Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Alternatif Bitlocker Terbaik


Bitlocker adalah alat enkripsi hebat yang diintegrasikan ke dalam Windows 10. Tetapi itu tidak untuk semua orang, karena hanya pengguna Windows 10 Pro dan Enterprise saja yang memiliki akses ke sana. Jadi untuk pengguna Windows 10 Home maaf anda tidak termasuk dan untuk itu anda harus mencari alternatif lain.

Dan untuk Windows 10 Home dan lainnya jangan khawatir, karena ada banyak opsi di luar sana, banyak di antaranya dengan fungsionalitas yang lebih kuat daripada opsi dari Microsoft ini. Disini saya akan memberikan beberapa pilihan terbaik software enkripsi dari pihak ketiga selain Bitlocker.


1. VeraCrypt

Jika anda adalah pengguna rumahan dan sedang mencari software enkripsi gratis dan mudah digunakan untuk Windows 10, maka open-source VeraCrypt adalah pilihan pertama yang hebat. Anda mendapatkan enkripsi tingkat enterprise, yang pada dasarnya memungkinkan anda membuat kata sandi terenkripsi untuk semua drive dan partisi yang terkandung di dalamnya.


Anda dapat memasang dan membuat virtual drive terenkripsi, serta mengenkripsi partisi OS anda untuk keamanan maksimum. Ada banyak pilihan dalam hal jenis algoritma enkripsi yang ingin anda gunakan, termasuk AES yang sangat populer, serta algoritma yang kurang dikenal tetapi masih kuat seperti Twofish dan Camellia.

Dalam hal algoritma hashing, opsi anda adalah SHA-256 dan RIPEMD-160.


2. Enkripsi Perangkat Windows

Hanya karena anda adalah pengguna Windows 10 Home tidak berarti anda sepenuhnya ditinggalkan dalam keadaan dingin ketika datang ke enkripsi onboard. Beberapa PC Windows 10 Home memiliki fitur device encryption, tetapi PC anda harus mendukung TPM dan UEFI dan mendukung standby mode yang terhubung.

Jika anda tidak yakin apakah PC anda memiliki fitur-fitur ini, hal termudah untuk dilakukan adalah memeriksa langsung untuk melihat apakah anda memiliki kemampuan device encryption.


Untuk melakukan ini: di Windows 10 buka Settings - Update & Security. Jika anda memiliki Device encryption, anda akan melihat opsi yang muncul di panel di sebelah kiri jendela. Cukup klik, lalu klik tombol Turn on untuk device encryption.


3. Enkripsi Jetico BestCrypt Volume

Untuk opsi komersial yang lebih mendalam, Jetico benar-benar mencakup semua pangkalan ketika menyangkut enkripsi data Windows. Ini menggunakan chip TPM untuk keamanan maksimum dan menawarkan semua algoritma 256-bit yang populer seperti AES, Serpent dan Twofish.


BestCrypt memiliki antarmuka pengguna yang elegan, memungkinkan anda melihat semua status enkripsi pemasangan, partisi, dan disk anda dari satu layar, dan bahkan mendukung system sejauh Windows XP Service Pack 3 (bukan berarti anda masih harus menggunakannya).

Anda dapat mengenkripsi segala jenis volume termasuk RAID, dapat mengontrol segala sesuatu dari kata sandi masuk tunggal (dengan otentikasi dua faktor), dan juga mengaktifkan otentikasi pra-boot. Ini adalah paket yang ampuh bagi mereka yang bersedia membayar $120.


4. Sophos Safeguard

Salah satu fitur yang paling penting dari Sophos Safeguard adalah fakta bahwa ia tidak hanya memiliki metode enkripsi miliknya tetapi juga dapat meng-host Bitlocker dan File Vault (tools enkripsi di Mac) dalam antarmuka sendiri.


Ini menggunakan HTTPS untuk memungkinkan pengguna luar untuk terhubung ke server anda. SafeGuard Key Ring memungkinkan mereka yang memiliki akses ke server untuk melihat file apa yang dapat mereka buka, dan anda juga dapat mengatur kunci grup untuk menentukan grup orang tertentu untuk memiliki akses ke dokumen tertentu. Deteksi ancaman yang ketat memungkinkan bahwa semua kunci enkripsi dihapus hingga ancaman ditangani.

Antarmuka masuk saat PC dinyalakan bukan yang paling elegan, dan jika anda tidak menjalankannya pada SSDm anda mungkin merasa agak lambat. Selain itu, ini adalah opsi yang sangat kuat yang mencakup seluruh hard drive anda dan partisinya.

Dan untuk mendapatkannya secara full, harga SafeGuard mulai dari $ 106 untuk langganan tiga tahun.

Jadi ada banyak hal lain di dunia enkripsi yang dibuktikan oleh Bitlocker dan opsi di atas. Apakah anda bersedia memberikan uang untuk solusi enterprise yang kuat atau mencari sesuatu yang gratis dan open source? Daftar di atas seharusnya sudah anda pilih dan ingin menggunakan salah satunya.

Apa software enkripsi favorit anda untuk Windows 10? Beritahu saya dikolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "4 Alternatif Bitlocker Terbaik"