Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Shortcut ke System Settings di Windows 10/11


Windows memiliki tools dan pengaturan yang memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi dan memelihara system seperti yang anda inginkan. Ada berbagai cara untuk mengakses tool-tool ini, bisa menggunakan Control Panel, kotak dialog Run, Search Start menu, dll. Namun, akan selalu ada pengaturan yang terkubur dalam-dalam atau memerlukan banyak klik untuk menavigasi.

Anda pasti akan senang memiliki shortcut sederhana untuk meluncurkan beberapa settings Windows 10 atau Windows 11 yang biasa digunakan. Beberapa settings ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, WiFi, Bluetooth, Penyimpanan, pengaturan Akun, dan pengaturan Privasi. Inilah cara anda dapat membuat shortcut khusus sendiri ke berbagai settings Windows 10 atau Windows 11.


Membuat Shortcut Khusus System

Untuk membuat shortcut khusus ke Settings Windows 10 atau Windows 11 yang berbeda, kita akan menggunakan Windows Uniform Resource Identifiers (URI). URI hanyalah sejenis tautan khusus yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai settings pada system Windows anda. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengklik beberapa jendela untuk mencapai settings atau jendela tertentu. Ada serangkaian resource identifier untuk setting yang berbeda di Windows 11, Windows 10 dan Windows 8. Yang bagus adalah bahwa beberapa URI ini berlaku untuk desktop dan ponsel Windows.


Untuk memulai, cari URI yang ingin anda buat shortcut dan copy. Anda dapat menemukan semua URI yang didukung pada halaman yang terhubung di atas. Dalam kasus saya, saya mengcopy settings URI ms-settings:emailandaccounts yang terkait dengan setting Email dan Akun Windows 10 atau Windows 11. Selanjutnya, klik kanan pada desktop atau di folder manapun dan pilih opsi New - Shortcut.


Tindakan di atas akan membuka jendela Create Shortcut. Disini, masukkan URI yang dicopy di bidang lokasi dan klik tombol Next.


Di jendela ini masukkan nama shortcut baru anda dan klik tombol Finish.


Anda telah berhasil membuat shortcut anda sendiri untuk settings Windows. Cukup klik doble pada shortcut untuk membukanya.



Membuat Shortcut di Menu Konteks

Anda juga dapat menambahkan URI ini ke menu konteks klik kanan anda. Ini memungkinkan anda untuk mengakses settings target dari mana saja di system anda.
  • Untuk memulai, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter.
  • Di Registry Editor, navigasikan ke alamat berikut:
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell
  • Klik kanan pada tombol Shell dan kemudian pilih opsi New - Key.
  • Beri nama sub-key yang baru dibuat dengan nama apa saja yang anda inginkan. Nama ini muncul di menu konteks klik kanan, jadi beri nama dengan tepat. Dalam kasus saya, saya menamakannya Akun Email.
  • Buat sekali lagi, kali ini klik kanan pada sub-key yang baru dibuat dalam kasus saya di Akun Email dan pilih opsi  New - Key.
  • Namai sub-key baru ini sebagai command dan tekan tombol Enter.
  • Secara default, sub-key command sudah memiliki string default sendiri di sebelah kanan. Karena kita perlu mengubah Value Data, maka klik doble pada string default ini.
  • Tindakan di atas akan membuka jendela Edit String. Masukkan URI yang terkait dengan pengaturan favorit anda pada bagian Value Data dalam format yang ditunjukkan di bawah ini. Dan kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. (Ganti ms-settings:emailandaccounts sesuai dengan URI yang hendak anda buat)
"C:\Windows\explorer.exe" ms-settings:emailandaccounts

  • Cukup Restart system anda, dan anda akan melihat opsi baru di menu konteks klik kanan anda.

Anda dapat menambahkan opsi menu konteks klik kanan lainnya sesuai kebutuhan anda. Seberapa banyak pun terserah anda. Jika anda ingin menghilangkannya dari menu konteks klik kanan, maka anda cukup menghapus key yang anda buat (dalam kasus saya  Akun Email) dan otomatis akan hilang dari menu konteks klik kanan.

Sekian. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk membuat shortcut cepat ke settings Windows 11, Windows 10 dan Windows 8 anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Membuat Shortcut ke System Settings di Windows 10/11"