Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blok Install Ekstensi di Browser Edge


Pada saat Anniversary update untuk Windows, Microsoft menambahkan dukungan untuk ekstensi di browser Edge. Anda sekarang dapat menginstal ekstensi langsung dari Microsoft Store atau dengan mengklik opsi Extensions di menu utama browser Edge. Namun, jika anda berbagi komputer dengan orang lain dan tidak ingin mereka menginstall ekstensi yang tidak diperlukan, anda dapat menonaktifkan dan memblokir dukungan ekstensi di browser Edge.


Nonaktifkan Dukungan Ekstensi di Edge dengan Group Policy

Karena browser Edge tidak mengizinkan penonaktifan dukungan ekstensi secara langsung, kita harus menggunakan Group Policy Editor. Jadi ikuti langkah dibawah ini. Untuk Windows edisi Home, lewati metode ini dan gunakan metode lainnya dibawah ini.
  • Untuk membuka Group Policy Editor, tekan Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter. Anda juga dapat mencarinya di Start menu.

  • Di Group Policy Editor arahkan ke lokasi berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Microsoft Edge

  • Kemudian di panel kanan, temukan opsi Allow Extensions dan klik dobel di atasnya.

  • Tindakan di atas akan membuka jendela properties kebijakan. Disni pilih Disabled, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

  • Untuk membuat perubahan kebijakan berlaku, anda harus memaksa system untuk memperbarui pengaturan tersebut atau merestart system anda. Jika anda ingin memaksa system memperbarui pengaturan tanpa merestart, maka buka Command Prompt dengan hak admin dan jalankan perintah berikut dibawah ini.
gpupdate.exe /force


Setelah anda selesai dengan itu, anda tidak dapat lagi menginstal ekstensi di browser Edge. Faktanya, jika anda membuka menu Settings di browser Edge, anda akan melihat opsi Extensions berwarna abu-abu dan tidak lagi aktif.


Jika anda ingin mengaktifkan dukungan ekstensi di masa mendatang, kembali ke Group Policy Editor dan pilih opsi Enabled di jendela properties kebijakan.


Nonaktifkan Dukungan Ekstensi di Edge dengan Metode Registry

Jika anda menggunakan Windows 10 edisi Home, maka anda tidak memiliki akses ke Group Policy Editor. Anda dapat memperoleh hasil yang sama dengan metode Registry Editor. Sebagai peringatan standar, buat backup Registry Windows sebelum melakukan perubahan apapun. Setelah itu baru anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, ketik regedit dan tekan Enter. Atau anda dapat mencarinya di Start Menu.

  • Setelah Registry Editor dibuka, navigasikan ke lokasi berikut di bawah ini. Anda juga dapat mengcopy dan mempaste jalur dibawah ke address bar untuk navigasi ke lokasi yang lebih cepat.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft

  • Disini, klik kanan pada tombol Microsoft dan pilih opsi New - Key. Kemudian beri nama key baru dengan MicrosoftEdge.

  • Sekali lagi, klik kanan pada key yang baru dibuat (MicrosoftEdge) dan pilih opsi New -  Key dan beri nama Extensions.

  • Sekarang, lihat di panel kanan. Klik kanan pada ruang kosong dan pilih opsi New - DWORD (32-bit) Value. Kemudian beri nama value baru dengan ExtensionsEnabled.

  • Setelah membuat value, klik dobel padanya dan masukan value datanya dengan 0 (nol), kemudian klik OK dan tutup Windows Registry.


Anda telah berhasil menonaktifkan dukungan ekstensi di browser Edge. Jika anda ingin mengaktifkan dukungan ekstensi di masa mendatang, cukup ubah value data di ExtensionsEnabled dari 0 menjadi 1.

Anda juga kemudian dapat memblok browser Edge yang berjalan di background dan juga dapat mengembalikan Edge Favorit setelah mereset Windows 10/11. Jadi baca tutorial saya untuk menerapkannya di Windows anda.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda terkait penggunaan metode di atas untuk menonaktifkan dukungan ekstensi di browser Edge. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Blok Install Ekstensi di Browser Edge"