Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir atau Izinkan Jaringan WiFi di Windows 10/11


Ketika anda mengklik ikon jaringan (network) pada taskbar untuk terhubung ke jaringan WiFi, Windows akan menampilkan semua jaringan WiFi yang tersedia. Ini membuatnya mudah untuk memilih jaringan dan terhubung dengan cepat. Namun, jika anda memiliki banyak jaringan WiFi atau titik akses di dekat anda, pop-up koneksi jaringan mungkin terlihat sangat berantakan, dan anda mungkin harus melakukan banyak scroll untuk menemukan titik akses yang anda butuhkan. Dalam situasi tersebut anda dapat mengkonfigurasi Windows untuk mengizinkan atau memblokir jaringan tertentu. Metode ini juga berguna untuk memblokir jaringan WiFi terbuka yang tidak anda percayai atau jaringan WiFi yang menggunakan nama yang tidak pantas atau tidak menyenangkan.



Blokir Jaringan WiFi

Windows tidak menyediakan opsi apapun di aplikasi Settings atau Control Panel, tetapi anda dapat dengan mudah memblokir jaringan WiFi menggunakan Command Prompt. Untuk memblokir jaringan WiFi, yang anda butuhkan hanyalah nama jaringan atau SSID. Anda bisa mendapatkan nama jaringan WiFi dengan melihat pop-up koneksi jaringan (dengan mengklik ikon jaringan di taskbar). Ketika anda memblokir jaringan WiFi, itu tidak akan muncul lagi di pop-up koneksi jaringan, dan anda tidak akan dapat terhubung dengannya.

1. Untuk memulai, cari Command Prompt di Start Menu, klik kanan padanya dan pilih opsi Run as Administrator. Anda juga bisa mencarinya di Search dengan mengetik cmd dan klik Run as Administrator.


2. Di jendela command prompt, jalankan perintah di bawah ini untuk memblokir jaringan WiFi. Ganti WiFi Network Name dengan SSID atau nama jaringan yang sebenarnya.

netsh wlan add filter permission=block ssid="WiFi Network Name" networktype=infrastructure


Segera setelah anda menjalankan perintah, nama jaringan WiFi akan ditambahkan ke filter daftar hitam, dan anda tidak akan lagi dapat melihat atau terhubung dengannya.

3. Di masa depan, jika anda ingin mengizinkan jaringan WiFi tersebut, yang harus anda lakukan adalah menghapus entri dari daftar hitam. Untuk melakukan itu, jalankan perintah di bawah ini sambil mengganti WiFi Network Name dengan nama jaringan sebenarnya yang diblokir.

netsh wlan delete filter permission=block ssid="WiFi Network Name" networktype=infrastructure

4. Jika anda tidak ingat nama sebenarnya, gunakan perintah di bawah ini. Ini akan mencantumkan nama semua jaringan WiFi yang diizinkan dan diblokir.

netsh wlan show filters

Izinkan Jaringan WiFi

Sama seperti anda dapat memblokir jaringan WiFi tertentu dan memungkinkan semua jaringan lain, anda juga dapat mengizinkan jaringan WiFi tertentu dan memblokir semua lainnya. Jenis daftar putih ini berguna ketika anda ingin system anda hanya terhubung ke jaringan yang anda percayai.

1. Sama seperti sebelumnya, buka Command Prompt dengan hak admin (lihat langkah 1 dari metode di atas) dan jalankan perintah di bawah ini untuk memungkinkan jaringan WiFi. Ganti WiFi Network Name dengan SSID atau nama jaringan yang sebenarnya.

netsh wlan add filter permission=allow ssid="WiFi Network Name" networktype=infrastructure


Jika anda memiliki lebih banyak jaringan, ulangi perintah sambil mengganti nama untuk menambahkan lebih banyak jaringan WiFi ke filter daftar putih.

2. Setelah anda selesai menambahkan, jalankan perintah di bawah ini untuk memblokir semua jaringan tidak masuk daftar putih lainnya.

netsh wlan add filter permission=denyall networktype=infrastructure

Mulai saat ini, system anda hanya dapat melihat dan terhubung ke jaringan WiFi yang diizinkan.

3. Jika anda ingin memblokir jaringan WiFi yang sebelumnya diizinkan, maka yang harus anda lakukan adalah menghapus entri spesifik itu dari daftar yang diizinkan. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah di bawah ini.

netsh wlan delete filter permission=allow ssid="WiFi Network Name" networktype=infrastructure


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas dalam memblokir atau mengizinkan jaringan WiFi di Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Blokir atau Izinkan Jaringan WiFi di Windows 10/11"