Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Error Snapshots were found, but they were outside of your allowed context


Beberapa software akan selalu membuat Shadow Copies secara konsisten. Ketika ruang penyimpanan anda mulai penuh, salah satu opsi yang mungkin anda tempuh adalah dengan menghapus Shadow Copies. Pada saat proses penghapusan Shadow Copies menggunakan perintah vssadmin dari driver tertentu, anda mungkin mendapatkan pesan error. Pesan error lengkapnya adalah sebagai berikut.

Error: Snapshots were found, but they were outside of your allowed context. Try removing them with the backup application which created them.


Error ini terjadi saat anda menjalankan perintah vssadmin delete shadows /For=D: dimana D adalah drive dimana shadow copiesnya akan dihapus untuk memulihkan ruang.


Kenapa Error Terjadi dan Cara Mengatasinya

Shadow Copies adalah snapshot tepat dari drive atau partisi yang dibuat oleh System Restore atau software pihak ketiga sehingga dapat digunakan untuk memulihkan file yang rusak. Namun, jika tidak dikelola dengan baik akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan anda.

Baris perintah Vssadmin memungkinkan anda mengelola shadow copies, tetapi mereka terbatas pada System Restore dan bukan aplikasi pihak ketiga atau backup system bawaan Windows. Jadi, saat anda menjalankan program dan menemukan shadow copies yang tidak termasuk dalam jendela, program akan melewatinya dan menghasilkan error ini.

Dalam contoh ini, masalahnya adalah Windows Backup. Pengaturan backup mingguan akan menyimpan semua backup partisi utama di drive D yang ada di hard disk lain. Pada drive ini System Restore untuk drive ini telah dimatikan dan karenanya tidak ada System Restore Shadow Copies yang ditemukan disini.

Jadi error itu nyata dan karena anda berencana untuk mendapatkan kembali ruang tersebut, satu-satunya cara adalah dengan menghapus salinan data lama atau mengatur konfigurasi sedemikian rupa sehingga secara otomatis menghapus Shadow Copies untuk Windows Backup.
  • Buka Control Panel. Anda dapat mencarinya di Start menu.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small atau Large Icons dan pilih Backup and Restore (Windows 7).

  • Kemudian klik Manage Space di bawah Backup.

  • Kemudian klik View backups.

  • Disini, cari backup dan pilih. Anda kemudian dapat menghapusnya dengan menekan Delete.


Anda juga dapat mengklik Change Settings di bawah bagian System Image dan kemudian memilih Let Windows manage the spaced used for backup history atau Keep only the latest image and minimize the spaced used by a backup. Anda akan mendapatkan perkiraan berapa banyak ruang yang akan kosong jika anda memilih untuk menyimpan hanya versi terbaru.


Demikian pula, jika anda menggunakan software backup pihak ketiga. Anda harus mengkonfigurasinya untuk mengosongkan ruang dan menghapus Shadow Copies tersebut.

Jika anda membackup menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka hapuslah backup tersebut menggunakan aplikasi tersebut karena file backup tersebut dibuat olehnya dan menjadi miliknya sehingga hanya dapat dihapus menggunakan aplikasi tersebut.

Jika anda mencoba untuk menghapus Shadows Copies dengan menemukan ID mereka menggunakan daftar Shadows Copies vssadmin dan kemudian menggunakan perintah vssadmin Delete Shadows /Shadow={ID}, maka itu akan menghasilkan error.

Saya harap artikel ini dapat menjelaskan mengapa anda menghadapi masalah ini dan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya ketika anda mendapatkan pesan eror seperti itu.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Mengatasi Error Snapshots were found, but they were outside of your allowed context"