Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File yang di Hapus Setelah Melakukan Update di Windows 10/11


Update keamanan untuk memperbaiki bug di Windows 10 atau Windows 11 telah dirilis Microsoft pada minggu lalu. Hal tersebut setidaknya telah memperbaiki kesalahan yang terjadi. Namun beberapa pengguna Windows 10 atau Windows 11 melaporkan bahwa setelah melakukan update, taskbar dan Start menu mereka direset ke pengaturan default. Dan yang lebih penting adalah mereka menemukan semua file yang berada di desktop mereka telah dihapus. Dan ini menjadi permasalahan yang serius ketika anda selalu menyimpan data anda pada drive system.

Seperti dijelaskan di website Bleeping Computer, file yang berada di desktop, tampaknya dihapus karena saat melakukan update Windows 10 atau Windows 11 sepertinya mereka menggunakan temporary profile/profil sementara (bukan profil pengguna PC Windows tersebut) dan ketika update selesai proses update gagal dalam mengembalikan profil pengguna PC Windows tersebut. Hal inilah yang menyebabkan data yang ada di desktop menjadi hilang. Masalah ini juga telah diketahui oleh pihak Microsoft dan mereka sedang berupaya memperbaikinya.

Hal baik yang perlu anda ketahui adalah file-file tersebut sebenarnya tidak benar-benar dihapus dari PC anda. Update hanya memindahkannya ke folder akun pengguna lain. Ini berbeda dengan update pada Oktober 2018 lalu yang benar-benar menghapus file anda.



Menemukan File Yang di Hapus

Update kumulatif Windows 10 (KB4532693) ini berjalan secara otomatis di PC anda. Jadi jika anda kehilangan data setelah update tersebut di instal maka anda dapat menggunakan beberapa metode dibawah ini untuk mengembalikan file anda yang di hapus.


1. Temukan File di Folder System
  • Langkah pertama, buka File Explorer anda dan temukan folder C:\Users.
  • Disini anda dapat melihat apakah ada folder yang diakhiri dengan ekstensi .bak atau .000. Contohnya C:\Users\TIPSORIAL.bak sedangkan normalnya seharusnya C:\Users\TIPSORIAL.
  • Jika ada folder ini, salah satunya mungkin profil asli anda dan anda dapat membuka folder untuk memeriksa apakah data anda ada disana.
  • Jika terdapat data anda, saya sarankan untuk segera membackup data tersebut ke drive eksternal agar anda tidak kehilangan data.
  • Selanjutnya,  Restart PC anda beberapa kali dan lihat apakah profil anda dipulihkan. Jika gagal, ikuti instruksi lainnya dibawah.

2. Uninstall Update

Jika anda menemukan bug pada Windows setelah melakukan update, cara sederhana untuk memperbaikinya adalah mengunisntall update tersebut. Hal yang sama juga dapat anda lakukan untuk kasus ini. Beberapa pengguna Windows telah melaporkan bahwa dengan melakukan ini dapat menyelesaikan masalah.
  • Untuk uninstall update, buka Settings di Start menu atau dengan menekan tombol Win + I, kemudian pilih Update & Security.
  • Dijendela Windows Update, klik View Update History  dan selanjutnya klik Uninstall Updates pada bagian atas jendela.
  • Jendela Installed Updates akan menampilkan daftar update. Anda mungkin tidak menemukan update KB4532693.
  • Gunakan Search pada kanan atas jendela untuk menemukan Update for Microsoft Windows (KB4532693).
  • Selanjutnya klik padanya dan klik Uninstall.
  • Setelah proses uninstall selesai, silahkan Restart PC anda seperti biasanya dan periksa apakah file anda kembali atau tidak. Jika tidak, ikuti metode selanjutnya.

3. Gunakan Volume Shadow Copies

Jika kedua metode diatas tidak dapat membantu mengembalikan file anda, maka anda dapat mengembalikan file anda dari backup atau mencoba mengembalikannya dari Shadow Volume Copies. Beruhubung metodenya sangat panjang jadi saya akan membuatnya di artikel terpisah, jadi silahkan buka link yang tersedia.



Opsi lain seperti membuat local user account baru dan mentransfer file dari pengguna lama ke yang baru juga dapat bekerja dengan baik. Hal ini juga disampaikan oleh pihak Microsoft. Atau anda juga dapat menghubungi Microsoft dan melihat apakah mereka memiliki metode untuk memulihkan file anda.

Namun, saya sarankan untuk menggunakan metode uninstall Update for Microsoft Windows (KB4532693), yang seharusnya dapat bekerja dengan baik dan jauh lebih mudah untuk mengatasi permasalahan ini dan semoga Microsoft segera merilis kembali update untuk mengatasi masalah ini.

Semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk berbagi pengalaman dalam mengatasi file yang dihapus setelah melakukan update di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan File yang di Hapus Setelah Melakukan Update di Windows 10/11"