Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Cryptojacking dan Bagaimana Melindungi Diri Anda Dari Ini


Internet telah benar-benar menempatkan dunia di ujung jari kita. Hal ini telah mengubah cara kita berkomunikasi, belajar, dan melakukan bisnis. Sayangnya, internet juga mempermudah pelaku "individu" untuk memanfaatkan anda.

Meskipun mungkin masih ada beberapa penipuan phishing yang beredar, kejahatan cyber saat ini menggunakan metode yang lebih canggih. Ransomware adalah salah satu ancaman yang lebih serius yang mengintai di Internet. Namun, ada bahaya lain yang lebih halus, seperti Cryptojacking.

Ransomware menginfeksi komputer dan pada dasarnya mengunci korban sampai dia membayar tebusan. Ini adalah bentuk yang ditonjolkan dan kompromi untuk komputer anda yang menjadikannya tidak berguna. Namun dengan Cryptojacking, anda bisa menjadi korban dan bahkan saat anda tidak menyadarinya.


Apa itu Cryptojacking?

Cryptojacking adalah penggunaan yang tidak sah dari CPU komputer untuk menambang cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya. Saya tidak akan masuk ke seluk-beluk penambangan cryptocurrency disini, tetapi prosesnya bergantung pada kekuatan pemrosesan komputer. Ini membuat penambangan cryptocurrency mahal karena persyaratan hardware yang tinggi dan biaya listrik yang membengkak tentunya.

Penambang crypto telah menyusun kode yang memungkinkan mereka pada dasarnya membajak komputer anda untuk menambang koin ketika anda mengunjungi situs web tertentu. Ketika ini terjadi, penggunaan CPU PC anda meningkat. Ini dapat menyebabkan masalah kinerja, peningkatan konsumsi listrik dan bahkan kerusakan karena terlalu panas. Selain tidak pernah melihat hasil kerja PC anda, anda bisa menjadi korban dan bahkan tidak menyadarinya.


Cara Mendeteksi Cryptojacking pada PC Anda

Untungnya, ada cara untuk melihat apakah PC anda digunakan untuk menambang cryptocurrency. Seperti yang saya sebutkan diatas, penambangan crypto adalah CPU intensif, jadi jika PC anda digunakan, anda akan melihat lonjakan signifikan dalam penggunaan CPU. Untungnya, ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk memeriksa penggunaan CPU anda.

Jika anda menggunakan PC berbasis Windows, anda sebaiknya memeriksa penggunaan CPU melalui Windows Task Manager.

  • Untuk membukanya, tekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Ini akan menyebabkan layar biru muncul. Disini, anda pilih Task Manager. Letaknya paling bawah.
  • Di Task Manager, lihat tab Processes dan temukan browser yang anda gunakan saat itu.
  • Klik tanda panah di sebelah browser anda untuk memperluas semua tab yang saat ini anda buka. Ini akan memecah penggunaan CPU setiap tab. Jika anda melihat salah satu yang menggunakan daya CPU secara signifikan lebih dari yang lain, kemungkinan situs tersebut menggunakan PC anda untuk menambang koin.

Atau, anda juga dapat menggunakan tools Resource Monitor yang dibundel dengan Windows. Untuk membuka Resource Monitor, pada pencarian Cortana ketik resmon dan klik itu.


Jika anda memiliki Mac, anda dapat melakukan hal yang sama dengan menjalankan Activity Monitor.

Untuk melakukannya, cukup tekan Command + Space dan cari Activity Monitor. Selanjutnya, jika Chrome adalah browser pilihan anda, anda dapat memeriksa Task Manager yang ada di dalamnya dengan membuka Menu - More Tools - Task Manager.


Cara Mencegah Cryptojacking

Jika anda dapat mendeteksi adanya cryptojacking, itu semua baik dan bagus, tetapi apa yang dapat anda lakukan untuk menghentikannya? Untungnya, ada beberapa solusi potensial yang dapat anda coba. Cryptojacking terjadi ketika anda mengunjungi situs web yang menjalankan skrip jahat (malicious script) yang membajak CPU anda. Untungnya, anda dapat memasang ekstensi browser yang mencegah hal ini terjadi.


Jika anda menggunakan Google Chrome, anda dapat menginstal ekstensi browser minerBlock. Untuk pengguna Firefox dapat menginstal add-on browser NoCoin atau NoScripts. Jika ide menggunakan ekstensi peramban tidak menarik buat anda, anda dapat menggunakan perangkat lunak pemblokiran iklan seperti AdBlock untuk memblokir situs web yang telah anda identifikasi sebagai yang menjalankan skrip cryptojacking.


Jika anda menggunakan Opera sebagai browser anda (atau tidak keberatan beralih), maka anda beruntung. Pada Opera versi 50 dan yang lebih baru dari browser web Opera memiliki perlindungan cryptojacking built-in. Yang harus dilakukan oleh semua pengguna adalah mengaktifkan tools ad-blocking yang ada di dalam browser.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu melindungi anda dari cryptojacking.

Apakah anda pernah menjadi korban cryptojacking? Apa yang telah kamu lakukan tentang itu? Apakah anda mempunyai metode lain untuk mencegah cryptojacking? Bagikan dengan saya dan yang lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan sampai jumpa di tutorial berikutnya. Terimakasih dan GBU

Post a Comment for "Apa itu Cryptojacking dan Bagaimana Melindungi Diri Anda Dari Ini"