Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Windows 10 Home atau Windows 10 Pro Untuk Anda Gunakan?


Sama seperti versi Windows sebelumnya, Windows 10 juga hadir dengan beberapa edisi berbeda yang tentunya untuk melayani kebutuhan yang berbeda bagi para pengguna. Ada sejumlah edisi Windows 10 seperti Home, Pro, Enterprise, IoT, Education dan Mobile. Semuanya menawarkan sejumlah fitur khusus untuk memuaskan para pengguna yang berbeda.

Seperti yang kita ketahui, banyak edisi Windows yang tersedia, namun  persaingan tampaknya selalu antara versi Home dan Pro. Pada artikel kali ini kita akan membandingkan kedua edisi ini untuk membantu anda menemukan edisi Windows 10 yang tepat untuk kebutuhan anda.


Sebelum kita beralih ke fitur-fitur dari kedua edisi ini, penting untuk mengetahui apa maksud di balik pembuatan edisi-edisi ini.


Windows 10 Home

Seperti namanya, Windows 10 Home terutama dibuat untuk digunakan di rumah. Edisi ini memiliki semua fitur utama Microsoft Windows 10, tetapi tidak memiliki beberapa kontrol atas fitur sensitif dan tidak termasuk fitur-fitur canggih yang dibutuhkan oleh power user. Ini memudahkan pengguna rata-rata (dengan kebutuhan teknis yang lebih sedikit) untuk menggunakan atau mengutak-atik system tanpa khawatir tentang fitur dan keamanan secara menyeluruh.


Windows 10 Pro

Windows 10 Pro dibuat untuk pengguna tingkat lanjut dan usaha kecil yang memiliki pengetahuan teknologi yang cukup untuk menggunakan sistem secara bertanggung jawab dan menikmati beberapa fitur tambahan. Fitur tambahan seperti Encryption, Remote Desktop, Hyper-V, Apps Management dan Assigned Access, dan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh pengguna rata-rata. Fitur-fitur tambahan tersebut untuk pengguna rata-rata tidak membutuhkannya, namun bagi pengguna tingkat lanjut sangat membuthkannya.


Perbandingan Versi Home dan Pro

Mari kita teliti apa yang ditawarkan setiap edisi dan mengapa salah satu diantaranya lebih baik untuk anda.

Windows 10 Home

Windows 10 Home menawarkan semua fitur baru yang ditawarkan oleh Microsoft dalam Windows terbaru, termasuk asisten virtual Cortana, browser Edge baru, perubahan tata letak, Virtual Desktop lengkap dan Universal App. Namun, Microsoft tidak memberikan kontrol penuh atas update dimana pengguna edisi Home tidak dapat menghentikan critical update untuk menginstal. Jadi pada dasarnya semua update keamanan penting akan diinstal secara otomatis saat mereka dirilis dan bahkan saat mereboot PC saat proses.

Ini mungkin tampak seperti sedikit pembatasan yang tidak biasa, tetapi hal ini untuk memastikan keamanan selalu diupdate dengan langkah-langkah keamanan terbaru demi kebaikan pengguna yang kurang paham dengan teknologi. Windows 10 Home menawarkan semua fitur yang diperlukan setiap hari di lingkungan yang aman, menjadikannya sempurna untuk digunakan di rumah.


Windows 10 Pro

Windows 10 Pro menawarkan semua fitur Windows 10 Home, tetapi ia menambahkan beberapa fitur tambahan dan memberikan kontrol penuh atas system. Windows 10 Pro memiliki full disk encryption dari BitLocker bawaan untuk mengenkripsi semua data untuk keamanan, dan anda juga dapat bergabung dengan domain. Selain itu, anda dapat menetapkan akses ke aplikasi tertentu sehingga hanya aplikasi yang dapat diakses dari PC anda. Pengguna Pro juga akan menerima update khusus untuk bisnis.

Beberapa fitur lainnya termasuk mode perusahaan Internet Explorer (EMIE), Remote Desktop, Hyper-V, Join Azure Active Directory dan Windows Store for Business.


Hak (Kontrol Penuh System) dan Harga

Terlepas dari fitur dan keterbatasan, dua faktor utama yang mempengaruhi keputusan adalah hak dan harga. Jika anda ingin mengupgrade ke Windows 10 menggunakan free upgrade program dari Microsoft, maka anda akan berhak untuk edisi Windows yang sama dengan yang anda gunakan sekarang. Misalnya, jika anda memiliki versi Windows 7 Home, anda terikat untuk hanya meningkatkan ke Window 10 Home secara gratis. Hal yang sama berlaku untuk versi Profesional dan Ultimate Windows 7.

Jika anda memiliki PC di rumah yang digunakan untuk pemakaian standar seperti untuk mengetik atau browsing maka edisi Windows 10 Home akan menjadi pilihan yang sempurna. Edisi ini harganya lebih murah dan menawarkan segala kebutuhan rata-rata pengguna. Namun, jika anda adalah power user atau menjalankan sebuah bisnis kecil, maka versi Pro wajib bagi anda untuk mendapatkan fitur tambahannya.

Pada akhirnya, harga dan kontrol penuh pada system memainkan peran penting dalam memilih. Jadi ingatlah ini saat memutuskan untuk memilih antara versi Home dan Pro.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Versi Windows apa yang ingin anda miliki? Tinggalkan pendapat anda di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Pilih Windows 10 Home atau Windows 10 Pro Untuk Anda Gunakan?"