Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Windows 10/11 installation has failed


Jika anda mendapatkan pesan error Windows 10/11 installation has failed saat gagal menginstal Windows 10 atau Windows 11 di komputer anda saat mengupgrade ke versi Windows 10 atau Windows 11 yang lebih baru atau saat mengupgradenya dari Windows 7/8 / 8.1, maka anda dapat mencoba saran saya dibawah ini  untuk menyelesaikan masalah secara efektif.


Penyebab umun yang menyebabkan anda mendapatkan pesan error ini karena beberapa faktor berikut:
  • Beberapa file terkadang dicopy dua kali selama penginstalan karena bug di Windows Media Creator.
  • File mungkin memiliki ekstensi yang tidak sesuai.
  • Masalah dengan Boot Manager yang dapat menyebabkan masalah jadi coba di reset.
  • Services atau program dapat menyebabkan masalah tersebut muncul.

Catatan : Khusus untuk Windows 10, jika anda mengalami masalah saat update dari versi 1903, ada baiknya anda membaca tutorial saya tentang cara memperbaiki gagal instal saat update Windows 10 versi 1903 sebelum anda melanjutkan dengan solusi dibawah ini.


Memperbaiki Windows 10/11 Installation Has Failed

Jika anda dihadapkan pada masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu untuk menyelesaikan masalah anda.


1. Persyaratan Install Windows 10/11

Ini munkin sebuah masalah yang sepele.  Namun kebanyakan pengguna yang awam tidak memperhatikan persyaratan dasar untuk menginstal sebuah program ataupun OS. Jika komputer anda tidak mempunyai persyaratan ini, apapun itu jika tidak di penuhi pasti akan mengalami kegagalan atau error, apalagi sekelas OS.

Dan inilah persyaratan menginstall Windows 10:

Processor

1 gigahertz (GHz) atau yang lebih cepat dan kompatibel

RAM

1 GB untuk 32-bit dan 2 GB untuk 64-bit

Hard drive size

32 GB atau lebih besar hard disk

Graphics card

Compatible dengan DirectX 9 atau lebih baru dengan WDDM 1.0 driver

Display

800×600

Internet Connection

Konektivitas internet diperlukan untuk melakukan update dan mendownload serta memanfaatkan beberapa fitur. Windows 10 Pro dalam S mode, Windows 10 Pro Education dalam S mode , Windows 10 Education dalam S mode, dan Windows 10 Enterprise dalam S mode memerlukan koneksi internet selama penyiapan perangkat awal, serta akun Microsoft (MSA) atau akun Azure Activity Directory (AAD). Mengalihkan perangkat dari Windows 10 dalam S mode juga membutuhkan koneksi internet.


Sementara persyaratan untuk menginstall Windows 11 adalah sebagai berikut:

Processor

1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)

RAM

4 gigabyte (GB)

Storage

64 GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar

Firmware System

UEFI, Secure Boot mampu

TPM

Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0

Graphics Card

Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0

Display

Display High definition (720p) yang lebih besar dari 9 inci, 8 bit per colour channel

Koneksi internet dan Microsoft account

Edisi Windows 11 Home memerlukan konektivitas internet dan Microsoft account untuk menyelesaikan penyiapan perangkat pada penggunaan pertama.
 
Mengalihkan perangkat dari Windows 11 Home dalam S mode juga memerlukan konektivitas internet.
 
Untuk semua edisi Windows 11, akses internet diperlukan untuk melakukan update dan mendownload serta memanfaatkan beberapa fitur. Microsoft account diperlukan untuk beberapa fitur.


Jika system anda memenuhi persyaratan minimum tetapi anda masih mengalami error, anda dapat mencoba solusi berikutnya.


2. Uninstall Language Pack

Jika Windows anda sebelumnya memiliki language pack yang tidak sama dengan language pack yang ada dalam instalasi Windows 10 atau Windows 11, anda akan mengalami error ini. Dalam hal ini, anda dapat mencoba mengubah region/wilayah dan menguninstall language pack. Setelah itu, anda dapat memulai kembali proses upgrade dan mencari penyelesaiannya.



3. Hapus atribut folder instalasi $WINDOWS.~BT

Dalam kasus tertentu, penginstal Windows 10 mencoba untuk overwrite (copy) file instalasi dalam folder bernama $WINDOWS.~BT pada local disk anda. Ini mungkin terjadi karena installer mencoba mengcopy file dua kali berturut-turut tetapi gagal melakukannya dan melaporkan error.


Untuk menghapus atribut folder instalasi $WINDOWS.~BT, lakukan hal berikut:
  • Mulai menginstal Windows 10 atau Windows 11 seperti biasa dan arahkan ke layar terakhir, tepat sebelum anda mulai menginstall. Layar harus menunjukkan apa yang akan diinstal dan pengaturan apa yang telah anda pilih untuk digunakan.
  • Minimalkan installer dan buka File Explorer dengan membuka folder dan menavigasi ke Local Disk C.
  • Cobalah untuk mencari folder bernama $WINDOWS.~BT dari Local Disk.
  • Jika anda tidak dapat melihat folder $WINDOWS.~BT, anda harus menampilkan file tersembunyi (View - beri ceklist di Hidden items).
  • Klik kanan pada folder yang bermasalah dan klik opsi Properties dari menu konteks.
  • Tetap di tab General dan pada bagian Attributes di bagian bawah, hilangkan tanda pada kotak opsi Read-only dan lanjutkan dengan klik Apply dan OK.

Setelah melakukan hal diatas, lanjutkan dengan menginstall Windows anda dan lihat apakah masalah masih muncul saat menjalankan instalasi.


4. Lepaskan Semua Perangkat Yang Terhubung ke PC

Perangkat lama seperti printer lama anda dapat menyebabkan error saat proses penginstalan Windows 10 atau Windows 11. Dalam hal ini, memutuskan semua perangkat periferal dan tetap hanya dengan yang penting dapat mengatasi masalah ini. Setelah anda selesai mengupgrade versi Windows anda, anda dapat menghubungkannya kembali dan akan terpasang secara otomatis.


5. Ubah nama file install.esd

Tampaknya ada bug terkait Windows Media Creation yang mengganti nama file berbeda sehingga harus dinamai. Error muncul saat anda mencoba menginstal dengan DVD karena sebuah file bernama install.esd sebagai lawan dari install.wim yang akan menyebabkan instalasi berjalan lancar. Dalam solusi ini, anda perlu mengganti nama file install.esd.


  • Mulai install Windows 10 atau Windows 11 seperti biasa dan arahkan ke layar terakhir, tepat sebelum anda mulai menginstall. Layar harus menunjukkan apa yang akan diinstal dan pengaturan apa yang telah anda pilih untuk digunakan.
  • Minimalkan instaler dan buka File Explorer dengan membuka folder dan menavigasi ke disk tempat anda memasukkan media instalasi (USB atau DVD).
  • Klik dobel dan buka folder sumber yang terletak di dalamnya.
  • Temukan file bernama install.esd, kemudian klik kanan padanya dan pilih Rename.
  • Ubah ekstensinya dari .esd ke .wim.

Setelah melakukan langkah diatas, lanjutkan dengan menginstal Windows, dan lihat apakah error masih terus berlanjut.


6. Rebuild BCD

Solusi ini mengharuskan anda untuk rebuild Boot Configuration Data (BCD) dan melihat apakah instalasi Windows 10 atau Windows 11 berhasil atau kembali gagal. Pada solusi ini, seharusnya error akan diselesaikan.



7. Clean install Windows 10/11

Karena anda mengalami masalah ini menggunakan Update Assistant atau langsung menjalankan pengaturan dari dalam Windows 10 atau Windows 11 ISO yang terpasang, solusi ini mengharuskan anda untuk clean install Windows 10 atau Windows 11 sebagai gantinya. Ini adalah solusi terakhir dan harus menyelesaikan masalah. Jika gagal, anda harus membaca solusi yang pertama.


Seperti yang telah di jelaskan pada awal artikel, error ini muncul karena beberapa alasan. Anda kemudian dapat mencoba memecahkannya dengan mengikuti solusi yang menurut anda sebagai sumber permasalahannya. Dan semoga itu bisa menyelesaikan permasalahan anda.

Sekian tutorial kali ini. semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Windows 10/11 installation has failed"