Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Microsoft Managed Desktop Windows


Microsoft Managed Desktop adalah sebuah layanan berbasis langganan baru yang ditawarkan oleh Microsoft untuk mengotomatiskan dan merampingkan tugas IT yang paling memakan waktu sehingga IT dapat mengerjakan hal-hal penting anda. Ide dasarnya adalah Microsoft akan menawarkan mesin Windows 10 secara berlangganan. Ini adalah platform cloud IT-and-Security-as-a-service (ITSaaS) yang mencakup Windows 10 Enterprise, Office 365, Enterprise Mobility and Security di PC Windows tertentu dan perangkat yang mendukung Windows 10.

Tentu saja, ini telah menyebabkan banyak ketakutan di Internet, karena sebuah situs berita komputer mengklaim bahwa ini adalah dorongan besar Microsoft untuk mengenakan biaya bulanan untuk Windows 10.

Untungnya bagi pengguna Windows 10, hal ini tidak terjadi! Microsoft tidak mencoba mendorong system operasi anda menjadi layanan langganan berbayar. Hal tersebut hanyalah percobaan Microsoft untuk menjalani bisnis baru untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada perusahaan.



Layanan dari Microsoft Managed Desktop

Salah satu masalah terbesar yang dimiliki perusahaan dengan Windows adalah updatenya. Mereka harus berhati-hati dengan update apa yang harus di install: jika updatenya ternyata bermasalah dan merusak komputer, itu dapat dengan mudah mengganggu bisnis dan menghentikan perdagangan. Demikian pula, jika bisnis menggunakan software yang dipesan lebih dahulu, Windows Update dapat menyebabkannya kehilangan fungsionalitas atau berhenti berfungsi sama sekali. Singkatnya, menggunakan Windows Update default bisa menjadi hal yang berisiko bagi bisnis untuk dilakukan.

Microsoft mencoba mengatasi ini dengan menggunakan Microsoft Managed Desktop. Ide di balik skema ini adalah bahwa perusahaan dapat menyewa mesin Windows 10 dari Microsoft, yang pada gilirannya akan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Pengaturan dan system akan disesuaikan agar sesuai dengan keinginan perusahaan, dan update yang didorong ke komputer akan sesuai dengan mesin yang dikirim.

Ini adalah langkah terbaru Microsoft ke dalam model bisnis yang disebut "desktop-as-a-service", dimana desktop komputer ditawarkan dengan biaya bulanan. Uang ekstra digunakan untuk menyediakan sistem operasi sebagai layanan berjalan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, bukan produk dasar yang dimiliki setiap orang.


Yang Bukan Layanan dari Microsoft Managed Desktop

Skema "Windows 10 sebagai layanan berbayar" baru untuk bisnis ini, untuk saat ini hanya ditujukan pada perusahaan yang menginginkan mesin Windows yang disesuaikan dan dirancang khusus untuk bisnis mereka.

Jadi, singkatnya, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk terus menggunakan Windows 10. Anda juga tidak perlu membayar Microsoft untuk mengutak-atik pengaturan komputer anda atau meminta mereka memata-matai preferensi anda. Faktanya, anda tidak perlu melakukan apapun, kecuali anda adalah pemilik sebuah bisnis yang tertarik dengan prospek baru dari Microsoft ini.



Bagaimana Dengan Masa Mendatang?

Jadi kita tahu bahwa Microsoft Managed Desktop tidak ditujukan pada kita, pengguna pribadi. Meskipun demikian, ini masih merupakan usaha ke arah yang mungkin berakhir pada layanan yang ditargetkan pada konsumen. Jadi, seberapa besar kemungkinan kita akan melihat Windows 10 menjadi layanan langganan berbayar untuk semua orang?

Pertama, Windows 10 sudah memiliki beberapa aset penghasil uang di dalamnya. Jika anda mengeklik Start menu setelah anda menginstal Windows pada PC anda, anda akan melihat banyak game yang dipasang sebelumnya dan iklan lainnya. Ini berarti Microsoft dapat memperoleh pendapatan dari pengguna setelah system operasi diinstal, bahkan dari mereka yang mengupgrade ke 10 secara gratis.

Di sisi lain, Microsoft jelas tidak segan-segan mengubah produk menjadi layanan berbasis langganan. Anda dapat melihat Office 365, layanan langganan berbasis cloud yang dirancang untuk menggantikan software Office biasa. Jika Microsoft berpegang teguh pada klaim mereka bahwa mereka tidak akan pernah merilis Windows 11, maka layanan berlangganan yang diperkenalkan nanti mungkin merupakan cara yang baik untuk memeras uang ekstra dari basis pengguna Windows 10.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kenyataannya adalah Microsoft Managed Desktop sebenarnya adalah rencana untuk membantu bisnis mendapatkan layanan yang dapat dipesan terlebih dahulu bagi mereka yang membutuhkan. Windows 10 belum menjadi desktop-as-a-service berbasis langganan, tapi ini mungkin menjadi rencana masa depan Microsoft dengan sistem operasi. Entahlah!

Bagaimana menurut anda? Apakah menurut anda Windows 10 akan memperkenalkan pembayaran langganan bulanan? Dan jika demikian, seberapa jauh hasilnya? Apakah itu akan membuka fitur dan layanan tambahan, atau apakah seluruh system operasi akan terikat dengan pembayaran? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu Microsoft Managed Desktop Windows"