Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Screencast di Windows 10/11


Konten video dengan cepat menjadi sorotan di semua website. Forbes menyatakan bahwa delapan puluh persen lalu lintas Internet akan menjadi lalu lintas video pada tahun 2021. Orang-orang menjadi tertarik membuat konten video sama seperti mereka ingin mengkonsumsinya.

Pengembang Microsoft juga telah menangkap bug video. Mereka telah memasukkan fitur screencast ke dalam Windows 10 Creators Edition! Fitur ini memungkinkan anda merekam aktivitas layar anda dalam format video hingga dua jam. Ia juga bekerja di semua lingkungan aplikasi.

Jika anda ingin menyiarkan game yang anda mainkan atau membuat screencastnya, inilah tutorial yang dapat anda baca.


Cara Menemukan Screencast Tool

Screencast tool adalah bagian dari update Windows 10 Creators di dalam aplikasi Xbox. Kemungkinan besar dikembangkan untuk meningkatkan interaktivitas pada platform Xbox. Ini tidak berarti bahwa ini untuk para gamer saja, karena siapapun dengan Windows dapat menggunakannya.

1. Buka Xbox di Windows.


2. Selesaikan proses pendaftaran jika anda meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya. Jika anda tidak memiliki akses ke Internet, jangan khawatir; aplikasi akan tetap berjalan.


Setelah proses pendaftaran selesai, Minimalkan tampilan aplikasi dan langkah pertama proses selesai.


Menggunakan Aplikasi untuk Membuat Screencast

Untungnya, perintah untuk mengaktifkan fitur ini juga tersedia sebagai shortcut. Shortcut ini menghilangkan kebutuhan untuk beralih antara aplikasi Xbox dan aktivitas yang ingin anda rekam.

Setelah meminimalkan aplikasi, cari dan buka aplikasi yang prosesnya ingin anda rekam. Jika itu adalah aplikasi game, lebih baik lagi.

Saat aplikasi berjalan, tekan kombinasi tombol Win + G. Shortcut ini akan memunculkan deretan ikon di dasar layar di atas taskbar. Ini disebut Game Bar. Anda juga dapat membukanya dari Start menu.


Catatan : Jika setelah Game Bar anda muncul tetapi tombol Recordnya tidak berfungsi untuk anda, maka anda harus membaca tutorial saya lainnya tentang cara memperbaiki Game Bar yang tidak dapat merekam di Windows 10/11 sebelum melanjutkan tutorial ini.

Semua ikon memiliki fungsi yang harus anda pahami untuk menggunakan fitur ini secara efektif.

1. Ikon Screenshot : Ikon ini adalah fitur screenshot biasa yang dapat anda gunakan untuk mengambil foto layar anda. Shortcut untuk mengakses fungsi ini adalah Win + PrtSc.

2. Ikon Record 30 detik : Ikon ini untuk alat perekam background. Sesuai dengan namanya perekaman dilakukan dengan durasi 30 detik dan secara otomatis berhenti. Perhatikan bahwa tool ini bekerja secara berbeda dari tool perekam yang sebenarnya dan harus memiliki perekaman background yang diaktifkan agar dapat berfungsi. Saat anda memulai Game Bar, tool ini mulai merekam layar anda dengan segera. Saat anda mengkliknya, itu menghentikan perekaman dan menyimpan file yang direkam. Ini berguna jika anda ingin mulai merekam saat anda memulai aplikasi. Jalan pintas untuk mengakses fungsi ini adalah Win + Alt + G.

3. Ikon Record : Ini adalah tool perekam yang sebenarnya dan berbeda dari tool Record karena tingkat kontrol yang diberikannya kepada anda. Dengan tool screencast anda dapat memilih kapan mulai merekam dan juga kapan harus mengakhirinya. Jika anda telah merekam cukup lama, anda dapat mengklik ikon yang sama untuk mengakhiri sesi. Ini memungkinkan anda merekam berkali-kali per sesi tanpa keluar dari Game Bar. Shortcut untuk mengakses fungsi ini adalah Win + Alt + R.

4. Ikon Mic : Untuk memastikan bahwa pada saat perekaman video apakah anda ingin menangkap suara atau tidak.


Setelah Merekam

Setelah selesai merekam, ikuti langkah selanjutnya untuk menemukan video anda.

Buka folder video anda. Buka dan pergi ke folder Video - Captures. Anda akan menemukan semua rekaman video anda di sana atau anda dapat membuka aplikasi Xbox, klik ikon menu dan pilih Captures atau di Game bar klik Show all captures.


Sekarang anda dapat mengakses rekaman video anda dari aplikasi Xbox.


Sesuaikan Pengaturan Game Bar

Jika anda ingin menyesuaikan pengaturan Game Bar anda lebih jauh, ada cara untuk melakukannya.

Buka Settings Windows dan pilih Gaming.


Pada halaman settings ini, anda dapat mengatur shortcut serta preferensi lain yang sesuai dengan gaya anda.


Fitur screencast Windows merupakan tambahan penting untuk serangkaian system operasi Windows. Sekarang anda tidak perlu membayar software screencasting lain, terutama jika yang anda butuhkan hanyalah solusi sederhana.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Aplikasi apa yang anda gunakan untuk merekam layar anda? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuat Screencast di Windows 10/11"