Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Restore Point dengan Klik Dobel pada Windows 10/11


System restore point pada Windows 10 atau Windows 11 memungkinkan anda untuk membuat titik pemulihan yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan system ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan baik di mesin anda. Restore point ini ini biasanya dibuat ketika anda hendak menginstall sebuah aplikasi atau ketika anda hendak menginstall driver baru, sehingga pada saat system anda tidak berjalan dengan benar setelah penginstalan, anda dapat menggunakan restore point tersebut untuk mengembalikan system anda ke titik sebelum anda menginstal.

Jadi jika anda memiliki restore point di komputer anda, dan saat ini system anda tidak berfungsi dengan benar, anda dapat mengembalikan komputer ke titik yang anda buat sebelumnya, dan semuanya akan kembali normal.

Membuat system restore point di Windows 10 atau Windows 11 mudah, tetapi mengharuskan anda untuk melalui sejumlah layar. Untungnya, sekarang ada cara yang lebih mudah yang memungkinkan anda membuat restore point hanya dengan mengklik dobel pada komputer anda.

Inilah cara mengaktifkan system restore point di Windows 10 atau Windows 11 dan kemudian membuat shortcut yang membantu anda untuk membuatnya dengan cepat.


Mengaktifkan System Restore Point

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan system restore point di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk melakukannya saya telah membuat tutorial sebelumnya, jadi silahkan baca tutorial saya tentang Cara Menonaktifkan atau Mengonfigurasi System Restore di Windows 10/11.


Setelah anda mengaktifkannya, anda dapat membuat shortcut yang memungkinkan anda dengan cepat membuat restore point dengan mengklik dobel.


Buat Restore Point dengan Klik Dobel di Windows 10/11

Apa yang akan anda lakukan disini adalah membuat shortcut ke skrip yang menangani pembuatan system restore point. Dengan begitu ketika anda mengklik dobel shortcut tersebut, anda benar-benar meluncurkan skrip yang kemudian membuat restore point secara otomatis untuk anda. Jadi ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka desktop anda dan klik kanan pada ruang kosong, dan pilih New - Shortcut. Ini akan membuat shortcut baru ke item di desktop anda.


2. Layar berikut menanyakan item apa yang harus mengarah pada shortcut ini. Di bidang yang bertuliskan Type the location of the item: ketik lokasi berikut dibawah ini, dan kemudian klik Next untuk melanjutkan proses pembuatan shortcut.

cmd.exe /k "wmic.exe /Namespace:\\root\default Path SystemRestore Call CreateRestorePoint "My Shortcut Restore Point", 100, 7"


3. Pada layar berikutnya, anda harus memberikan nama untuk shortcut. Pastikan untuk memberikan nama yang menjelaskan apa yang dilakukan shortcut agar anda tidak pernah lupa tugas apa yang anda buat untuk shortcut tersebut. Saya akan menamainya Restore Point Mastertipsorialindo karena cukup jelas.


Setelah memasukkan nama, klik Finish.

4. Anda akan melihat shortcut muncul di desktop anda, tetapi shortcut tersebut belum siap untuk dijalankan. Jadi klik kanan pada shortcut tersebut dan pilih opsi Properties.


5. Klik Advanced… di kotak dialog properties untuk meluncurkan pengaturan lanjutan untuk shortcut yang telah anda buat.


6. Beri ceklist pada kotak Run as administrator dan klik OK untuk menyimpan pengaturan. Membuat system restore point adalah tugas yang memerlukan hak administrator, jadi yang anda lakukan disini adalah memberikan shortcut semua hak istimewa itu agar tugas yang dijalankan dapat dieksekusi dengan benar.


7. Di jendela shortcut properties, klik Apply dan kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan dan menerapkannya.

Shortcut untuk membuat restore point sekarang siap dijalankan, dan anda dapat mengklik dobel untuk meluncurkannya dan ia akan mulai membuat restore point segera setelah itu. Saat pembuatan restore point berhasil, anda akan mendapatkan layar jendela prompt seperti gambar dibawah ini.



Dalam blog ini, tutorial dalam membuat restore point memiliki beberapa cara, seperti membuat restore point berjalan otomatis saat startup atau membuat restore point harian secara otomatis. Anda dapat menggunakan salah satu metode tersebut. Namun ada baiknya anda juga harus membaca apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh system restore point untuk system anda.

Jika anda sering membuat system restore point pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda tetapi tidak menyukai semua langkah manual yang anda lalui, anda sekarang memiliki cara mudah untuk melakukan tugas dengan shortcut atau dua metode lain pada link yang saya sertakan diatas.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Menurut anda, metode apa yang terbaik untuk membuat restore point? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Membuat Restore Point dengan Klik Dobel pada Windows 10/11"