Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Format Hard Drive Eksternal Xbox One untuk Digunakan pada PC


Kapasitas penyimpanan konsol Microsoft Xbox One dapat dengan mudah ditingkatkan dengan hard drive eksternal. Namun, jika anda tidak lagi membutuhkan penyimpanan tambahan, anda tidak bisa cukup mencolokkan hard drive tersebut ke komputer anda dan mulai menggunakannya seperti hard drive eksternal biasanya. Hal lain yang anda alami adalah pada saat menghubungkannya dengan PC, PC anda bahkan tidak akan mengenali bahwa hard drive yang telah terhubung tersebut.

Artikel kali ini akan memandu anda bagaimana cara memformat hard drive eksternal Xbox One anda sehingga dapat digunakan pada PC.


Mengapa Hard Disk untuk Xbox One Tidak Dapat Digunakan Secara Bersamaan dengan PC?

Anda mungkin berpikir bahwa sejak Microsoft mengembangkan Windows dan Xbox One, anda dapat menukar hard drive tersebut di antara mesin. Sayangnya, ini menjadi masalahnya. Setelah anda memformat hard drive sebagai penyimpanan eksternal untuk Xbox One anda, hard drive ini tidak akan lagi dikenali oleh PC berbasis Windows.


Semua game, baik berbasis disk atau yang di download, ditulis ke drive Xbox One. Karena game modern sangat besar, menginstall sebagian atau semua game ke hard drive membantu waktu pemuatan (loading time). Karena sebagian besar data game disimpan ke hard disk, Microsoft tidak ingin siapapun dapat mengakses data tersebut di PC. Jadi, alasan mengapa Windows tidak mengenali hard drive dengan format Xbox One, semuanya bermuara dari pembajakan.


Yang Harus Dilakukan Sebelum Melepaskan Drive Eksternal dari Xbox One

Kecuali anda berencana menjual konsol Xbox One anda, anda mungkin ingin menyimpan semua data game di hard drive eksternal anda. Apakah anda ingin meningkatkan ke hard drive eksternal yang lebih besar atau hanya ingin memigrasikan data game anda ke hard drive internal Xbox One anda, anda perlu menopang data anda sebelum melepaskan koneksi drive eksternal anda dari Xbox One anda.


  • Untuk melakukan migrasi data anda, tekan tombol Xbox di bagian tengah controller. Ini akan membuka menu panduan.
  • Kemudian gunakan tombol bumper kiri/kanan untuk menggulir ke Profile & System.
  • Selanjutnya, sorot Settings dan tekan tombol A. Ini akan membawa anda ke menu Settings.
  • Disini, sorot System dan pilih opsi dengan label Storage.
  • Pada layar berikutnya anda akan melihat drive internal Xbox One anda dan drive eksternal anda. Pilih drive eksternal anda dan tekan tombol A. Di menu pop-up yang muncul, pilih Transfer.
  • Pada titik ini, anda dapat secara manual memilih data game apa yang ingin anda transfer ke drive internal Xbox One anda. Namun, jika anda ingin mentransfer semua itu, pilih Select All.
  • Terakhir, pilih Move selected untuk memulai proses transfer. Tergantung pada berapa banyak game yang disimpan di drive eksternal anda, proses ini bisa memakan waktu cukup lama.



Cara Format Hard Drive Eksternal Xbox One Anda

Dengan semua data game anda dari drive eksternal, anda sekarang harus menghubungkannya ke PC Windows. Anda akan melihat bahwa drive eksternal tidak muncul sama sekali dalam penjelajah file Windows. Jangan khawatir, ini yang diharapkan. Ingat bahwa Microsoft sengaja menonaktifkan kemampuan Windows untuk berkomunikasi dengan drive yang diformat ke Xbox One. Karena itu, mudah untuk memformat ulang drive tersebut ke NTFS sehingga Windows dapat melihat dan menggunakannya.


Luncurkan Disk Management

Untuk memformat hard drive eksternal Xbox One anda, kita harus menggunakan utilitas Disk Management.

Untuk meluncurkannya, cukup klik Search Windows dan ketik  Disk Management. Klik pada Create and format hard disk partitions untuk membuka utilitas.


Inisialisasi Hard Drive Eksternal

Dengan Disk Management yang terbuka, anda akan melihat dua subbagian. Bagian atas hanya mencantumkan semua hard disk yang terhubung ke PC anda. Tidak banyak yang dapat anda lakukan disini, jadi alihkan perhatian anda ke bagian bawah jendela Disk Management.

Disini anda juga akan melihat semua hard disk yang terhubung ke PC anda. Temukan hard drive eksternal yang anda gunakan dengan Xbox One anda. Itu akan terdaftar sebagai drive yang tidak dikenal (berwarna hitam) dengan ruang yang tidak terisi dalam tools Manajemen Disk.

  • Klik kanan pada nama hard drive dan pilih Initialize disk dari menu yang muncul.
  • Selanjutnya, pop-up akan muncul dan bertanya apakah anda ingin menggunakan Master Boot Record (MBR) atau GUID Partition Table (GPT). Di Windows 10, GPT akan menjadi default. Kebanyakan orang ingin tetap menggunakan GPT, karena ada keuntungan yang signifikan.



Membuat Volume dan Format Drive

Dengan hard drive eksternal anda yang telah diinisialisasi, anda sekarang harus membuat volume yang dapat dibaca oleh Windows.

  • Klik kanan pada area berlabel Unallocated. Di menu yang muncul, pilih New Simple Volume.
  • Ini akan meluncurkan panduan New Simple Volume. Tools ini akan memformat hard drive eksternal anda sehingga dapat digunakan pada PC anda. Cukup ikuti petunjuknya dengan mengklik tombol Next. Jika anda ingin membuat perubahan, seperti menetapkan drive letter atau memformatnya ke system file selain NTFS, maka anda juga dapat melakukannya disini.
  • Terakhir, selesaikan langkah pemformatan dengan mengklik tombol Finish. Anda sekarang akan memiliki hard drive eksternal yang dikenali di PC Windows 10.



Jika suatu saat anda kehabisan ruang penyimpanan di Xbox One anda, anda dapat menggunakan kembali hard drive eksternal ini untuk digunakan di konsol Xbox One anda. Baca artikel saya lainnya tentang cara menggunakan hard drive eksternal di Xbox One.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Format Hard Drive Eksternal Xbox One untuk Digunakan pada PC"