Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Protected View di Microsoft Word


Semua pengguna Microsoft Office mungkin telah mendapatkan manfaat dari format Word Protected View. Ketika anda mengunduh dokumen atau memformatnya ke Word dari Internet, terutama dari layanan cloud (seperti OneDrive, Google Drive, Dropbox, dan Box) atau sebagai lampiran email, anda akan mendapatkan dokumen dalam Protected View.

Protected View adalah cara Microsoft melindungi komputer anda dari bahaya sambil memberi anda akses ke dokumen yang anda unduh. Microsoft ,emberikan alasan untuk menyetel dokumen ke Protected View. Ini bunyi tentang hal itu dari situs web Microsoft:

"Files from the Internet and from other potentially unsafe locations can contain viruses, worms, or other kinds of malware that can harm your computer. To help protect your computer, files from these potentially unsafe locations are opened as read only or in Protected View. By using Protected View, you can read a file and see its contents and enable editing while reducing the risks."

(File dari Internet dan dari lokasi yang berpotensi tidak aman lainnya dapat berisi virus, worm, atau jenis malware lainnya yang dapat membahayakan komputer anda. Untuk membantu melindungi komputer anda, file dari lokasi yang berpotensi tidak aman ini dibuka di Protected View. Dengan menggunakan Protected View, anda dapat membaca file dan melihat isinya sambil mengurangi risikonya).


Namun, Word tidak dikunci pada format Protected View. Beralih dari Protected View ke mode pengeditan hanya membutuhkan beberapa klik. Anda akan melihat Bilah Pesan kuning. Klik Enable Editing seperti yang anda lihat di Bilah Pesan. Selanjutnya, klik File dan kemudian Edit Anyway. Anda juga dapat melompati Protect View secara bersamaan dan langsung ke mode pengeditan setiap kali anda mengunduh dokumen berformat Word dari Internet.


Cara Menonaktifkan Protected View di Word

Langkah pertama yang jelas adalah membuka Microsoft Word anda untuk melihat tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Kecuali anda menggunakan Word versi lama, ini adalah apa yang seharusnya anda lihat ketika anda membuka software.

Sekarang, pilih blank document. Blank document harusnya berada disisi kiri atas desktop anda seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.


Selanjutnya, klik tab File. Anda akan melihat tab ini di file kosong anda. Lanjutkan dengan mengklik Options. Letaknya paling bawah disisi kiri bawah.


Setelah anda mengklik Options (dari langkah sebelum ini), anda akan dibawa ke jendela Options Word tempat anda dapat mengakses Trust Center. Tautan terakhir di sisi kiri bawah layar anda yang diberi label Trust Center.

Sekarang, lihat sisi kanan bawah Trust Center untuk menemukan tombol bernama Trust Center Settings dan klik tombol itu.


Selanjutnya, pilih Protected view yang merupakan tautan keempat dari bawah disisi kiri layar anda.

Bergantung pada preferensi anda, anda dapat memilih salah satu dari tiga tipe Protected Views atau kombinasi dari mereka. Protected Views dapat diatur untuk:
  • File yang berasal dari Internet (seperti penyimpanan cloud anda, download dari situs web dan lainnya). Ini pada dasarnya semua file anda.
  • File yang berada di tempat-tempat yang mungkin tidak aman, domain publik, atau repositori publik online.
  • Klien email desktop anda, mis. Outlook.


Catatan : Semua gambar di screenshot dari Microsoft Word 2016.

Dengan Protected View anda dinonaktifkan, anda dapat dengan mudah mendownload dan langsung mulai mengedit dokumen dari Internet, email, cloud, dan lainnya. Seperti yang ditunjukkan oleh Microsoft di situs web mereka, Protect View adalah fitur keamanan untuk melindungi anda dari bahaya. Namun jika anda selalu yakin bahwa dokumen yang anda download aman, anda mungkin ingin meninggalkan Word Protected View anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu anda. GBU

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Protected View di Microsoft Word"