Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Backup Otomatis OneDrive di Windows 10/11


Penyimpanan telah menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan digital kita. Tentu saja, semakin besar ruang penyimpanan semakin baik untuk kita. Salah satu fitur penyimpanan cloud adalah OneDrive. Layanan cloud Microsoft OneDrive ini secara otomatis terintegrasi pada system Windows anda. Jadi file apa saja yang anda simpan di drive system Windows akan disinkron dan di backup secara otomatis ke OneDrive. Ini juga termasuk file foto dari ponsel Android anda jika anda telah mengaktifkan Your Phone di ponsel anda.

OneDrive menawarkan fitur Backup Otomatis file dan tidak mudah untuk menonaktifkannya kecuali jika anda mengaturnya. Jika anda jarang untuk mengatur file anda atau memeriksa file anda di drive system maka kemungkinan suatu saat ruang drive system anda akan penuh. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan dalam mendownload file, atau aplikasi yang berjalan sangat lambat atau berhenti berfungsi bahkan dapat menyebabkan PC anda mengalami error, dibeberapa kasus hal ini juga dapat menyebabkan BSoD.

Jika anda menggunakan penyimpanan Cloud lain dan tidak membutuhkan OneDrive, anda dapat menghapusnya dari Windows anda. Untuk melakukannya anda dapat membaca artikel saya tentang cara uninstall aplikasi OneDrive di Windows 10/11. Namun jika anda membutuhkannya dan hanya ingin menonaktifkan aplikasi ini dari backup otomatis, anda dapat terus membaca postingan kali ini. Saya akan membagikan bagaimana caranya untuk menonaktifkan backup otomatis file anda di OneDrive.


Nonaktifkan Backup Otomatis file di OneDrive

Mengaktifkan atau menonaktifkan backup otomatis OneDrive dalam panduan ini cukup sederhana. Setelah anda melakukannya, backup dan sinkron otomatis OneDrive akan berhenti, ini juga termasuk menghentikan notifikasi yang biasanya muncul saat sinkronisasi dan backup.

  • Untuk memulai, klik ikon OneDrive kemudian More... atau klik kanan ikon OneDrive di system tray dan pilih Settings.

  • Pada jendela Microsoft OneDrive, pilih tab Backup kemudian klik tombol Manage backup.

  • Dijendela baru yang muncul, anda akan diberikan tiga opsi folder untuk backup : Desktop, Documents dan Pictures.

  • Pilih folder yang tidak ingin anda sinkronkan dan backup.
  • Setelah mengklik fitur tersebut, klik Stop backup kemudian Close.

  • Mulai sekarang OneDrive tidak lagi membackup file dari folder yang anda pilih.
  • Di jendela tab Backup, anda juga dapat menghilangkan ceklist pada Automatically save photos anda videos to OneDrive whenever I connect a camera, phone, or other device to my PC agar setiap kali anda terhubung dengan perangkat lain, semua filenya tidak disimpan secara otomatis di OneDrive.

  • Setelah mengubah semua pengaturannya, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Jika suatu saat anda ingin kembali menggunakan fitur ini, silahkan kembali ke pengaturan ini beri ceklist pada Automatically save photos anda videos to OneDrive..., kemudian masuk kembali ke Manage backup dan klik Start backup.


Dengan ruang penyimpanan cloud gratis dari OneDrive sebesar 5 GB untuk setiap pengguna Windows, tentunya menjadi sebuah pilihan yang baik untuk anda. Permasalahannya sekarang adalah layanan cloud OneDrive ini secara terintegrasi pada system Windows yang membuat drive system anda akan kehilangan banyak ruang setiap ada file baru di perangkat lain seperti dari ponsel Android. Jadi sebaiknya setelah sinkronisasi selesai, anda langsung memindahkannya ke drive lain agar drive system anda memiliki ruang yang cukup.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Menonaktifkan Backup Otomatis OneDrive di Windows 10/11"