Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengoptimalkan Windows Index untuk Pencarian yang Lebih Baik dan Lebih Cepat


Setiap kali anda melakukan pencarian di Start Menu atau di File Explorer, hasil yang diberikan kepada anda tersebut berkat fitur pengindeksan di Windows. Meskipun pencarian atau pengindeksan Windows cukup cepat, kadang-kadang mungkin memperlambat atau membuat komputer anda sedikit lambat saat browsing melalui File Explorer. Ini terjadi karena jumlah konten yang harus diolah oleh indexing service untuk anda. Hal baiknya adalah anda dapat dengan mudah mengoptimalkan Windows Index dan meningkatkan kinerja pencarian.


1. Rebuild Index di Windows 10 atau Windows 11

Tidak setiap hari, tetapi akan ada kalanya pencarian Windows bertindak aneh dan tidak menunjukkan hasil sebagaimana mestinya. Selain itu, pencarian juga bisa sangat lambat. Saat menghadapi masalah seperti ini, lebih baik untuk rebuild search index di Windows 10 atau Windows 11.
  • Untuk melakukan itu, buka Control Panel anda untuk menuju ke menu power user. Anda dapat mencarinya di Start Menu atau di taskbar klik Desktop dan pilih Control Panel.
  • Tindakan di atas akan membuka Control Panel. Disini, temukan dan klik Indexing Options.
  • Setelah jendela Indexing Options dibuka, anda dapat melihat semua folder yang diindeks oleh Windows. Untuk rebuild index pencarian Windows anda, klik tombol Advanced yang muncul di bagian bawah jendela.
  • Di jendela Advanced Options, klik tombol Rebuild.
  • Segera setelah anda mengklik tombol, Windows akan menampilkan pesan peringatan sederhana. Cukup klik tombol OK untuk mengkonfirmasi tindakan.

Dengan tindakan di atas, Windows akan membuang indexing cache sebelumnya dan akan membangunnya kembali.


Pengindeksan mungkin membutuhkan waktu untuk diselesaikan tergantung pada konten. Bahkan, jika anda mencari sesuatu di start menu saat index sedang dibangun, anda akan melihat sebuah pesan yang mengatakan The results may be incomplete.



2. Modifikasi Apa yang di Indeks Windows

Selain me-rebuild index, anda sebenarnya dapat memilih dan memutuskan apa yang dapat diindeks oleh Windows. Bahkan, anda dapat melihat semua folder yang sedang diindex oleh Windows di jendela utama Indexing Options. Ini cukup membantu jika anda ingin Windows mengindex folder atau partisi yang sering digunakan.
  • Untuk menambah atau menghapus lokasi index, buka jendela Indexing Options, lalu klik tombol Modify yang muncul di bagian bawah jendela.

  • Tindakan di atas akan membuka jendela Indexing Locations. Disini, cukup pilih folder atau partisi yang anda ingin Windows meng-indeks dari area Change Selected Locations dan kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  • Jika anda ingin menghapus lokasi yang ada dari Index, maka pilih folder itu di bawah Summary of selected locations. Tindakan ini akan dengan cepat menampilkan folder di bidang di atas. Sederhananya, hapus ceklist pada kotak, dan simpan perubahan dengan mengklik tombol OK.



3. Nonaktifkan Fitur Indexing Sepenuhnya

Jika anda merasa fitur indexing macet di system anda, maka anda dapat sepenuhnya menonaktifkannya.
  • Untuk melakukannya, tekan Win + R, ketik services.msc dan kemudian tekan tombol Enter.

  • Disini di jendela Services, cari dan klik doble pada layanan Windows Search.

  • Tindakan di atas akan membuka jendela Properties. Disini, klik tombol Stop untuk menghentikan services, pilih opsi Disabled dari menu drop-down di sebelah Startup type dan kemudian klik pada tombol OK.

Anda telah berhasil menonaktifkan fitur indexing di Windows 10 atau Windows 11 anda. Ingatlah bahwa dengan menonaktifkan services ini, anda tidak dapat lagi menggunakan fitur Search di Start Menu atau di File Explorer.


Sekian! Anda mungkin perlu membaca artikel saya lainnya yang masih berkaitan dengan Windows Index DISINI. Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk mengelola fitur indexing di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengoptimalkan Windows Index untuk Pencarian yang Lebih Baik dan Lebih Cepat"