Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memeriksa Aplikasi Yang Menggunakan Graphic Card (GPU) Anda di Windows 10/11


Salah satu fitur yang tersembunyi dalam Windows 10 atau Windows 11 adalah kemampuan untuk memeriksa aplikasi mana yang menggunakan graphic card (GPU) anda dan seberapa banyak dari masing-masing aplikasi tersebut menggunakannya. Jika anda pernah menggunakan Task Manager untuk melihat penggunaan CPU anda, anda akan tahu betapa bergunanya untuk melihat aplikasi mana yang memonopoli prosesor. Pada update 2018 untuk Windows 10 telah ditambahkan fungsi yang sama tetapi untuk GPU sebagai gantinya. Ini berguna untuk melihat seberapa intensif software dan game anda pada GPU anda tanpa perlu mendownload aplikasi pihak ketiga.


Bisakah Anda Menggunakannya?

Sayangnya, tidak semua graphic card dapat memberikan statistik yang dibutuhkan Windows untuk membaca penggunaan GPU per aplikasi. Untuk memastikan langkah-langkah berikut benar-benar berlaku untuk anda, anda dapat dengan cepat menggunakan DirectX Diagnostics Tool untuk memastikan GPU anda memiliki teknologi untuk melakukan tindakan ini.

Untuk melakukan ini, klik Search pada taskbar kemudian ketik dxdiag dan klik Open pada hasil yang muncul. Anda juga dapat mencarinya di Start Menu.


Setelah DirectX Diagnostics Tool terbuka, klik tab Display.

Di kanan bawah Drivers cari Driver Model. Jika tertulis WDDM dan angka yang sama dengan atau lebih besar dari 2.0, selamat! Anda dapat melihat penggunaan GPU dalam Windows 10.



Membuka Task Manager

Untuk melihat penggunaan GPU per aplikasi, anda harus membuka Task Manager. Jika anda tidak tahu cara mencapainya, anda dapat mengaksesnya dengan menekan Ctrl + Shift + ESC secara bersamaan. Jika kombinasi tombol melewati pikiran anda, anda juga dapat mengklik kanan tombol Start dan klik Task Manager.


Melihat Penggunaan Per Aplikasi

Anda akan melihat Task Manager dengan semua aplikasi dan statistiknya. Anda mungkin belum melihat statistik GPU; jika anda tidak bisa, klik kanan pada kategori di atas dan pastikan GPU diberi ceklist. Anda juga dapat memberi ceklist pada GPU engine jika anda ingin info tentang GPU mana yang sedang digunakan.


Setelah diberi ceklist, gulir ke kanan atau perbesar Task Manager untuk melihat penggunaan GPU. Sama seperti penggunaan CPU, setiap aplikasi terdaftar dengan persentase dari berapa banyak GPU yang digunakan aplikasi. Ini membuat cara cepat dan mudah untuk melihat seberapa keras spesifik aplikasi pada prosesor grafis anda.



Melihat Total Penggunaan

Meskipun melihat setiap penggunaan aplikasi adalah hal yang mudah, anda mungkin ingin memantau keseluruhan penggunaan pada GPU anda untuk melihat bagaimana itu bertahan dengan tekanan yang anda berikan. Dalam hal ini anda dapat melihat semua yang anda butuhkan di tab Performance.


Ketika anda mengklik ini, anda dapat melihat ringkasan keseluruhan untuk hardware anda, termasuk GPU. Jika anda mengklik GPU di sebelah kiri, anda dapat melihat semua detail.

Setiap elemen dari prosesor grafis dibagi menjadi beberapa grafik untuk memberi anda lebih banyak wawasan tentang bagaimana GPU anda digunakan. Jika anda ingin mengubah apa yang sedang ditampilkan, anda dapat mengklik panah kecil di sebelah nama setiap task.


Layar ini juga menunjukkan kepada anda versi dan tanggal driver anda, yang merupakan alternatif yang baik dari menggunakan DXDiag atau Device Manager.

Jika anda menjalankan versi terbaru Windows 10 atau Windows 11 dan GPU anda dapat menanganinya, sekarang anda dapat melihat penggunaan GPU langsung dari task manager. Ini membuat cara yang cepat dan nyaman untuk melihat bagaimana GPU anda digunakan.

Apakah dengan penambahan fitur ini di Windows 10 atau Windows 11 membuat hidup anda sedikit lebih mudah? Tinggalkan komentar anda di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memeriksa Aplikasi Yang Menggunakan Graphic Card (GPU) Anda di Windows 10/11"