Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuka Jendela Aktif Terakhir dari Taskbar Windows 10/11


Cara Windows 10 atau Windows 11 mengatur aplikasi atau program yang dibuka atau diminimize di taskbar adalah dengan mengelompokkan semua jendela yang terbuka dari sebuah aplikasi di bawah ikon taskbar yang sama yang kemudian anda mengklik untuk melihat thumbnail dari semua jendela yang terbuka yang terkandung di dalamnya dan mengklik salah satunya untuk menampilkan jendelanya. Jika anda ingin langsung membuka jendela aktif yang terakhir dari aplikasi yang anda buka di taskbar, maka anda harus menahan tombol Ctrl sambil mengkliknya.


Ini cukup bermanfaat, tetapi anda mungkin lebih suka jika mengklik ikon taskbar tanpa menekan Ctrl yang kemudian membawa anda langsung ke jendela terakhir yang anda buka dari aplikasi. Dan jika itu yang anda inginkan maka mari kita pelajari cara mengaktifkan klik jendela aktif terakhir di taskbar Windows 10 atau Windows 11.

Untuk metode ini saya menggunakan pengeditan registry Windows, jadi saya menyarankan anda untuk membuat backup registry anda karena meskipun proses ini aman, namun jika anda tidak sengaja salah mengikuti instruksi atau mengubah registry yang salah maka dapat menyebabkan masalah dengan system anda.

Jika anda sudah membackup registry Windows anda, maka silahkan mulai mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Untuk memulai, buka Registry Editor dengan menekan tombol Win + R untuk membuka Run, lalu ketik regedit dan tekan Enter.


2. Setelah di jendela registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini atau anda dapat meng-copy/paste jalur ke address bar registry editor dan tekan Enter untuk mempermudah penelusuran.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced


3. Sekarang klik kanan ruang kosong di panel kanan atau klik kanan di Advanced di panel kiri kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama LastActiveClick.


4. Setelag anda membuat DWORD baru tersebut, klik dobel padanya dan ubah Value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


Perubahan langsung diterapkan di system anda. Ikon taskbar untuk aplikasi yang terbuka atau diminimize sekarang akan membawa anda ke jendela aktif terakhir yang anda buka dengan sekali klik.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika anda ingin melakukan lebih banyak perawatan Windows 10 atau Windows 11, lihat bagaimana memeriksa suhu CPU pada PC anda. Juga baik untuk mengetahui cara menemukan dan mengakses folder WindowsApps yang penting di Windows 10 atau Windows 11 anda.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mudah Membuka Jendela Aktif Terakhir dari Taskbar Windows 10/11"