Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80070299, The requested operation could not be completed due to a file system limitation

 


Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki Error 0x80070299, The requested operation could not be completed due to a file system limitation. Error ini dapat terjadi saat meng-copy file besar atau saat membuat backup melalui Volume Shadow Copies. Masalah ini biasanya terkait dengan edisi Windows Server.



Sebelum kita melanjutkan, mari kita lihat mengapa error ini terjadi. Saat anda meng-copy atau memindahkan file terkompresi ke hard drive dengan system file NTFS, Windows akan mendekompresinya dan kemudian mengkompresnya ulang. Proses ini berhasil dijalankan hingga ukuran file terkompresi tertentu. Batas ukuran file sebenarnya, dalam hal ini, tidak diungkapkan oleh Microsoft.


Error seperti itu terjadi karena mendekompresi dan mengkompres ulang file meningkatkan fragmentasi dan file yang sangat terfragmentasi dalam system file NTFS tidak dapat tumbuh melebihi ukuran tertentu yang disebabkan oleh batas implementasi dalam struktur dalam system file NTFS. Jika anda meng-copy file tanpa mengkompresnya, maka kemungkinan error ini menjadi lebih kecil.



Memperbaiki Error 0x80070299, The requested operation could not be completed due to a file system limitation


Jika anda juga mendapatkan Error 0x80070299, The requested operation could not be completed due to a file system limitation di komputer Windows anda, maka gunakan beberapa solusi perbaikan berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Optimalkan Hard Drive Anda


Jika anda melihat error ini saat meng-copy file yang tidak terkompresi atau file yang jarang ke hard drive dengan system file NTFS, saya sarankan anda menggunakan tool Disk Defragment. Komputer Windows memiliki tool bawaan untuk mendefrag hard drive. Anda dapat menggunakan tool ini atau tool pihak ketiga yang serupa untuk mengoptimalkan hard drive anda.




2. Nonaktifkan Kompresi NTFS


Solusi ini ditujukan untuk pengguna yang menerima error ini saat meng-copy file terkompresi berukuran besar ke hard drive dengan system file NTFS. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, saat meng-copy file terkompresi, Windows terlebih dahulu mendekompresinya, lalu mengkompresnya ulang. Proses ini meningkatkan fragmentasi yang menyebabkan terjadinya error ini.


Nonaktifkan kompresi NTFS pada hard drive target dan kemudian copy file terkompresi ke dalamnya. Anda dapat mengaktifkan kembali kompresi NTFS nanti. Anda dapat menggunakan Local Group Policy Editor dan Registry Editor untuk tujuan ini. Local Group Policy Editor tidak tersedia di edisi Windows Home. Namun, Registry Editor tersedia di semua edisi Windows.




3. Format Volume yang Ditargetkan dengan Parameter /L


Jika anda mengalami error ini pada Windows 10 atau Windows 11, maka saya sarankan anda mengupdate system anda ke versi terbaru Windows 10 atau Windows 11 dan melihat apakah ini membantu.


Anda mungkin perlu memformat hard drive NTFS yang ditargetkan dengan parameter /L. Pertama, backup semua data yang tersimpan di hard drive target, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt,  masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ganti <Drive:> dengan drive letter yang sebenarnya.
Format <Drive:> /FS:NTFS /L
  • Biarkan perintah dijalankan sepenuhnya.


Setelah perintah selesai dijalankan sepenuhnya, lihat apakah error masih berlanjut atau tidak.


4. Tingkatkan Ukuran Volume Shadow Copies

Jika ini error terjadi saat membuat backup melalui Volume Shadow Copies, maka meningkatkan ukuran Volume Shadow Copies dapat membantu. Konfigurasikan Shadow Copy untuk hard drive yang ditargetkan dan kemudian buka properties-nya. Sekarang, pilih No Limit untuk Maximum size.



Semoga membantu!

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0x80070299, The requested operation could not be completed due to a file system limitation di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80070299, The requested operation could not be completed due to a file system limitation"