Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Recall Snapshots di Windows 11

 


Fitur Recall hanya tersedia untuk PC Copilot+ karena memungkinkan Recall memproses konten anda secara lokal di komputer dan menyimpannya dengan aman di perangkat anda secara lokal. Snapshot dienkripsi dengan Device Encryption atau BitLocker yang diaktifkan secara default di Windows 11. Oleh karena itu, snapshot anda tidak dapat dilihat oleh pengguna lain atau oleh Microsoft.


Recall menyimpan snapshot setiap lima detik untuk mencari dan mengambil konten yang dilihat dengan mudah menggunakan bahasa asli. Ini tidak termasuk perekaman audio dan video secara kontinu. Namun, anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Recall Snapshots di Windows 11. Dalam artikel ini, kita akan melihat cara mengaktifkan atau menonaktifkan Recall Snapshots menggunakan Settings Windows, Registry Editor dan Group Policy Editor.




Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Recall Snapshots di Windows 11


Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Recall Snapshots di Windows 11 anda. Mari kita bahas semua metodenya secara terperinci.



1. Melalui Settings Windows


Settings Windows adalah toko serba ada untuk mengonfigurasi system operasi anda. Dan jika anda bukan admin maka anda tidak perlu menggunakan cara lain selain cara ini. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows 11.
  • Di jendela Settings, pilih Privacy & security di panel kiri.
  • Sekarang, temukan dan klik Recall & snapshots di panel kanan.
  • Anda kemudian dapat menggunakan tombol Save Snapshots untuk mengaktifkan (On) atau menonaktifkan (Off) Recall Snapshots di system anda.
  • Setelah selesai, tutup Settings Windows dan anda siap melakukannya.



Anda juga dapat menghapus Snapshots yang disarankan jika anda ingin menghapus data yang dikumpulkan sejauh ini. Cukup klik Delete Snapshots dan anda akan mendapatkan berbagai pilihan untuk dipilih. Anda dapat menghapus Snapshots untuk jangka waktu tertentu atau cukup membersihkan semuanya.


Anda dapat mengkonfigurasi opsi Recall Snapshots tambahan dari sana, termasuk jumlah ruang disk yang boleh digunakan oleh Recall untuk menyimpan snapshot. Jumlah ruang disk yang dapat dialokasikan pengguna untuk Recall bergantung pada seberapa banyak ruang yang sebenarnya mereka miliki.



2. Melalui Registry Editor


Anda juga dapat megaktifkan atau menonaktifkan Recall Snapshots menggunakan Registry Editor. Registry Windows adalah database hierarki yang menyimpan pengaturan konfigurasi untuk system operasi, hardware dan software yang diinstall. Namun, ketika membuat perubahan apapun pada registry, kita harus sangat berhati-hati. Oleh karena itu, saya menyarankan anda terlebih dahulu membackup registry anda sebelum melakukan perubahan apapun pada Registry Editor.


Setelah anda membackup registry anda, anda dapat mulai mengonfigurasi Recall Snapshots dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Notepad di Windows anda.
  • Setelah itu, copy baris kode berikut dibawah ini dan paste ke Notepad. Pilih salah satu baris kode sesuai kebutuhan.

Untuk mengaktifkan Recall Snapshots:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\PolicyManager\default\WindowsAI\DisableAIDataAnalysis]
“value”=dword:00000000

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\WindowsAI]
“DisableAIDataAnalysis”=-

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\WindowsAI]
“DisableAIDataAnalysis”=-

Untuk menonaktifkan Recall Snapshots:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\WindowsAI]
“DisableAIDataAnalysis”=dword:00000001

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\WindowsAI]
“DisableAIDataAnalysis”=dword:00000001
  • Setelah itu, klik File - Save as di jendela Notepad.
  • Selanjutnya, beri nama apa saja dan tambahkan ekstensi .reg (misalnya Recall_Snapshots_On.reg).
  • Kemudian, ubah File as type ke All files dan klik Save untuk menyimpannya.


  • Setelah anda membuat file, buka folder tempat anda menyimpan file reg tersebut.
  • Selanjutnya, yang perlu anda lakukan hanyalah menjalankannya dengan hak administrator dengan cukup mengklik dobel pada file reg dan klik Yes pada jendela UAC yang muncul.


  • Biarkan proses berjalan hingga selesai.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.

Pekerjaan anda selesai dan anda dapat memeriksanya. Ingatlah bahwa perubahan diterapkan ke semua pengguna yang terhubung ke jaringan domain anda.


3. Melalui Group Policy Editor

Jika anda menggunakan system operasi Windows Pro atau Enterprise, maka gunakan Group Policy Editor daripada Registry Editor karena ini adalah pilihan yang sangat nyaman. Pengguna Windows edisi Home juga dapat mengikuti langkah ini, namun anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu.

Untuk megaktifkan atau menonaktifkan Recall Snapshots menggunakan Group Policy Editor, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.
User Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Windows AI
  • Selanjutnya, temukan dan klik dobel pada kebijakan Turn off Saving Snapshots for Windows di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, atur ke Enabled untuk menonaktifkan Recall Snapshots atau ke Not Configured untuk tetap mengaktifkannya.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Perubahan akan diterapkan ke semua pengguna jika anda adalah administrator jaringan.


Semoga panduan ini membantu anda mengkonfigurasi Recall Snapshots dari Settings Windows, Registry Editor dan Group Policy Editor.

Bagaimana cara menonaktifkan Recall di Windows 11?
Untuk menonaktifkan Recall di Windows 11, kita perlu menonaktifkan Recall Snapshots. Untuk melakukannya, buka Settings, kemudian buka Privacy & security. Cari Recall dan buka. Kemudian, nonaktifkan tombol Save Snapshots untuk menonaktifkan fitur ini. Jika anda ingin menghapus semua foto yang diambil hingga saat ini, cukup klik Delete all dan klik kanan untuk menghapus semua snapshot.

Apakah Recall ada di Windows 11?
Ya, Recall akan diperkenalkan di Windows 11 24H2 dan akan tersedia untuk Windows 11 PC Copilot+. Saat ini, pengguna dengan Windows Insider Preview dapat mengakses Recall untuk menguji fungsinya.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengaktifkan atau menonaktifkan Recall Snapshots di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Recall Snapshots di Windows 11"