Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Ketik Mundur Keyboard di Windows 10/11


Ini adalah kejadian langka. Masalah mengetik mundur sangat jarang terjadi pada keyboard PC. Namun demikian, banyak juga pengguna yang mengalami hal ini, jadi jika anda juga mengalaminya maka anda tidak sendiri. Selain tipe keyboard anda adalah mengetik mundur, anda mungkin juga melihat beberapa menu tertentu yang berputar ke arah kiri saat melayang.

Sering kali, ini adalah kesalahan aplikasi, tetapi bisa juga karena error yang terjadi pada Windows anda. Mengubah keyboard anda mungkin tidak memperbaikinya karena jarang menjadi alasan untuk masalah itu. Keyboard anda mungkin mengetik mundur karena salah satu alasan berikut.
  • Ini mungkin karena pengaturan keyboard yang salah konfigurasi.
  • Driver keyboard rusak atau out of date.
  • File system yang rusak.
  • Konfigurasi lokasi salah.


Dan inilah beberapa metode yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah mengetik mundur pada keyboard anda.


Keyboard Mengetik Mundur Dari Kanan ke Kiri

Ada begitu banyak tempat untuk memeriksa jika anda mengalami masalah ini. Dan cara yang lebih mudah untuk memperbaikinya jika ini adalah karena terjadinya error pada seluruh system. Anda dapat memeriksa salah satu metode di bawah ini untuk menyelesaikan masalah anda.


1. Restart PC Anda

Ini selalu menjadi solusi termudah dan pertama yang harus anda lakukan. Seringkali dengan merestart komputer dapat memperbaiki semua error yang terjadi pada PC anda. Namun bukan berarti anda akan selalu banyak mencoba merestart PC.

Arahkan ke Start menu dan gunakan opsi Restart. Jika anda menggunakan keyboard eksternal untuk mengetik, coba lepaskan kabel USB atau koneksi nirkabel jika anda menggunakannya, kemudian tunggu beberapa saat dan sambungkan kembali dan periksa apakah error masih berlanjut.


2. Hard Reboot PC Anda

Metode ini mirip dengan metode di atas, tetapi disini anda tidak akan mengizinkan proses penonaktifan secara penuh. Hard reboot PC adalah metode yang sangat baik untuk menyelesaikan banyak masalah internal di komputer anda.
  • Simpan dokumen atau data anda terlebih dahulu, kemudian tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik hingga komputer mati sepenuhnya.
  • Cabut kabel power, lepaskan semua periferal (termasuk keyboard) dan koneksi wireless, lalu cabut semua soket eksternal. Untuk laptop, lepaskan juga baterai dan tunggu sekitar 3 menit.
  • Setelah itu, hubungkan semua periferal penting, seperti keyboard dan mouse. Untuk laptop, sambungkan AC adaptor anda tetapi jangan masukkan baterai.
  • Sekarang booting system anda dan periksa apakah error masih terjadi.


3. Koreksi Region System Anda

Sebagian besar negara di dunia ini menulis dari kiri ke kanan. Jika keyboard anda mengetik mundur, system anda mungkin telah dikonfigurasi ke salah satu lokasi yang mengetik dari kanan ke kiri seperti Arabic.
  • Untuk mengatasi ini, buka Control Panel dari start menu dan pilih Clock and Region - Region.

  • Di jendela Region, pilih tab Administrative dan klik Change system locale.
  • Klik menu drop-down pada Current system locale dan ubah ke region anda atau yang penulisannya dari kiri ke kanan. Jika ragu, anda dapat memilih English untuk negara apa saja.

  • Setelah melakukan perubahan, coba periksa kembali apakah itu menyelesaikan masalah anda.


4. Jalankan Keyboard Troubleshooter

Anda dapat menggunakan troubleshooter untuk mengetahui dan memperbaiki masalah pada keyboard anda.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Gulir ke bawah dan klik Keyboard. Kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ikuti semua petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses perbaikannya.


Di Windows 11:
  • Tekan Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya temukan Keyboard dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Ikuti petunjuk di layar.



5. Ubah Arah Pengetikan Keyboard

Windows memungkinkan anda mengubah arah pengetikan sesuka hati anda. Anda dapat beralih dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri dengan beberapa tombol shortcut. Perubahan arah pengetikan pada keyboar anda terjadi mungkin karena anda telah menekan tombol kombinasi tanpa sengaja. Cobalah salah satu tombol shortcut berikut ini untuk kembali mengubah arah pngetikan.

  • Untuk dari kanan ke kiri, gunakan CTRL + SHIFT kanan
  • Untuk dari kiri ke kanan, gunakan CTRL + SHIFT kiri

Setelah menggunakan salah satu tombol kombinasi diatas, periksa apakah itu menyelesaikan masalah.


6. Reinstall Driver Keyboard Anda

Driver keyboard yang out of date atau salah di konfigurasi dapat menjadi penyebab masalah, salah satunya seperti yang kita bahas kali ini. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereinstall driver anda.
  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih dari daftar menu yang muncul.

  • Di jendela Device Manager perluas opsi Keyboard. Kemudian klik kanan pada Standard PS/2 keyboard (nama keyboard anda mungkin berbeda berdasarkan pabrikan anda) dan pilih Uninstall device.

  • Selanjutnya ikuti semua petunjuk di jendela baru yang muncul.
  • Kemudian Restart PC anda setelah selesai.


Driver keyboard anda akan di install secara otomatis setelah anda merestart PC, jadi anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi.

Periksa kembali, apakah keyboard anda kembali berfungsi dengan benar.


7. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot State

Anda dapat memecahkan masalah dalam Clean Boot untuk pemecahan masalah lebih lanjut secara manual. Clean Boot memulai system dengan driver minimal dan program startup. Ketika anda memulai komputer dengan Clean Boot, komputer dimulai dengan menggunakan sekumpulan minimal driver dan program startup yang telah dipilih sebelumnya, dan karena komputer dimulai dengan sekumpulan driver minimal, beberapa program mungkin tidak bekerja seperti yang anda harapkan.


Troubleshoot di Clean Boot dirancang untuk mengisolasi masalah kinerja. Untuk menggunakan Troubleshoot di Clean Boot, anda harus menonaktifkan atau mengaktifkan sebuah proses dalam satu waktu, dan kemudian merestart komputer setelah. 

Setelah anda menggunakan Troubleshoot di Clean Boot dan masalah anda hilang, maka anda tahu bahwa salah satu proses disebuah aplikasi yang menyebabkan masalah ini. Anda akan dapat menemukan proses atau Service yang menimbulkan masalah untuk Keyboard anda.

Semoga salah satu metode diatas bekerja untuk anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga membentu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Ketik Mundur Keyboard di Windows 10/11"