Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghapus Volume Shadow Copies di Windows 10/11


Ruang penyimpanan yang semakin berkurang selalu menjadi masalah di Windows 10 atau Windows 11. Pengguna terus melaporkan tentang hilangnya ruang hard disk dan bahkan dengan pencarian ekstensif, menjadi tidak mungkin untuk menemukan apa yang menghabiskan ruang penyimpanan.

Keanehan yang mungkin kemudian anda temukan adalah di File Explorer menunjukkan bahwa ruang penyimpanan anda masih memiliki banyak ruang yang tersedia, tetapi ketika anda memeriksanya di Disk Management itu menunjukan bahwa penyimpanan anda telah penuh. Jika itu terjadi pada anda dan setelah memeriksanya anda tidak menemukan file lain yang menghabiskan ruang penyimpanan anda, maka itu bisa jadi karena Volume Shadow Copies.

Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukkan cara menghapus Volume Shadow Copies di Windows 10 dan membebaskan ruang penyimpanan anda.


Apa itu Volume Shadow Copy?

Volume Shadow Copy adalah fitur di Windows yang membuat shadow copy atau salinan bayangan dari volume disk. Ini adalah tools yang luar biasa bermanfaatnya jika anda ingin memulihkan file yang terhapus. Anda dapat membaca tutorial saya tentang cara mengembalikan file menggunakan Volume Shadow Copy.


Jika anda ingin melihat berapa banyak salinan yang anda miliki per drive, gunakan software Shadow Explorer. Ini adalah software gratis yang menawarkan tampilan File Explorer dan juga dapat menampilkan semua Shadow Copy. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengambil salinan file lama jika anda telah menghapus beberapa diantaranya.


Hapus Volume Shadow Copies di Windows 10/11

Mengapa Shadow Copies dapat mengakibatkan lebih banyak masalah, adalah karena file shadow copies yang tersisa. Beberapa software akan membuat shadow copies secara konsisten, namun terkadang setelah mereka membackup shadow copies ke tujuan, mereka gagal untuk menghapus salinan asli yang disimpan pada volume. Jika anda tidak membutuhkan lagi shadow copies ini, anda dapat menggunakan salah satu cara untuk menghapusnya.


1. Gunakan Perintah Vssadmin Delete Shadow Copies

Perintah ini menampilkan backup volume shadow copy saat ini dan semua penulis dan penyedia shadow copy yang diinstal. Anda dapat menambah, membuat, menghapus, bahkan menghapus penyedia services.

  • Buka Command Prompt dengan hak admin. Cari Command Prompt dengan Search Windows dan klik kanan atau pilih Run as administrator.
  • Jalankan perintah berikut dibawah ini, dimana J adalah drive letter dimana anda kehabisan ruang penyimpanan.



3. Batasi Ukuran System Restore

Jika System Restore diaktifkan untuk sebuah drive, maka ada persentase tertentu dari drive tersebut yang didedikasikan untuk System Restore. Ketika ukurannya melebihi itu, yang lama akan dihapus. Jika anda berada dalam kesulitan ruang, anda dapat memilih untuk menguranginya ke tingkat seminimal mungkin. Setelah anda melakukannya, semua shadow copies yang lama akan dihapus secara otomatis.

Untuk melakukannya, anda dapat membaca tutorial saya tentang cara menonaktifkan atau mengonfigurasi System Restore di Windows 10/11.


Pada saat melakukannya, anda dapat memperhatikan bahwa meskipun ukuran System Restore hanya 5%, namun itu bisa menjadi sebuah ukuran yang besar jika hard disk anda berkapasitas besar.


4. Gunaan Tools Disk Cleanup

  • Buka Disk Cleanup dengan hak admin. Anda dapat mencarinya di Start Menu atau lewat Search Windows, dan klik kanan atau pilih Run as administrator.
  • Pilih partisi yang ingin anda hapus shadow copies-nya dan klik OK.

  • Di jendela Disk Cleanup, alihkan ke tab More Options dan disitu anda akan temukan opsi System Restore and Shadow Copies.

  • Klik pada tombol Clean up untuk opsi tersebut dan ia akan menghapus semua shadow copies saat anda mengonfirmasinya dengan menekan Delete.

5. Periksa Konfigurasi Backup

Saat menggunakan software pihak ketiga, Shadow Copies ini juga dibackup. Jadi jika anda baru saja memulihkanatau merestore dari backup dan anda kehabisan ruang penyimpanan tanpa alasan, maka sebaiknya jalankan kembali perintah untuk menghapus shadow copies tersebut.

Meskipun demikian, anda mungkin juga ingin memeriksa apakah backup/restore software menawarkan opsi untuk melewati shadow copies. Ini juga akan membantu mengurangi ukuran backup secara keseluruhan.

Volume Shadow Copies sangat penting. Mereka menawarkan cara untuk memulihkan file yang berguna terutama saat anda tidak memiliki file instalan untuk software tertentu. Namun, ketika anda kehabisan ruang, maka artikel ini membantu anda untuk menghapus shadow copies. Pastikan untuk mengikuti metode diatas dengan menggunakan hak admin.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara menghapus Volume Shadow Copies di Windows 10/11"