Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Booting Windows 10/11 Dalam 3 Detik? Ini Dia Caranya


Biasanya, Windows 10 dan Windows 11 membutuhkan waktu yang lama untuk boot. Pada hard disk tradisional, diperlukan waktu hampir satu menit bahkan kadang lebih untuk mencapai tampilan desktop. Dan bahkan setelah itu, masih memuat beberapa services di latar belakang, yang berarti masih membenahi system sampai semuanya dimulai dengan benar.


Apa itu Fast Startup?

Ada banyak hal yang terjadi ketika komputer anda melakukan booting. Pada dasarnya, kernel dimuat bersama dengan beberapa driver. Program, libraries dan jenis data lainnya kemudian dibaca dari disk ke memory dan dieksekusi atau diproses dengan cara tertentu oleh prosesor. Pada SSD, proses ini cukup cepat dilakukan. Dalam sekitar sepuluh hingga dua puluh detik desktop anda muncul. Karena waktu ini dapat diterima, namun sebagian besar pengguna tidak menyadari bahwa hal ini bahkan lebih cepat. Dengan Fast Startup aktif, komputer anda akan melakukan booting dalam waktu kurang dari lima detik. Tetapi meskipun fitur ini diaktifkan secara default, pada beberapa system Windows masih akan melalui proses booting secara normal.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Fast Startup disini. Agar lebih mengerti, anda bisa memikirkan analogi ini. Katakanlah dalam booting normal komputer anda harus menambahkan 1 + 2 + 3 + 4 untuk mendapatkan hasil 10. Dengan Fast Startup, saat shutdown Windows menyimpan hasil 10 ini ke disk. Saat anda booting kembali PC anda, itu hanya menyalin hasil 10 ini dari disk ke RAM. Dengan cara ini ia akan menghindari keharusan untuk menghitung ulang angka ini dari awal (Dalam hal ini 1 + 2 + 3 + 4).


Bagaimana Anda Tahu Jika Windows Menjalankan Fast Startup?

Sebenarnya cukup sederhana. Jika anda melihat animasi booting, titik dimana titik-titik itu berputar dalam lingkaran, itu adalah booting normal. Jika anda tidak melihat animasi booting itu, maka Windows sedang melakukan Fast Startup.

Contoh video untuk booting, saya menggunakan PC dengan spesifikasi lama dengan pemakaian lebih dari 5 tahun, untuk membuktikan kepada anda bagaimana dasyatnya fitur Fast Startup ini. Anda bisa membayangkan bagaimana jika ini diterapkan di PC dengan spesifikasi terbaru.


Bahkan ketika semuanya sudah beres, system operasi anda tidak akan menjalankan Fast Startup setiap saat. Berikut ini beberapa contohnya:
  • Ketika anda me-Restart, bukan Shut down, booting normal akan dilakukan di waktu berikutnya. Dengan kata lain, Fast Startup dapat terjadi hanya setelah anda men-shut down komputer anda.
  • Setelah update.
  • Setelah anda menginstall atau menguninstall driver.
  • Dalam beberapa kasus, jika anda booting ke Windows dan kemudian dengan cepat anda men-Shut down kembali PC anda. Sebaiknya biarkan system operasi "normal" dan memuat data background selama setidaknya satu atau dua menit sebelum men-Shut down ketika anda menguji langkah-langkah dalam artikel ini.

Cara Memastikan Fast Startup Digunakan di System Anda

Kondisi akan bervariasi dari satu system dengan system lainnya. Dalam beberapa kasus anda akan menemukan bahwa bahkan tanpa elemen-elemen ini, Windows akan menjalankan Fast Boot. Namun, dalam kebanyakan kasus, persyaratan berikut akan berlaku.

1. Windows perlu booting melalui UEFI. Jika anda menginstal system operasi anda dalam mode BIOS, anda mungkin dapat mengonversi ke UEFI dengan mengikuti langkah-langkah ini. Jangan lupa untuk mengubah pengaturan UEFI anda untuk menonaktifkan boot BIOS dan mengaktifkan boot UEFI sesudahnya.


2. Anda memerlukan driver SATA/NVMe dari produsen motherboard anda. Driver generik Windows tidak akan memotongnya. Misalnya, jika anda melihat sesuatu seperti "Standard SATA AHCI Controller" di Device Manager, itu berarti menggunakan driver generik. Dan sebagai catatan tambahan, SSD biasanya kinerjanya buruk dalam skenario ini. Misalnya, kecepatan baca sekuensial mencapai 100-200MB/s dengan driver ini pada system dan naik ke 550MB/s dengan driver khusus.


3. Fast Startup telah diaktifkan di Power Options dan harus diaktifkan secara default. Tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksa atau mengaktifkannya kembali jika sebelumnya anda menonaktifkannya karena suatu alasan. Buka Control Panel kemudian Power Options - Choose what the power buttons does - Change settings that are currently unavailable.


4. Perangkat penyimpanan cepat seperti SSD atau NVMe drive diperlukan. Fast Startup mungkin bekerja dengan hard disk, dan pasti akan mengurangi waktu booting, tetapi jelas tidak mungkin akan booting dalam tiga detik, heheee....mimpi itu namanya.


Jika Fast Startup Masih Tidak Aktif

Langkah-langkah di atas seharusnya cukup untuk membuat komputer anda booting lebih cepat. Jika anda tidak berhasil, coba instal driver lain yang tersedia untuk motherboard anda, VGA card dan hardware lain yang mungkin anda miliki. Jika anda tidak dapat menemukan driver di website produsen anda, coba tools ini. Dalam daftar yang dihasilkan oleh program ini, anda akan melihat driver yang dilabeli dengan nama pabrikan. Jika anda mencoba driver untuk merek spesifik anda dan tidak berfungsi, coba driver lain dari pabrikan lain. Bahkan jika itu merek yang berbeda, mereka sering menggunakan chip dan chipset yang sama/serupa, jadi drivernya sama.

Jika anda menginstal Windows saat melakukan booting melalui BIOS, nonaktifkan booting BIOS sepenuhnya (dan CSM jika tersedia), aktifkan booting UEFI saja dan instal ulang system operasi anda.

Jika opsi ini tidak berhasil, anda mungkin memiliki implementasi UEFI yang bermasalah atau beberapa hardware yang Windows tidak dapat menggunakan Fast Boot. Sayangnya, jika anda termasuk dalam kategori ini, tidak ada yang dapat anda lakukan selain mengganti motherboard atau hardware yang bermasalah.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Mau Booting Windows 10/11 Dalam 3 Detik? Ini Dia Caranya"