Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir Notifikasi Saat Menggunakan Kamera di Android


Dengan semakin canggihnya kamera di smartphone, sangat mudah untuk mengambil gambar. Tetapi hal yang menjengkelkan adalah notifikasi dapat muncul pada waktu yang salah ketika anda akan mengambil gambar, apalagi ketika momen yang ingin anda abadikan tersebut tidak berlangsung lama.

Karena sekarang ada aplikasi untuk hampir semua hal, maka ada juga aplikasi untuk mencegah notifikasi yang mengganggu anda ketika anda akan mengambil gambar yang sempurna itu. Ini adalah aplikasi gratis dan juga mudah digunakan.


Cara Memblokir Notifikasi Saat Menggunakan Kamera

Ini bisa sangat menjengkelkan ketika anda akhirnya mendapatkan semua teman anda di tempat yang sama untuk sebuah gambar, dan ketika anda akan mengambilnya, notifikasi akan menghalangi. Tentu, hanya perlu satu detik untuk menghapus notifikasi, tetapi terkadang hanya itu yang diperlukan untuk melewatkan mengambil foto yang sempurna.

MacroDroid adalah aplikasi yang memungkinkan anda mengatur berbagai pemicu dan tindakan, tetapi untuk tutorial ini langkah-langkahnya akan menunjukkan cara menonaktifkan notifikasi saat menggunakan aplikasi kamera.
  • Ketika anda pertama kali meluncurkan aplikasi, ketuk tombol merah Add Macro, diikuti oleh opsi Applications.
  • Setelah menekan opsi Applications, empat opsi akan muncul di bawahnya. Ketuk salah satu yang mengatakan Application Launched/Closed. Anda akan melihat daftar panjang aplikasi yang dapat Anda periksa, tetapi opsi yang menarik adalah aplikasi Camera.
  • Untuk melanjutkan, anda harus memberikan aksesibilitas (Accessibility) aplikasi. Aplikasi ini akan membawa anda ke tempat anda dapat mengaksesnya di pengaturan perangkat anda. Saat anda menemukannya dan mengaturnya, ketuk tombol kembali, dan anda akan dibawa kembali ke aplikasi.
  • Ini adalah bagian dimana anda akan menambahkan tindakan pada apa yang telah anda lakukan. Ketuk pada tab Actions di sebelah kanan tab Triggers. Geser ke bawah, dan ketuk opsi Volume. Ketika opsi tambahan muncul, ketuk pada Priority Mode/Do Not Disturb.

  • Jika anda belum mengaktifkan mode Do not Disturb, aplikasi akan meminta anda untuk melakukannya. Setelah mengetuknya, anda harus memilih notifikasi apa yang bisa dijalani. Anda dapat memilih dari opsi berikut: Allow all, Allow Priority Notifications dan Block All.
  • Untuk menyimpan perubahan anda, ketuk tanda ceklist di kanan bawah dan bersiaplah untuk memberi nama kreasi anda.



Cara Mendapatkan Notifikasi Anda Kembali

Jika anda tidak membuat Makro lain, maka anda akan berada dalam mode Do not Disturb selama beberapa waktu.
  • Sekali lagi, buka halaman utama aplikasi dan ketuk opsi Add Macro yang berwarna merah. Ketuk aplikasi dan lagi pada opsi Application Launched/Closed.
  • Kali ini pilih opsi Application Closed, dan pilih opsi kamera dari daftar aplikasi.
  • Pilih tab Actions, dan pilih Volume seperti sebelumnya. Pilih Priority Mode/Do Not Disturb, tetapi kali ini pilih Allow All dari opsi. Ketuk OK dan beri nama Makro.



Lain kali anda membuka aplikasi, anda akan melihat bahwa anda memiliki dua Makro yang dibuat dimana satu untuk mengaktifkan Do Not Disturb ketika anda membuka aplikasi kamera dan yang lain untuk menutupnya ketika anda selesai menggunakannya.

Kedua makro ini akhirnya akan membantu anda mengambil gambar tanpa harus khawatir tentang pemberitahuan yang mengganggu. Ingatlah untuk membuat yang kedua yang akan menonaktifkan Do Not Disturb ketika anda selesai.

Sekian tutorial kali ini. Jangan lupa untuk meninggalkan pemikiran anda tentang tutorial diatas di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Blokir Notifikasi Saat Menggunakan Kamera di Android"