Widget HTML Atas

Cara Menggunakan Hard Drive Eksternal di Xbox One


Semua game Xbox One pastinya diinstal sepenuhnya ke hard drive konsol anda untuk pengalaman bermain yang optimal. Ini terlepas dari apakah anda membeli game dengan dvd fisik atau tidak.

Menunggu instalasi game yang membutuhkan sedikit waktu adalah hal yang wajar, tetapi kecepatan penyimpanan ruang anda akan hilang. Masalahnya berasal dari kenyataan bahwa ukuran untuk sebuah game Xbox One sangatlah besar.

Misalnya, The Master Chief Collection berukuran 62,74 GB. Grand Theft Auto V berukuran 49,03 GB. Untuk menempatkan angka-angka ini dalam perspektif, Xbox One dikirimkan dengan ruang penyimpanan 500 GB, 1 TB atau 2 TB. Dengan ukuran yang mencapai sekitar 50 GB, anda dapat melihat bagaimana ruang penyimpanan anda dapat dengan cepat menjadi masalah.

Dulu jika anda menemukan bahwa anda akan kehabisan ruang, anda hanya memiliki pilihan terbatas, tidak ada pilihan yang secara khusus menarik digunakan. Salah satu perbaikan besar yang potensial adalah kita dapat mengganti drive internal Xbox One dengan drive lain yang mempunyai ukuran yang lebih besar. Namun sayangnya ini tidak disetujui oleh Microsoft. Hal ini akan membatalkan garansi konsol anda. Satu-satunya pilihan lain adalah menghapus game dan menginstalnya kembali jika anda ingin memainkannya lagi. Ini berarti bahwa orang-orang dengan perpustakaan game yang besar, tidak beruntung untuk dapat bermain dimana saja dan kapan saja.

Untungnya, Microsoft mendengar banyak keluhan dari pemilik Xbox ini dan merilis update yang memungkinkan pengguna untuk memasang hard drive eksternal. Dan saat ini, Xbox One mendukung dua drive eksternal sekaligus, dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memperluas penyimpanan mereka.


Persyaratan

Sebelum anda mengambil flash drive lama dari laci dan memasukkannya ke salah satu port USB Xbox One, ada beberapa ketentuan. Pertama-tama, drive harus minimal 256 GB. Ini berarti anda dapat menggunakan USB flash drive, asalkan cukup besar.

Kedua, drive harus USB 3.0. Alasannya sederhana: USB 3.0 memberikan kecepatan transfer yang lebih cepat. USB 3.0 mendukung kecepatan transfer data 5 Gbit/detik (atau 625 MB/detik). Kecepatan ini diperlukan untuk memastikan game dan aplikasi dimuat dengan cepat. Hal terakhir yang diinginkan Microsoft adalah publisitas buruk yang dapat merusak merek Xbox karena orang menggunakan drive murah dengan kecepatan transfer data yang lambat. Sebagian besar hard drive modern dan USB flash drive mendukung USB 3.0 saat ini, tetapi periksalah terlebih dahulu sebelum anda membeli.

Penyimpanan eksternal untuk Xbox One dibatasi pada 16 TB. Ukuran drive eksternal anda akan tergantung pada seberapa banyak ruang yang anda butuhkan dan berapa banyak yang anda mampu. Jika anda memiliki banyak koleksi game dan aplikasi, anda mungkin ingin memilih drive yang cukup besar. Seagate mempunyai drive game yang dipasarkan untuk mereka yang ingin meningkatkan penyimpanan di Xbox One mereka. Drive ini hadir dalam varietas 2 TB dan 4 TB, dan selain dari logo Xbox yang tertera di sudut, tampaknya tidak berbeda dengan hard drive portabel lainnya. Ini berarti anda dapat menggunakan drive eksternal apapun yang ada di pasaran. Jika anda memiliki hard drive cadangan dari laptop atau komputer desktop, anda dapat menggunakannya.


Portable atau Desktop?

Ada dua jenis hard drive eksternal di pasaran, biasanya disebut sebagai desktop dan portable. Drive portabel jauh lebih kecil dan hanya mengandalkan kabel USB untuk power dan transfer data. Drive desktop jauh lebih besar dan memerlukan power terpisah selain kabel USB.

Drive portabel sedikit lebih nyaman, tetapi drive desktop cenderung lebih cepat. Kecepatan hard drive diukur dalam RPM, dan lebih banyak RPM berarti kinerja yang lebih baik. Hard drive portabel cenderung menggunakan 5400 RPM, sedangkan desktop berputar pada 7200 RPM. Hard drive yang berperforma lebih cepat menawarkan waktu boot yang lebih cepat dan waktu pemuatan yang lebih pendek.

Catatan: SSD mungkin tampak seperti pilihan yang baik karena kinerjanya yang lebih baik daripada drive mekanis. Namun, Eurogamer menyimpulkan bahwa tidak terlalu banyak manfaat yang didapat ketika menggunakannya pada Xbox One anda.


Menginstal

Pasang hard drive anda ke salah satu port USB di konsol Xbox One anda. Ini dapat dilakukan apakah konsol anda hidup atau dimatikan.

Xbox akan mendeteksi drive dan bertanya apakah anda ingin menggunakannya sebagai penyimpanan eksternal. Pilih Yes dan drive anda akan diformat. Ketahuilah bahwa data pada drive akan dihapus. Juga, perhatikan bahwa format Xbox adalah menjadi hak milik Xbox, sehingga anda tidak akan dapat menggunakan drive tersebut pada PC apapun selain Xbox anda.


Konsol kemudian akan menanyakan apakah anda ingin game dan aplikasi didownload ke drive eksternal secara default. Terserah anda, tetapi anda mungkin melihat sedikit peningkatan kinerja jika anda memilih drive eksternal. Drive Xbox internal memiliki variasi 5400 RPM, jadi jika eksternal lebih cepat, anda mungkin melihat waktu pemuatan yang lebih pendek, dan lainnya.


Mengelola Game dan Aplikasi

Jika anda ingin memindahkan game atau aplikasi yang ada dari penyimpanan internal konsol anda ke penyimpanan eksternal baru, anda harus melakukannya secara manual.


  • Buka menu My Games and Apps.

  • Sorot game yang ingin anda pindahkan dan tekan tombol Menu/Start.

  • Pilih Manage Game & add-ons dari menu yang muncul.

  • Pilih Move to External, dan dalam beberapa detik game ada akan mulai ditransfer. Anda dapat mengotomatiskan proses untuk semua game dengan memilih Move all. Ini akan mentransfer semua game di drive internal anda ke drive eksternal, sehingga anda tidak perlu memindahkannya satu per satu.



Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dengan memformat hard drive dengan Xbox, maka anda didak akan bisa menggunakannya di PC manapun. Jika suatu saat anda ingin menggunakan hard drive ini untuk PC atau laptop anda, maka anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara format hard drive eksternal Xbox One untuk digunakan pada PC.

Sudahkah anda memperluas kemampuan penyimpanan Xbox One anda dengan menambahkan hard drive eksternal? Ukuran drive apa yang akan anda rekomendasikan? Apakah anda menikmati kinerja yang lebih baik dengan menggunakan drive eksternal? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Menggunakan Hard Drive Eksternal di Xbox One"