Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Symbolic Link (Symlink) di Windows 10/11


Symlinks atau Symbolic Link adalah salah satu fitur yang kurang dikenal namun berguna di Windows. Anda dapat menganggap symbolic links sebagai shortcut yang anda buat di Windows. Namun symbolic link jauh lebih kuat dan bermanfaat daripada shortcut biasa yang anda buat.

Mari kita bahas apa itu symbolic link dan bagaimana anda dapat membuatnya dengan mudah di Windows 10.


Apa Itu Symbolic Links?

Saat anda membuat shortcut untuk file atau folder, yang anda lakukan hanyalah mengarahkannya ke file atau folder tertentu itu, tidak lebih. Di symbolic link lebih dari sekadar shortcut sederhana. Ia bertindak sebagai file atau folder virtual yang menautkan ke file atau folder sebenarnya.

Ketika anda membuat symbolic link untuk sebuah file, itu tampak seolah-olah itu adalah file sebenarnya padahal pada kenyataannya itu mengarahkan anda ke file sebenarnya di background. Selain file, anda juga dapat membuat symbolic link untuk folder. Sederhananya, symbolic link tidak lebih dari membangun string teks yang memungkinkan system operasi mengetahui bahwa itu hanyalah jalur untuk file atau folder lain.

Misalnya, sebagian besar aplikasi layanan cloud yang anda instal hanya akan menyinkronkan file dan folder yang terletak di foldernya sendiri. Tetapi akan ada kalanya anda mungkin memiliki folder di beberapa drive lain yang ingin anda sinkronkan dengan layanan penyimpanan cloud anda.

Namun, anda tidak ingin memindahkan folder dari lokasi sebenarnya atau tidak ingin membuat salinan folder. Dalam situasi tersebut, anda cukup membuat symbolic links di folder layanan cloud sehingga anda dapat menyinkronkan konten folder target tanpa benar-benar memindahkan atau menyalin folder sebenarnya.

Karena symbolic link hanyalah folder virtual yang berfungsi sebagai jalur ke folder sebenarnya, anda tidak perlu khawatir symbolic link tersebut menghabiskan ruang disk anda.


Buat Symbolic Link Menggunakan Link Shell Extension


Jika anda tidak ingin mengotak-atik Command Prompt dan siap untuk mengotak-atik sedikit dengan menginstall tools yang memungkinkan anda membuat symbolic link ke file atau direktori yang ada menggunakan menu konteks klik kanan, coba yang berikut ini. Link Shell Extension adalah tools yang memungkinkan anda membuat hard link dan symbolic link dengan mengklik kanan folder apapun yang ingin anda buat tautannya.

Ada beberapa rintangan dengan pemasangan. Anda akan mendapatkan peringatan bahwa itu tidak dapat didownload dengan aman, dan Windows Defender mungkin memperingatkan anda bahwa itu unsigned.

Namun saya dapat meyakinkan anda bahwa tools tersebut aman. Silakan install. Selama instalasi, explorer.exe akan di restart, jadi pastikan anda memiliki backup file penting anda.

Setelah Link Shell Extension diinstal, klik kanan file atau folder target tempat anda ingin membuat symbolic link, lalu klik Pick Link Source.


Selanjutnya, buka folder tempat anda ingin menampilkan symbolic link, klik kanan padanya kemudian pilih Drop As - Symbolic Link.



Buat Symbolic Link Menggunakan Mklink

Catatan: meskipun saya menampilkan ini di Windows 10 atau Windwos 11, perintah yang ditampilkan disini berlaku untuk Windows Vista dan system operasi yang lebih baru.

Membuat symbolic link di Windows cukup mudah dengan perintah Mklink. Untuk memulai, buka Command Prompt dengan hak admin. Anda dapat mencarinya di Search Windows dengan mengetik cmd dan klik Run as administrator.


Setelah command prompt dibuka, gunakan format perintah di bawah ini untuk membuat symbolic link untuk sebuah file.

mklink <Link Target>

Dalam kasus saya, saya ingin membuat symbolic link di sebuah folder di drive E untuk file video yang terletak di drive G, jadi perintahnya akan terlihat seperti ini:

mklink "E:\Path\Symlink_File.mp4" "G:\ade_project1.mp4"


Path pertama yang anda lihat pada perintah di atas adalah tempat anda membuat symbolic link. Jalur ini disebut Link. Jalur kedua milik file sebenarnya di disk anda dan disebut Target.

Setelah symbolic link dibuat, seperti inilah tampilannya di File Explorer. Meskipun ikonnya terlihat seperti shortcut biasa, ini adalah symbolic link.


Anda juga dapat membuat symbolic link untuk seluruh direktori. Untuk melakukan itu, gunakan perintah di bawah ini. Mengganti /D memungkinkan anda melakukan ini.

mklink /D "E:\Path\Symlink_Tessa" "G:\Tessa"


Segera setelah anda menjalankan perintah, symlink akan dibuat untuk direktori target. anda dapat menggunakannya untuk mengakses semua file dan folder di dalam folder asli. Jika anda mau, anda dapat menghapus symbolic link seperti file atau folder lainnya. Cukup pilih symbolic link, tekan tombol delete pada keyboard anda dan ia akan dihapus.

Sekian tutorial kali ini. Jika anda ingin melakukan lebih banyak tweak di Windows 10 atau Windows 11, lihat daftar peretasan registry terbaik saya. Juga, lihat panduan saya tentang cara memblokir website menggunakan file Host.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuat Symbolic Link (Symlink) di Windows 10/11"