Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Tombol Shutdown di Login Screen Windows 10/11


Ketika anda pertama kali menyalakan system anda atau ketika anda mengunci system anda, Windows akan menampilkan layar login sederhana yang memungkinkan anda untuk masuk ke system anda. Di login screen Windows 10 atau Windows 11 akan memberi anda berbagai opsi seperti Ease of Access, opsi Power, opsi Sign-in dan lainnya.

Tombol Power pada layar login memungkinkan anda untuk merestart, Shut down, atau membuat system anda dalam Sleep mode dengan cepat. Semuanya itu tentu saja berguna, namun anda kadang-kadang mungkin perlu menonaktifkan atau menghapus tombol Power dari layar login untuk mencegah pengguna lain mematikan PC anda ketika terkunci. Dan inilah cara anda dapat menghapus tombol Shutdown atau Power dari layar login Windows 10 atau Windows 11.

Untuk menghapus tombol Power dari layar login Windows 10 atau Windows 11 anda dapat menggunakan Group Policy Editor atau Registry Editor. Saya akan menunjukkan pada anda dua cara tersebut. Ikuti cara yang lebih nyaman untuk anda ikuti. OK, mari kita mulai!


1. Menggunakan Group Policy Editor

Menghapus tombol Shutdown dari layar login menggunakan Group Policy Editor adalah cara termudah. Namun metode ini khusus untuk pengguna Windows edisi Pro atau Enterprise. Bagi pengguna Windows edisi Home, gunakan metode registry atau anda dapat mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah yang sama dibawah ini untuk menghapus tombol Shutdown. 

  • Untuk memulai, tekan Win + R dan ketik gpedit.msc diikuti dengan menekan tombol Enter.


  • Tindakan di atas akan membuka Group Policy Editor Windows. Di panel kiri jendela Group Policy Editor, arahkan ke kebijakan berikut.

Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings - Local Policies - Security Options

  • Temukan dan klik doble pada kebijakan Shutdown: Allow system to be shut down without having to log on.


  • Ini akan membuka jendela pengaturan kebijakan masing-masing. Disini, pilih tombol Disable, lalu klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Mulai saat ini dan seterusnya anda tidak akan melihat tombol Power di layar masuk.

Jika anda ingin kembali, cukup ubah pengaturan kebijakan dari Disable ke Enable dan anda siap melakukannya.


2. Menggunakan Windows Registry Editor

Jika anda tidak memiliki akses ke Group Policy Editor, maka anda dapat menggunakan Registry Editor Windows. Namun, pastikan anda memiliki backup registry yang baik sebelum melakukan perubahan. Untuk membackup registry silahkan baca artikel saya lainnya DISINI atau DISINI.

  • Untuk memulai, tekan Win + R, ketik regedit dan tekan tombol Enter untuk membuka Windows Registry Editor.


  • Setelah Registry Editor dibuka, navigasikan ke alamat berikut dibawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System


  • Klik kanan folder System dipanel kiri atau pada ruang kosong di panel kanan, dan kemudian pilih opsi New - DWORD (32-bit) Value.


  • Tindakan di atas akan membuat Dword Value baru. Ganti nama Value baru dengan shutdownwithoutlogon dan tekan tombol Enter.


  • Setelah membuat value, klik doble padanya dan pastikan bahwa Value data diatur ke 0 (nol). Jika Value data tidak diatur ke 0 maka ubah dia.


Anda telah berhasil menghapus tombol Power atau mati dari layar login. Jika anda ingin kembali, cukup ubah Value data nilai dari 0 menjadi 1 dan anda siap mengembalikan tombol Power.

Catatan: Jika anda ingin menghapus tombol Ease of Access di Login Screen, anda dapat membacanya disini.

Bagaimana menurut anda? Tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menghapus tombol Power atau Shutdown dari layar login Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menghapus Tombol Shutdown di Login Screen Windows 10/11"