Widget HTML Atas

Masalah Microsoft Outlook dan Cara Mengatasinya


Microsoft Outlook, meskipun populer namun bukanlah sebuah tool email yang sempurna. Ada banyak masalah umum yang dihadapi pengguna yang dapat merusak pengalaman dalam penggunaannya. Berikut adalah daftar masalah umum Microsoft Outlook dan cara pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah yang ada.

Catatan: Karena berbagai versi Outlook di pasar, ada pendekatan berbeda untuk menyelesaikan masalah umum ini. Solusi yang ada disini berfungsi paling baik dengan Outlook 2016 atau yang lebih baru.



1. Error Saat Send/Receive Outlook

Error yang terjadi saat mengirim/menerima Outlook adalah masalah yang mengganggu paling umum yang telah dilaporkan oleh banyak pengguna. Menurut website Microsoft Support, ada banyak solusi. Saya akan membahas yang paling berguna di bawah ini. Tetapi sebelum itu, periksa solusi berikut terlebih dahulu, yang lebih mudah dan akan memperbaiki error dalam banyak kasus.
  • Pastikan anda terhubung ke Internet.
  • Bersihkan semua pesan yang stuck di Outbox anda.
  • Pastikan pengaturan email Outlook anda sudah benar.

Jika solusi sederhana diatas tidak berhasil, sebaiknya anda melanjutkan ke salah satu metode berikut ini.

Solusi 1: Gunakan Microsoft Outlook Inbox Repair Tool

  • Buka Control Panel dari Start menu Windows 10 dan ubah View by di kanan atas menjadi Small icon. Anda akan dapat melihat tab File Explorer Options. Klik untuk membuka jendela baru.

  • Klik tab View dan beri ceklist pada Show hidden files, folders, and drives.

  • Sekarang klik Search Windows, masukan Scanpst.exe dan klik pada hasil. Ini akan mengarah ke tool Inbox Repair. Klik Start untuk memperbaiki Outlook client. Ini akan menangani masalah Send/Receive dan banyak masalah terkait error lainnya.



Solusi 2: Buka Microsoft Outlook dalam Safe Mode

Cara lain untuk memperbaiki error Send/Receive adalah dengan membuka Microsoft Outlook dalam Safe Mode. Ini akan membantu melewati semua bug di klien yang tidak akan hilang sebelum restart/ update berikutnya.

  • Buka Search Windows dan masukkan outlook.exe /safe kemudian klik. Ini akan meluncurkan Outlook dalam safe mode, yang merupakan klien Outlook yang lebih lama.

  • Klik Show Progress dan Download Preferences. Anda dapat memilih untuk mendownload header dan kemudian full item. Error Send/Receive harus diselesaikan dengan langkah ini.


Solusi 3: Hentikan dan Restart Aplikasi Outlook

  • Sebagai upaya terakhir, anda dapat membuka Search Windows dan mencari Apps & Features.
  • Pilih Mail and Calendar di panel kanan. Kemudian klik Advanced Options dan di halaman selanjutnya klik Terminate dan Reset aplikasi.

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, tidak ada metode berikut yang berfungsi, lanjutkan ke Langkah 5, yang merupakan pendekatan terbaru Microsoft untuk membuat Outlook bebas dari error.


2. Tidak Dapat Membuka Jendela Outlook / Outlook Tidak Akan Terbuka

Ini adalah kesalahan umum yang menunjukkan file data tempat semua informasi Outlook disimpan tidak dapat dibuka. Masalahnya bisa diperbaiki hanya dengan memulai ulang Outlook dalam safe mode (lihat solusi di atas).

Metode lainnya adalah dengan menggunakan reset navigation pane, sebuah fitur yang mereset pengaturan panel navigasi ke pengaturan default. Ini efektif dalam melakukan start yang bersih ke Outlook client.

Masukkan outlook.exe /resetnavpane di Search Windows untuk mereset panel navigasi.


Anda juga dapat menutup tampilan jendela Taskbar dari file Outlook.exe menggunakan Ctrl + Alt + Del sederhana. Jika Anda berhasil memulai ulang, masalah akan teratasi.


3. Ukuran File PST Meningkat

Jika anda sering menggunakan Outlook, anda mungkin telah mengumpulkan banyak sekali email. Hal ini menyebabkan penurunan Outlook, karena email client harus memproses file PST yang lebih besar.


  • Untuk memperbaiki masalah ini di Outlook 2016 dan yang lebih baru, buka File - Account Settings - Account Settings.

  • Setelah jendela Account Settings terbuka, buka Data Files - Settings. Klik Outlook Data File Settings di tab Advanced, kemudian Compact now. Dalam waktu singkat, ukuran PST akan kembali normal.



4. Outlook Lemot karena Aplikasi Add-in

Seringkali, tanpa sepengetahuan kita, kita menginstal banyak program tambahan ke Outlook yang menyebabkan masalah perlambatan. Jika anda tidak memerlukan add-in, anda dapat dengan mudah menghapusnya untuk memastikan jendela pesan tidak berantakan dan email terbuka dengan cepat.


  • Buka File - Options, yang akan membuka jendela baru untuk task yang berhubungan dengan Outlook.

  • Navigasikan ke menu add-in di panel sebelah kiri. Disini anda dapat melihat daftar semua add-in yang aktif, tidak aktif, dan dinonaktifkan. Lihat di bagian bawah jendela ke Manage - COM Add-ins dan klik Go....

  • Di kotak dialog yang terbuka, anda dapat menghapus add-in yang tidak perlu dengan memberi ceklist pada masing-masingnya dan mengklik Remove. Di sisi lain, jika anda tidak memberi ceklist pada item apapun, item tersebut akan menjadi tidak aktif dan tidak akan muncul saat memulai Outlook client.



5. Outlook Sering Mengalami Crash

Meskipun Outlook 2019 jauh lebih jarang dari Outlook 2016, crash ini terkadang muncul, membuat jendela Outlook tiba-tiba crash dan memaksa anda untuk memulai ulang Outlook. Untuk mengatasi masalah crash Outlook, Microsoft baru-baru ini memperkenalkan solusi satu jendela yang sangat baik yang diharapkan dapat diperluas untuk semua kemungkinan masalah Outlook.



  • Setelah diinstal, tools tersebut akan menjalankan serangkaian pemeriksaan diagnostik dan kemudian mengembalikan beberapa solusi yang mungkin untuk anda coba untuk memperbaiki masalah konektivitas Outlook.

  • Pilih Outlook di antara aplikasi yang bermasalah dan klik Next.

  • Pilih Outlook keeps crashing... dari menu. Pada langkah berikutnya, anda harus mengautentikasi akun Outlook anda dengan kredensial Microsoft.

  • Ikuti beberapa langkah berikutnya, dan Outlook akan menyelesaikan semua masalah yang menyebabkan crash.

Tools yang sama dapat digunakan untuk banyak masalah lainnya termasuk:

  • Masalah Outlook Calendar apapun.
  • Outlook terus menerus meminta password.
  • Outlook terus mencoba untuk menyambungkan atau terputus.

Semua masalah ini jarang ditemui jika anda memiliki atau mengunakan Outlook 2016 atau versi yang lebih baru. Jika akun Outlook anda di blokir, anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara memulihkan akun Outlook atau Microsoft yang di blokir.

Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Masalah Microsoft Outlook dan Cara Mengatasinya"