsoft menggunakan format file ESD (Electronic Software Download) image untuk memasok upgrade Windows, update, dan komponen lainnya. Misalnya, Microsoft memungkinkan para pengembang mendownload versi Windows 10 terbaru dalam format ESD. Para pengembang kemudian dapat menggunakannya untuk menginstal atau meng-upgrade Windows. File ESD image sangat terkompresi dan dienkripsi. Dengan demikian, anda tidak dapat membukanya atau menggunakannya sebagai file ISO biasa. Sebelum anda dapat melakukan apapun, anda perlu mendekripsi dan mengekstrak konten.

Jika anda ingin membuat drive yang dapat di-boot, anda perlu membuat file ISO dari konten yang diekstrak. Ada beberapa tools gratis yang melakukan semua ini untuk anda hanya dengan beberapa klik. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengonversi ESD ke ISO di Windows 10.


Ubah ESD menjadi ISO Menggunakan ESD Toolkit (Command Line)

ESD Toolkit adalah command-line tools gratis dan portabel, meskipun, ia melakukan segalanya untuk anda secara otomatis, mis. dekripsi, ekstraksi, dan konversi. Yang harus anda lakukan adalah arahkan ke file ESD dan pilih opsi.

1. Pertama, download ESD Toolkit dan ekstrak isinya ke folder pilihan anda.

2. Memiliki file ESD image di folder yang sama dengan konten dari Toolkit ESD cukup membantu, jadi copy file ESD image ke folder ESD Toolkit.


3. Buka file ESD menggunakan ESD Toolkit. Untuk itu, drag dan drop file ESD ke file ESDISO.bat untuk membukanya.


4. Di jendela perintah ketik N dan tekan Enter.

5. Program akan bertanya apakah anda ingin menggunakan tujuan khusus untuk file ISO anda. Ketik N dan tekan Enter. Jika anda ingin menyimpan file ISO di beberapa lokasi lain, ketik Y dan atur lokasinya.

6. ESD Toolkit akan meminta anda memilih file ESD untuk dikonversi. Karena saya telah membuka program dengan file ESD, itu akan dicantumkan di jendela perintah. Ketik nomor yang terkait dengan file ESD dan tekan Enter. Dalam hal ini angka itu adalah 1.


7. Segera setelah anda memilih file, ESD Toolkit akan memulai proses konversi. Proses ini dapat berlangsung mulai dari lima belas hingga tiga puluh menit, tergantung pada system resources anda, jadi duduklah dan tunggu sampai selesai.


8. Setelah selesai, program akan ditutup. Anda dapat menemukan file ISO yang dikonversi dalam direktori yang sama dengan Perangkat ESD.


Anda sekarang dapat menggunakan file ISO untuk membuat CD / DVD atau drive USB Windows bootable.


Ubah ESD ke ISO Menggunakan NTLite (GUI)

Jika anda tidak suka menggunakan command-line tools, anda dapat menggunakan NTLite. NTLite adalah software yang kuat dan berisi banyak tool yang berbeda bersama dengan tool konversi ESD ke ISO.

1. Download NTLite, instal software seperti Windows lainnya, dan luncurkan. Sementara menginstalnya memberi anda pilihan untuk menginstal dalam mode portabel. Pilih opsi ini jika anda tidak ingin menginstal NTLite.


2. Saat anda meluncurkan aplikasi, aplikasi akan meminta anda untuk memilih lisensi. Untuk alasan ini, lisensi gratis berfungsi dengan baik, jadi pilih Free di bawah Options dan klik OK.


3. Drag dan drop file ESD ke program NTLite. Jika itu menunjukkan jendela peringatan, cukup klik tombol OK untuk melanjutkan.

4. Pilih Operating systems di bawah kategori Image History, dan klik opsi Convert - WIM (Standard, editable). Ini akan mendekripsi dan mengekstrak file ESD. Proses ini akan memakan waktu mulai dari lima belas hingga tiga puluh menit untuk diselesaikan, jadi duduklah dan tunggu sampai selesai.


5. Setelah dekripsi dan ekstraksi selesai, pilih folder yang diekstrak, dan klik tombol Create ISO.


6. NTLite akan menanyakan nama file ISO. Masukkan nama dan klik tombol OK. Anda dapat melihat lokasi tujuan di bawah bidang Label.


7. NTLite akan memulai proses pembuatan ISO. Diperlukan waktu sekitar dua hingga lima menit untuk menyelesaikannya.


8. Setelah selesai, file ISO akan secara otomatis disimpan ke tujuan yang ditunjukkan sebelumnya.


Hanya itu yang dapat anda lakukan. Semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda dalam penggunaan metode di atas untuk mengonversi File ESD ke ISO di Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Konversi File ESD ke ISO di Windows"