Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Foto Anda Menggunakan Aplikasi Photos di Windows 10


Foto yang begitu banyak yang tersimpan dalam PC anda dapat membuat anda pusing dan tidak ada cara yang mudah untuk mengurutkannya? Namun jika anda menggunakan Windows 10, ada cara untuk memilah semuanya. Dan yang terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi Photos default yang hadir dengan Windows 10 tanpa harus menginstal software tambahan.

Dan berikut cara mengatur foto anda di Windows 10.


1. Membuka Aplikasi Photos

Untuk memulai, kita perlu membuka aplikasi Photos Windows. Untuk melakukan itu, cukup buka Search pada taskbar dan ketik Photos. Klik pada hasil yang muncul atau tekan tombol Enter. Atau anda dapat mencarinya di Start Menu.



2. Melihat Foto dalam Mode Timeline

Saat aplikasi Photos memulai, anda akan secara otomatis melihat semua gambar anda dalam timeline. Untuk kembali ke tampilan ini di masa mendatang, cukup klik Collection di bagian atas.


Dalam tampilan ini, anda akan menemukan semua gambar dan foto yang dapat ditemukan Windows. Mereka disortir sehingga gambar terbaru berada di atas, memungkinkan anda untuk menggulir mundur ke belakang saat anda turun. Anda dapat menggulir menggunakan roda mouse atau mengklik tanggal tertentu di sisi kanan untuk menuju ke titik waktu tersebut.

Jika anda melihat bahwa Foto anda tidak ada di folder, anda dapat menambahkan lebih banyak foto melalui import di kanan atas menu. Anda dapat mengimpor gambar dari folder di PC anda atau dari USB drive.



3. Membuat Album dengan Aplikasi Photos

Jika anda memiliki ide tentang cara mengurutkan foto, anda dapat membuat album untuk foto secara manual. Untuk melakukan ini, klik tab Albums di bagian atas layar, lalu klik New Album.


Di layar berikutnya, pilih gambar yang ingin anda sertakan dalam album dengan mengkliknya. Batas merah akan muncul di sekitar gambar yang dipilih, dan tanda ceklist akan muncul di kotak di kanan atas. Jangan khawatir tentang penamaannya dulu; dapatkan foto yang ingin anda tambahkan ke album yang dipilih terlebih dahulu.

Setelah selesai, klik Create.


Di layar berikutnya, pilih ikon pensil di sebelah judul album dan berikan nama album anda, lalu tekan tombol Enter. Album anda sekarang disimpan dan siap digunakan, jadi kembali ke menu utama menggunakan panah di kiri atas ketika anda selesai.


Anda juga dapat menambahkan atau mengurangi foto dalam album tertentu dengan mengklik Edit dibagian bawah preview album. Untuk menambahkan klik Add, sedangkan untuk mengurangi beri ceklist pada foto dan klik ikon Delete.



4. Menyortir Foto berdasarkan Orang

Aplikasi Photos juga dapat mengurutkan gambar menggunakan pengenalan wajah. Untuk melakukan ini, pastikan anda memiliki folder yang ingin anda identifikasi orang yang diupload ke dalam aplikasi. Anda dapat melakukan ini melalui opsi import di kanan atas.


Setelah folder diimpor ke Photos, klik tab People di bagian atas. Anda akan melihat bahwa Photos telah mengurutkan semua gambar berdasarkan wajah. Anda kemudian dapat melampirkan wajah ini ke kontak di daftar kontak Windows 10 anda atau memberi mereka nama jika anda belum menambahkannya.


Windows 10 memiliki aplikasi Photos yang berguna yang membuat penyortiran gambar anda lebih mudah. Sekarang anda tahu cara mengimpor foto, membuat album, dan bahkan mengurutkan gambar berdasarkan wajah. Jika anda menggunakan Windows 11, maka artikel ini akan membantu anda menggunakan aplikasi Photos anda.

Apakah anda memiliki tips penyortiran foto untuk pengguna Windows 10? Berikan komentar anda di bawah ini! Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengatur Foto Anda Menggunakan Aplikasi Photos di Windows 10"